Wabub Garut Pergi ke Rusia Bawa Misi Pariwisata, Apa yang Ditawarkan?

KLIKNUSAE.com - Ketika negara-negara semakin terhubung dalam kerja sama internasional, Wabub Garut (Wakil Bupati), dr. Helmi Budiman tak mau ketinggalan.

Dengan penuh semangat Helmi bersama jajarannya menjajaki peluang kerja sama dengan Rusia.

Pada tanggal 8 Juli 2023, Wabup Garut mendatangi Kantor Kedutaan Besar Republik Indonesia (RI) untuk Rusia. Ia didampingi oleh Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Energi, Sumber Daya Mineral (Disperindag ESDM) Kabupaten Garut, Ridwan Effendi.

Serta, Ketua Asosiasi Perancang dan Pengusaha Mode Indonesia (APPMI), Poppy Dharsono.

BACA JUGA: Garut Hebohkan Karnaval KKJ-PKJB 2023, Begini Respon Ridwan Kamil

Pada kesempatan tersebut, Wabup Garut dan rombongan disambut oleh Duta Besar Indonesia untuk Federasi Rusia dan Republik Belarus.

Di sisi Rusia, hadir perwakilan dari Kementerian Ekonomi Pembangunan Rusia, Perwakilan Kementerian Perindustrian Perdagangan Rusia, dan Head of Division International Cooperation Department.

Dalam rangkaian kunjungan selama lima hari, mulai dari tanggal 5 hingga 9 Juli, Wakil Bupati Garut membawa misi penting dalam memperluas kerja sama di bidang ekonomi, pendidikan, dan kesehatan.

Dalam paparannya yang memukau pada Moscow Fest Edition - Russian Creative Week, Wabup Garut dengan bangga memaparkan produk unggulan Garut, seperti batik sutera, akar wangi, kulit, kopi, produk kuliner, dan kriya lainnya.

BACA JUGA: Para Pejuang Pariwisata Garut Dapat Pelatihan Homestay, Ini Tujuannya

Tak hanya menawarkan peluang investasi di bidang kesehatan dan wisata Health and Wellness, Wabup Garut juga mengundang para wisatawan Rusia untuk mengunjungi Kabupaten Garut. Dimana, banyak destinasi yang indah dan memukau.

Dengan antusias, ia berharap agar hubungan kedua negara semakin erat dan terjalin kerja sama yang saling menguntungkan.

Dalam suasana penuh semangat, Wabup Garut menjelaskan, "Alhamdulillah, kami berhasil melakukan tukar-menukar informasi terkait kebudayaan, wisata, industri, perdagangan, dan berbagai peluang kerja sama di bidang tersebut."

BACA JUGA: 6.000 Pengunjung Ikut Merasakan Daging ‘210 Domba Guling’ di Garut

Keikutsertaan Poppy Dharsono

Tidak hanya itu, Helmi juga melihat peluang untuk memperkuat kerja sama melalui partisipasi Rusia dalam Garut Festival yang akan diadakan pada bulan Desember 2023.

Ia berharap, langkah ini akan membuka pintu bagi kerja sama yang lebih dalam dan konkrit antara kedua pihak.

Wabup Garut juga berterima kasih atas bantuan dan dukungan yang diberikan oleh Poppy Dharsono dari APPMI dalam memperkuat persahabatan antara Indonesia dan Rusia.

Menurutnya, kunjungan ini diharapkan dapat memberikan manfaat bagi masyarakat Kabupaten Garut dan Indonesia secara keseluruhan.

BACA JUGA: Objek Wisata Kabupaten Garut Mulai Dibanjiri Pengunjung

Mendapat tanggapan positif, Perwakilan Kedutaan RI untuk Rusia, Minister Counsellor Embbesy of The Republic Indonesia, Adi Priatnto, menyambut baik dan mendukung kerja sama antara kedua belah pihak.

Ia berjanji untuk memfasilitasi lebih lanjut rencana kerja sama ini dengan berkoordinasi dengan beberapa kementerian lainnya di Indonesia.

Sementara itu, perwakilan Rusia juga memberikan respons yang positif terhadap rencana kerja sama ekonomi, industri, dan perdagangan.

Mereka berjanji untuk membuka akses yang luas bagi produk-produk Garut di pasar Rusia. Tidak hanya itu, pihak Rusia juga menunjukkan minatnya untuk menjajaki investasi di Kabupaten Garut dan Indonesia pada umumnya.

BACA JUGA: Garut Terpilih Sebagai Tuan Rumah Rakerda IV PHRI Jabar 2024

Wakil Perdana Menteri Rusia

Perwakilan Kementerian Perindustrian dan Perdagangan Rusia, Victoria, mengungkapkan pihaknya akan segera melakukan MoU dengan pihak Indonesia. Yakni, melalui beberapa Kementerian terkait pada Bulan Oktober mendatang.

"Acara ini akan dihadiri oleh Wakil Perdana Menteri Rusia, dan Pemerintah Daerah Kabupaten Garut akan diundang secara khusus pada kesempatan tersebut," jelasnya.

Sementara itu, Perwakilan Kementerian Ekonomi dan Pembangunan Rusia, Evgeniya Aksenova, mengungkapkan kegembiraannya dalam berbagi informasi tentang potensi di Indonesia, terutama di Kabupaten Garut.

Ia berharap kerja sama ini dapat berlanjut dan diawali dengan langkah konkret pada bulan Oktober mendatang di Jakarta.

BACA JUGA: KA Garut-Jakarta Diluncurkan, Ini Harga Tiketnya

Pada kesempatan yang sama, Ketua Umum APPMI, Poppy Dharsono, juga menaruh harapan besar agar kerja sama antara kedua negara dapat terus berkembang.

Ia menekankan hubungan politik luar negeri yang baik antara Rusia dan Indonesia. Serta fakta bahwa di Rusia terdapat pangsa pasar yang potensial, khususnya bagi pemeluk agama Islam sebagai mayoritas kedua di Rusia.

Dalam semangat yang sama, Poppy mengajak semua pihak untuk bersama-sama memasarkan produk Kabupaten Garut di Rusia.

"Semoga dengan keadaan geopolitik yang baru di dunia, kita di Indonesia dapat memanfaatkan peluang besar ini," ujarnya penuh harap. ***

Share this Post:

Berita Terkait

Berita Lainnya