MotoGP 2022 Bisa Jadi Ajang 'Showcase' untuk Promosikan Kuliner Indonesia

KLIKNUSAE.com - MotoGP 2022 bisa jadi ajang 'Showcase' untuk mempromosikan kekayaan kuliner autentik Indonesia.

“(Ini) menjadi bukti ragam kekayaan bangsa Indonesia dan patut dibanggakan dan dirayakan bersama warga dunia, sekaligus salah satu tulang punggung perekonomian kreatif Indonesia,” kata Menparekraf Sandiaga Uno saat menghadiri prosesi pelepasan 10 food truck (truk makanan) untuk mempromosikan kuliner pada ajang MotoGP di halaman depan Gedung Sapta Pesona, Minggu 13 Maret 2022.

Sandiaga Uno mengatakan ajang Pertamina Grand Prix of Indonesia atau MotoGP 2022 di Mandalika, Nusa Tenggara Barat (NTB), merupakan ruang pamer (showcase) yang tepat untuk mempromosikan kekayaan kuliner autentik Nusantara.

BACA JUGA: Kota Jambi Terpilih Sebagai Uji Petik Kota Kreatif Kuliner

Menurutnya, kearifan lokal dan aneka bumbu harus ditunjukkan dalam ajang MotoGP yang akan menjadi pusat perhatian dunia karena bakal ditonton 400 juta orang.

Nantinya, lanjut Sandiaga, akan ada kuliner unggulan dari 34 provinsi di Mandalika.

“Upaya promosi kuliner ini merupakan bagian dari program "Spice Up The World". Karena pemerintah ingin menjadikan Indonesia sebagai salah satu destinasi gastronomi unggulan yang harus dipromosikan melalui produk-produk kuliner,” tandasnya.

Dia mengatakan sekitar 42-45 persen lapangan kerja diciptakan oleh sektor kuliner. Karena itu, perlu ditingkatkan kekuatan kuliner Indonesia ke level global.

BACA JUGA: Bupati Bogor Dukung ICA Perkenalkan Kuliner Ke Mancanegara

Salah satunya dengan memanfaatkan ajang balap internasional tersebut.

Dikatakan Sandi,   pihaknya bekerja sama dengan Bango mengadakan Festival Jajanan Bango (FJB) Mandalika 2022 untuk mengenalkan ragam kuliner Nusantara.

“Harapan saya dengan adanya "food truck" dan FJB kita bisa meningkatkan pelayanan 20-30 persen dari transaksi kuliner yang ada di sana. Karena kita ingin menciptakan antara 35-50 ribu lapangan kerja baru sebagai bagian dari kebangkitan ekonomi di Mandalika,” ujarnya.

***

Share this Post:

Berita Terkait

Berita Lainnya