DPD PUTRI Jabar Menjadi Rujukan Orientasi Kadispar Se-Kalimantan Timur

KLIKNUSAE.com – DPD PUTRI Jabar menjadi rujukan Orientasi Lapangan Peserta Rakornis Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) tahun 2022.

Para Kepala Dinas Pariwisata (Kadispar) se-Kaltim ini berdialog, sekaligus berdiskusi untuk mencari jalan keluar dalam membangkitkan kembali sektor pariwisata setelah dihantam pandemic Covid-19.

“Tentu, kami sangat meng-apresiasi kedatangan para kepala dinas ini. Kita bisa berbagi pengalaman dalam upaya menggerakan lagi sektor pariwisata setelah terdampak pandemic,” kata Ketua Perhimpunan Usaha Taman Rekreasi Indonesia (PUTRI) Jawa Barat Taufik Hidayat Udjo kepada Kliknusae.com, Kamis 17 Maret 2022.

BACA JUGA: DPD PUTRI Kepri Sambut Baik Kedatangan Wisman Singapura

Dikatakan Taufik, acara orientasi ini digelar di The Highland Park Resort Bogor dengan dihadiri beberapa pengurus DPD PUTRI. Termasuk, Sekretaris Jenderal (Sekjen) DPP PUTRI Heni Smith.

“Kami banyak berdialog dan membahas keterkaitannya dengan bagaimana kita bisa survive di era pandemi ini,” katanya.

Ketua DPD PUTRI Jawa Barat, Taufik Hidayat Udjo saat memaparkan program-program PUTRI Jawa Barat dihadapan para Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kalimantan Timur. (Foto:Ist)

Dalam kesempatan itu juga disampaikan, seperti apa peran DPD PUTRI Jawa Barat dan DPP PUTRI.

Banyak program yang sudah diluncurkan dalam upaya membantu pemerintah menggerakan kembali sektor pariwisata yang sempat terpuruk.

BACA JUGA: Wisatawan ke Saung Angklung Udjo Mulai Mengalir, Banyak Siswa Bertanya

Bahkan, ketika pemerintah mendorong percepatan vaksinasi bagi pelaku industry pariwisata, DPD PUTRI ikut berkontribusi dengan melakukan vaksin terjadap leboh dari 3.000 orang.

“Termasuk, diantaranya ikut melakukan roadshow (table top) ke beberapa daerah di Indonesia. Semua ini kami lakukan untuk menyampaikan,  bahwa Jawa Barat siap dikunjungi kembali oleh para wisatawan,” ungkap Taufik terkait DPD PUTRI Jabar menjadi rujukan kunjungan.

Ingin Mendapatkan Masukan

Dalam kesempatan tersebut, Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kalimantan Timur Sri Wahyuni menyampaikan terima kasih karena telah banyak mendapatkan masukan baru, terkait tata kelola pariwisata di masa pandemic.

BACA JUGA: Pariwisata Kalimantan Timur Bisa Bertahan Karena 4 Cara Ini

Oleh sebab itu, ke depan kerjasama ini akan terus dilakukan, tidak saja dalam tatanan dialog dan diskusi kepariwisataan, tetapi juga bisa bertukar kunjungan wisatawan.

Sementara itu Ketua DPD PUTRI Kalimantan Timur Dian Rosita mengemukakan selama ini hubungan asosiasi dengan dinas pariwisata berjalan cukup baik.

Kepala Dinas Pariwisisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi Kalimantan Timur Sri Wahyuni (kiri) menyerahkan cinderamata kepada Sekjen DPP PUTRI Heni Smith. (Foto:Ist)

“Banyak hal yang kita lakukan untuk membangkitkan kembali pariwisata di Kalimantan Timur. Salah satunya dengan melakukan kunjungan ke Jawa Barat ini. Kenapa? Karena kami melihat DPD Jawa Barat berhasil melewati situasi pandemic lebih cepat,” ujarnya.

BACA JUGA: Menengok Kelurahan Mentawir, Satu-satunya Desa Wisata Kalimantan Timur

Ditempat yang sama, Sekjen DPP PUTRI Heni Smith mengatakan bahwa pihaknya di pusat terus melakukan upaya pendekatan ke beberpa lembaga kementerian. Khususnya, yang terkait dengan pariwisata.

“Kami terus melakukan koordinasi dengan Kementerian Pariwisata terhadap program-program yang akan dijalankan. Misalnya, pelatihan SDM di sektor pariwisata yang masih sangat dibutuhkan di daerah-daerah,” ujarnya.

***

Share this Post:

Berita Terkait

Berita Lainnya