Soal Penonton MotoGP Terlantar, Begini Penjelasan Gubernur NTB

KLIKNUSAE.com – Penonton MotoGP Mandalika 2022 sempat terlantar di parkir barat Sirkuit Mandalika, hingga tengah malam Minggu , 20 Maret 2022.

Mereka tertinggal di sirkuit karena tidak ada shuttle bus yang datang menjemput. Sebagaimana diketahui, untuk menuju sirkuit pada even balapan dunia itu. Para penonton sebelumnya dibawa menggunakan shuttle bus dari eks Bandara Selaparang menuju parkir barat atau Masjid Nurul Bilad.

Namun, tak semua penonton dapat diangkut oleh bus saat bubaran event. Bahkan hingga tengah malam masih ada beberapa penonton yang terlantar di titik penjemputan.

BACA JUGA: Risman Pegawai Hotel, Disebut Namanya Oleh Juara MotoGP, Miguel Oliveira

Terkait hal ini, Gubernur Nusa Tengga Barat Zulkieflimansyah, Senin 21 Maret 2022, mengakui pihaknya masih banyak mengalami kekurangan. Apalagi ini merupakan event dunia pertama yang dilaksanakan.

“Kemarin, misalnya masalah yang terlantar atau keterlambatan penjemputan. Memang, tidak bisa dihindari. Karena bus yang tersedia 300 penumpang dari sirkuit ke Mataram itu terkena macet. Jadi agak terlambat untuk balik ke Sirkuit,” ujar Zulkieflimansyah  seperti dikutip Kliknusae.com dari acara Apa Kabar Indonesia TV One, pagi ini.

Zulkieflimansyah pun memaklumi, kalau kemudian masyarakat ‘berteriak’ mengingat kondisi kelelahan, sudah larut malam.

BACA JUGA: Ini Hotel Tempat Menginap Juara MotoGP Mandalika, Resort yang Menawan

“Ya, mungkin karena penonton sudah laper, dan hujan. Oleh sebab itu, kalau ekspresinya kesel, itu suatu hal yang wajar,” tambahnya.

Menurutnya, kondisi ini menjadi masukan yang sangat berarti untuk perbaikan ke depan.

“Ini menjadi kritik konstruktif buat kami untuk lebih mengelola persoalan transportasi ini lebih baik ke depan,” tambahnya.

“Kemudian yang menjadi concern kami, persoalan ini muncul karena terus terang di luar ekspetasi kami. Khususnya, terkait jumlah penonton dan kendaraannya. Jadi, kendaraan yang masuk dari seluruh Indonesia itu banyak sekali,” jelasnya terkait penonton MotoGP terlantar.

BACA JUGA: Warga Bali Kecipratan Rezeki MotoGP Mandalika, Ini Yang Dilakukan

Sukses Balapan MotoGP

Diakui, pelaksanaan event balapan sendiri MotoGP berjalan sukses. Meski sempat dihentikan karena lintasan tergenang akibat hujan lebat, namun pada akhirnya event yang menyedot perhatian penonton dunia tersebut bisa dilanjutkan.

Usai balapan, memang kemudian menyisakan persoalan. Begitu banyak penonton yang mengandalkan transportasi bus terlantar.

Sandi, salah satu warga Kota Mataram mengatakan dirinya keluar dari area sirkuit berjalan kaki sekitar pukul 19.00 WITA.

Setelah itu, ia berjalan kaki menuju area parkir bersama penonton lainnya, karena tidak ada bus.

Baru, setelah berjalan cukup lama, ia berhasil menumpang pengendara lain yang sedang melintas menuju area parkir barat.

BACA JUGA: 10 Tahun Sirkuit Mandalika Dikontrak, Ini Catatan yang Perlu Diperbaiki

Hanya saja, begitu sampai di sana hingga pukul 23.51 WITA tidak ada bus yang datang untuk menjemput para penonton menuju eks Bandara Selaparang.

"Banyak teman saya ini masih menunggu di Masjid Nurul Bilad, belum ada bus. Terpaksa pulang malam," kata Sandi di Mandalika, Minggu malam.

Sebelumnya, arus lalu lintas di jalan raya depan Sirkuit Mandalika macet total, beberapa kendaraan terlihat bergerak lambat. Sehingga petugas harus bekerja eskra untuk mengatur arus lalu lintas supaya normal.

Selain itu, beberapa penonton harus jalan kaki menuju area parkir, karena shuttle bus juga terjebak macet. ***

Share this Post:

Berita Terkait

Berita Lainnya