10 Hal Penting Yang Perlu Disiapkan Sebelum Camping

KLIKNUSAE.com – Sejak pandemi, liburan di alam terbuka menjadi tren yang terus tumbuh. Salah satu dengan pergi camping.

Cara ini memang cukup mengasyikan karena kita bisa merasakan kembali keindahan alam. Bahkan, mengingat lagi masa-sama dahulu, ketika bermain bersama teman-teman sambil mendirikan tenda.

Namun, ada hal penting yang perlu disiapkan sebelum camping. Apa saja itu.

Berikut 10 hal penting perlengkapan camping sederhana yang harus Anda bawa:

1. Tenda

Adalah hal mustahil,  melakukan kegiatan camping tetapi tidak membawa perlengkapan satu ini. Pastikan besar tenda yang  dibawa sesuai dengan jumlah orang yang mengikuti kegiatan camping. Jangan lupa juga untuk membawa perlengkapan pendukung tenda seperti tiang tenda, alas tenda, patok besi, dan lainnya. Bawa juga tali rafia atau tali yang tebal untuk mengikat tenda agar tegak berdiri. Ada beberapa objek wisata yang menyediakan sewa tenda. Ini bisa menjadi alternatif.

BACA JUGA: Foto: Menikmati Sunrise di Campervan Ciater Park

2. Makanan Praktis

Bawalah makanan yang dapat dimasak dengan cepat ataupun makanan yang sudah siap untuk disajikan untuk kegiatan camping. Pastikan bahan makanan yang Anda bawa memiliki masa kedaluarsa yang lama. Tak harus selalu mie instant, Anda juga bisa membawa sosis siap makan, kornet, dan lainnya.

Jangan lupa juga untuk membawa bumbu masak agar Anda tetap bisa menikmati makanan lezat saat kegiatan camping. Bumbu masaknya tidak usah terlalu ribet, cukup kecap, saos, garam, dan penyedap rasa. Pastikan kalian juga membawa wadah untuk membuang sisa-sisa olahan makanan Anda selama camping agar tidak mengotori lingkungan.

3. Alat Masak Praktis

Setelah membawa makanan yang bisa dimasak dengan cepat, pasti Anda membutuhkan alat masak. Bawalah alat masak yang mudah dibawa, seperti kompor gas portable.  Karena kebutuhan makanan selama camping ini tidak terlalu mewah dan butuh pengolahan cepat, kalian tidak perlu membawa alat masak yang berat, seperti panci presto.

BACA JUGA: Jokowi Bakal ‘Camping’ Di Titik Nol IKN, Seperti Apa Persiapannya

Penggunaan Termos, Perlukah?

4. Botol Minuman

Bawalah botol minum yang dapat digunakan beberapa kali dan awet. Lebih baik menggunakan botol minum yang terbuat dari alumunium. Selain ringan dan tahan terhadap bantingan, kalian bisa mengisi botol minum Anda dengan minuman hangat saat camping dan kehangatan minuman Anda tetap terjaga. Penggunaan termos tidak direkomendasikan karena ukurannya yang besar.

5. Pisau Lipat

Keberadaan pisau lipat memang tak dapat terpisahkan sebagai perlengkapan camping yang harus dibawa. Segala jenis fungsi untuk memotong, mencongkel, dan lainnya, terdapat dalam satu pisau lipat serbaguna ini. Selain itu, ukurannya yang kecil memudahkan Anda untuk membawanya saat camping.

BACA JUGA: Camping di Lembah Pinus Bogor, Seperti ini Rasanya

6. Senter

Bawalah senter dengan ketahanan lampu yang lama. Kami merekomendasikan Anda untuk membawa senter dengan lampu LED karena hemat energi, cahaya yang dihasilkan lebih terang, dan tahan lama. Selain senter, juga bisa membawa alat penerangan lainnya yang menggunakan baterai sebagai sumber energinya.

7. Korek Api Gas

Persiapkan korek api untuk membuat api unggun saat kegiatan camping. Rasanya jika tidak membuat api unggun saat camping, akan terasa ada yang kurang. Benar kan? Jangan lupa juga untuk membawa minyak tanah secukupnya untuk membantu pembuatan api unggun.

Persediaan Obat Pribadi

8. Obat-obatan (P3K)

Kita semua tidak tahu kondisi tubuh kita saat menjalani kegiatan camping. Karena itu, bawalah obat-obatan yang berguna selama kegiatan camping, seperti obat masuk angin, balsem, obat merah, kapas, plester, dan lainnya. Jika kalian mengidap penyakit yang membutuhkan obat-obatan tertentu, bawalah obat-obatan pribadi.

BACA JUGA: Amazing, Spot Wisata Baru Camping Sport Family Adventure Di Ciater

9. Handphone, GPS dan kompas

Zaman sekarang hampir tidak mungkin kehidupan kita terlepas dari penggunaan handphone. Anda dapat menggunakan fitur GPS yang terdapat dalam handphone Anda sebagai alat navigasi Anda. Walaupun sinyal handphone di daerah camping kemungkinan besar terbatas, Anda masih bisa menggunakan fitur kompas dalam membantu navigasi Anda saat camping.

10. Ponco atau jas hujan

Cuaca saat ini memang tidak bisa diprediksi dengan tepat, apalagi di daerah pegunungan yang terkenal lembab dan sering turun hujan. Bawalah ponco atau jas hujan untuk melindungi dari air hujan saat melakukan camping.

Nah, 10 hal penting

***

Share this Post:

Berita Terkait