‘Hantu-hantu’ Asia Afrika Ikut Kebagian Berkah di Libur Lebaran

KLIKNUSAE.com – ‘Hantu-hantu’ Asia Afrika tahun ini bisa ikut merasakan keberkahan dari Libur Lebaran atau Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriah.

Mereka yang tergabung dalam Komunitas Cosplayer Bandung, Jawa Barat selama dua tahun terbenam karena adanya Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM).

Kawasan Jalan Asia Afrika dan Dr Ir Sukarno Kota Bandung yang selama ini menjadi tempat mereka ‘beraksi’ ditutup.

Itu pula sebabnya, begitu momentum libur Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriah tak ada pembatasan, mereka langsung mendapatkan berkah tak terkira.

BACA JUGA: Happy Puppy Karaoke Pilihan Lain Setelah Berwisata di Kota Bandung

Banyak wisatawan yang berlibur di kawasan tersebut kembali menghampiri mereka. Ada yang penasaran ingin tau, foto bersama dan bercanda bersuka-cita.

"Alhamdulillah, berkah libur lebaran. Banyak banget ini orang yang liburan dan ini jadi berkah lah buat kita," kata Rahman, seorang Cosplayer Pocong ketika ditemui di Bandung, Sabtu 7 Mei 2022.

Penghasilan Para Cosplayer

Jika pada hari libur biasa, dirinya bisa meraup rezeki sebesar Rp50-100 ribu namun saat libur lebaran tahun ini, Rahman bisa mengumpulkan uang lebih dari Rp100 ribu.

BACA JUGA: Okupansi Hotel di Kota Bandung Diperkirakan Naik, Dengan Syarat Ini

Cosplayer lainnya yang berkostum hantu luar negeri Valak, Dadi juga menuturkan hal serupa.

"Ini kan momentum setahun sekali ya, libur lebaran. Jadi alhamdulillah ada berkah juga buat kita," kata dia.

Menurut dia, bukan perkara mudah untuk menjadi seorang Cosplayer karena dibutuhkan kesabaran ekstra saat beraksi menghibur warga.

"Tantangnya paling cuaca ya, panas ya. Kita ini pakai bajunya tertutup plus harus make up juga," kata dia.

BACA JUGA: 5 Rekomendasi Tempat Wisata di Kota Bandung Pekan Ini

Salah seorang warga Febrianti menuturkan kehadiran para Komunitas Cosplay di Jalan Asia Afrika dan Dr Ir Sukarno Kota Bandung menjadi hiburan tersendiri bagi dirinya saat menikmati libur lebaran.

"Seru ya, bisa foto-foto sama pocong, valak, terus ada Bumblebee juga," kata Vina.

Tidak hanya keberadaan bangunan heritage, seperti Gedung Merdeka, jalan ini ramai dikunjungi karena punya kawasan wisata kuliner yang berdekatan dengan Alun-alun Bandung.

"Seperti dunia kembali hadir. Saya senang bisa tampil lagi disini. Hampir setahun lebih ya, kita gak nakut-nakuti anak kecil," kata pria muda yang mengenakan kostum hantu ketika ditemui, Kliknusae.com, suatu ketika.

BACA JUGA: Bagi Kopi Signature,Tempat Nongkrong Baru Di Kota Bandung, Keren Lho

Gedung Asia Afrika

Di Jalan Asia Afrika, tepatnya di sekitar Gedung Asia Afrika  memang terdapat banyak cosplayer yang memerankan karakter dari berbagai belahan dunia.

Para cosplayer di kawasan ini tergabung dalam Komunitas Kostum Unik (Kosnik) Asia Afrika Kota Bandung. Dari puluhan cosplayer, terdapat beberapa karakter horor dan hantu lokal.

Ada juga yang memerankan  karakter superhero dari luar negeri semisal Iron Man. Tapi kebanyakan, mereka memerankan karakter horor dari Indonesia semisal pocong, kuntilanak, dan masih banyak lagi.

BACA JUGA: Pengalaman Berkeliling Dunia di Great Asia Africa Lembang

Sedikitnya ada delapan jenis hantu Nusantara yang diperankan oleh cosplayer. Mulai dari pocong, sundel bolong, mak lampir, sampai valak dan pocong persib.

"Hantu" yang disebutkan terakhir memang mengenakan kain serba biru, warna khas Persib.

Dari cosplay hantu inilah mereka mengais rezeki. Pundi-pundi uang mereka hasilkan dari wisatawan yang berfoto bersama mereka. ***

Share this Post:

Berita Terkait

Berita Lainnya