Menkominfo Ajak Pentahelix Kolaborasi Bangun Pariwisata Holistik

KLIKNUSAE.com - Menkominfo ajak pentahelix kolaborasi membangun pariwisata holistik di Manggarai Raya, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Dengan cara ini, tidak saja mendorong perjumpaan dan dinamika sosial, tetapi juga bisa mendorong peningkatan perekonomian masyarakat.

"Gagasan besar pastoral Pariwisata Holistik perlu didukung oleh semua pihak yang menyentuh luas kehidupan umat. Kerja sama multi pihak dalam pentahelix Indonesia yaitu pemerintah, tokoh agama, tokoh masyarakat, dunia usaha, dan pers," kata Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate pada malam pembukaan Festival Golo Koe Labuan Bajo, Sabtu 13 Agustus 2022.

BACA JUGA: Produk Ekraf Jabar Tampil di Event JabArt Space 2, Ada Kolaborasi NTT

Menurutnya, pariwisata dapat berdampak positif seperti meningkatkan kesejahteraan ekonomi, mendorong perjumpaan dan dinamika sosial, serta memperkaya kultur atau budaya.

Johnny menilai pariwisata menjadi tulang emas untuk membangun kesejahteraan umum, mendorong persaudaraan dan persatuan global dalam keunikan bangsa, suku, bahasa, dan kultur.

Untuk itu, Johnny menekankan agar konsep Pariwisata Holistik yakni Berpartisipasi, Berbudaya, dan Berkelanjutan yang diusung oleh Keuskupan Ruteng harus didukung secara penuh oleh semua pihak.

Kolaborasi multi pihak yang ada itu tentunya penting untuk memastikan gagasan dan konsistensi pembangunan dan pengembangan pariwisata holistik yang dibahas di Keuskupan Ruteng.

BACA JUGA: 7 Kuliner Khas NTT, Ada Olahan Jagung Yang Enak!

Pada kesempatan itu Johnny menyebut pemerintah telah menetapkan Labuan Bajo sebagai salah satu destinasi pariwisata super prioritas di Indonesia.

Labuan Bajo pun telah menjadi Kawasan Strategis Pariwisata Nasional.

Oleh karena itu dampak negatif dari pariwisata seperti terpinggirnya penduduk lokal, degradasi nilai etis spiritual, serta kerusakan lingkungan perlu diantisipasi.

Johnny berpesan agar sumber daya manusia lokal disiapkan untuk mendukung pariwisata holistik di Manggarai Raya.

"SDM lokal harus disiapkan dan ambil bagian dalam pariwisata," ujarnya terkait Menkominfo ajak pentahelix kolaborasi membangun pariwisata NTT. ***

Sumber: Antaranews

Share this Post:

Berita Lainnya