Mandalika Wonderful Ride 2022, Tempuh Jarak 1.500 Km, Untuk Apa?

KLIKNUSAE.com – Mandalika Wonderful Ride 2022 mendapat dukungan penuh dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf).

Event ini menjadi salah satu program untuk men-support terlaksananya balap MotoGP di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) pada 18-20 Maret 2022.

Mandalika Wonderful Ride yang akan berlangsung dari 15-25 Maret ini melibatkan 10 orang premotor. Mereka akan menempuh jarak kurang lebih 1.500 kilometer.

BACA JUGA: Festival Gili Gede Digelar Sebagai Pemanasan MotoGp Mandalika 2022

Dilepas langsung oleh Menteri Pariwisara dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno dari Gedung Sapta Pesona, mereka akan mempromosikan jalur-jalur wisata bermotor.

Para riders ini juga akan memperkenalkan potensi pariwisata dan sarana pendukung di berbagai daerah yang dilewati.

Tidak hanya mengeksplorasi wisata baru, para pemotor itu akan berkontribusi membersihkan area tribun dan toilet di Pertamina Mandalika International Street Circuit.

Hal itu bertujuan untuk menggugah para penonton yang datang agar tetap merawat kebersihan sirkuit Mandalika sebagai salah satu aset berharga untuk pariwisata Indonesia.

BACA JUGA: Ditanya Pemilu 2024 Diundur, Ini Jawaban Sandiaga Uno

Ajang balap bertaraf internasional ini, nantinya tidak hanya membawa nama Indonesia lebih dikenal luas oleh dunia.

Melainkan, akan meningkatkan ekonomi kerakyatan di wilayah Lombok.

"Kami mengapresiasi kegiatan Mandalika Wonderful Ride dalam rangka menyukseskan penyelenggaraan MotoGP Mandalika sebagai gelaran kebanggaan kita. Apalagi ada program membersihkan sampah di tribun penonton. Serta toilet di area sirkuit sehingga tetap nyaman untuk dikunjungi dan terawat sebagai salah satu destinasi wisata prioritas," kata Sandiaga Uno dalam keterangan resminya, Senin 14 Maret 2022.

BACA JUGA: Balapan MotoGP Mandalika Bakal Ditonton Sepertiga Penduduk Dunia

Mengangkat Potensi Objek Wisata

Ia pun berharap rombongan Wonderdul Ride 2022 bisa mengangkat potensi objek wisata yang ada di sekitar lokasi event internasional itu berlangsung.

"Silakan eksplorasi dan nikmati pesona daerah-daerah wisatanya sekaligus membeli produk hasil kerajinan warga baik souvenir maupun kulinernya," tegas dia.

Kegiatan itu diharapkan dapat menggaungkan berwisata #DiIndonesiaAja sehingga pariwisata semakin menggeliat dan membangkitkan ekonomi dengan terbukanya lapangan kerja.

BACA JUGA: Keberadaan Homestay di Mandalika Dapat Dukungan BUMN dan PUPR

Mandalika Wonderful Ride 2022 didukung Mitsubishi Motors Indonesia, Astra Honda Motor, Federal Oil, Antangin, BPJS Ketenagakerjaan, Rolling Speed.

Ada juga dari perbankan seperti CIMB Niaga. Kemudian, IIMS 2022, Belajar Helm, LA 32Riders, Bikers Sapu bersih, SSFC Indonesia dan Trijaya.com.

Para sponsorship ini memiliki sederet program selama berada di Lombok.

Rombongan yang dipimpin oleh NaikMotor.com dan Indoclub. Nantinya, tim akan mengunjungi beberapa destinasi wisata dan budaya kearifan lokal di Lombok. Diantaranya, Pantai Selong Belanak, Desa Wisata Tete Batu serta pusat kerajinan Songket.

Selain itu rombongan touring akan mengajak komunitas motor lokal untuk memberikan edukasi seputar pengolahan daur ulang sampah dalam rangka membuka peluang kerja bagi masyarakat lokal.

***

Share this Post:

Berita Terkait

Berita Lainnya