Menparekraf Dorong PUTRI Ikut Andil Dalam Peningkatan Peran Taman Rekreasi

KLIKNUSAE.com – Menparekraf dorong PUTRI (Perhimpunan Usaha Taman Rekreasi Indonesia) ikut andil dalam peningkatan peran taman rekreasi.

Dengan cara ini diharapkan akan berkontribusi dalam membangkitkan ekonomi dan lapangan kerja.

"Hari ini kita kukuhkan pengurus DPP PUTRI Periode 2021-2026. Ada semangat baru, optimisme baru. Tadi sudah disampaikan bahwa PUTRI siap bermitra dengan pemerintah untuk membangkitkan ekonomi," kata Menparekraf Sandiaga Uno saat hadir di acara Pelantikan Pengurus DPP Perhimpunan Usaha Taman Rekreasi Indonesia (PUTRI) di Plataran Dharmawangsa, Jakarta, Rabu 26 Januari 2022.

Menurut Sandiaga, PUTRI bisa menjadi garda terdepan dalam membangkitkan kembali sektor pariwisata dan ekonomi kreatif.

BACA JUGA: Pengurus DPP PUTRI Dikukuhkan, Sandiaga Uno Ajak Ciptakan Ini

Caranya, dengan terus melakukan inovasi, adaptasi, dan kolaborasi sehingga dapat menggerakkan kebangkitan ekonomi dengan terbukanya lapangan kerja.

Keberadaan taman rekreasi yang tersebar di berbagai daerah tanah air, lanjut Sandiaga, memiliki peranan besar dalam membuka lapangan kerja.

Kemenparekraf sendiri menargetkan ada peningkatan penciptaan lapangan kerja di tahun 2022 sebesar 20 hingga 25 persen.

BACA JUGA: Wajah Baru TMII Disebut Sandiaga Uno Akan Lebih Berkelanjutan

"Saya melihat puluhan ribu atau bahkan ratusan ribu lapangan kerja yang dapat hadir dari kehadiran taman rekreasi. Oleh karena itu, adalah tugas pemerintah, Kemenparekraf untuk memastikan program-program kita yang tepat sasaran, tepat manfaat, dan tepat waktu," kata Sandiaga bahwa Menparekraf dorong PUTRI ke depan akan lebih dinamis dan inovatif.

Ketua Umum DPP PUTRI Hans Manansang saat memberikan sambutan dalam acara Pelantikan Pengurus DPP PUTRI periode 2021-2026 di di Plataran Dharmawangsa, Jakarta, Rabu 26 Januari 2022. (Foto: Dok Kemenparekraf)

Salah satu kunci yang harus dapat dijalankan adalah penerapan protokol kesehatan yang ketat dan disiplin yang terintegrasi dengan aplikasi PeduliLindungi.

Kepatuhan dari taman rekreasi dalam penerapan protokol kesehatan akan sangat menumbuhkan kehadiran tren baru pariwisata yang customized, localize, personalize, dan smaller in size. 

Maksimalkan Peranan Ekonomi Kreatif

Selain itu Taman Rekreasi juga harus memaksimalkan peranan ekonomi kreatif untuk dapat saling menunjang taman rekreasi sebagai destinasi wisata. Di dalam keanggotaan PUTRI juga terdapat desa wisata.

Secara khusus, Menparekraf Sandiaga berpesan agar desa-desa wisata dapat memperkuat kapasitas dengan kemampuan marketing yang baik.

BACA JUGA: Diancam Batalkan Event MotoGP 2022, Begini Reaksi Menparekraf Sandiaga

"Karena tanpa bisa me-market diri, mereka tidak akan mungkin bisa meningkatkan kualitas serta keberlanjutan dari setiap destinasi," ujarnya.

Sementara itu, Ketua Umum DPP Putri, Hans Manansang, menjelaskan, PUTRI adalah organisasi yang menaungi objek-objek wisata atau desa wisata yang ada di Indonesia.

Antara lain jenis destinasi desa wisata, rekreasi alam, rekreasi buatan atau theme park, permainan anak, wisata konservasi, wisata museum, serta wisata seni dan budaya.

Perjanjian kerjasama antara DPP PUTRI dengan Bank Mandiri disaksikan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno, Rabu 26 Januari 2022. (Foto: Dok Kemenparekraf)

Dalam kepengurusan DPP PUTRI periode 2021-2026, Hans mengungkapan, ada empat hal yang akan menjadi fokus utama. Yakni, meningkatkan peran dan citra PUTRI untuk masyarakat; meningkatkan standar mutu anggota dengan pelatihan dan sertifikasi; serta memberikan nilai tambah anggota yang salah satunya dengan memberikan sistem digitalisasi dan juga perbaikan dari sistem manajemen kelola dari taman wisata.

Menguatkan Sendi-sendi Organisasi

"Kita juga akan menguatkan sendi-sendi organisasi dengan mengembangkan DPP-DPC yang ada sehingga bisa menjadi mitra dan menjadi support bagi teman-teman anggota yang ada di daerah," kata Hans.

BACA JUGA: Sandiaga Berikan Hadiah ‘Giveaway’ Baju Adat Sunda, Ini Syaratnya

PUTRI bersama pemerintah dikatakannya ingin bangkit bersama menuju wisata masa depan.

Hal ini seiring dengan misi PUTRI untuk menginspirasi, mengembangkan, dan memajukan objek-objek wisata nasional sehingga menjadi kebanggaan dari negara dan menjadi tempat tujuan utama bagi wisatawan nusantara dan wisatawan mancanegara seluruh dunia. 

BACA JUGA: DPD PUTRI Usulkan Penyesuaian Regulasi Agar Wisman Cepat Ke Bali

"Wisata adalah pemelihara kehidupan karena dapat mengentaskan kemiskinan dengan program kemasyarakatan, UMKM, maupun penyerapan tenaga kerja. Juga menjembatani perbedaan budaya dan dapat meningkatkan kualitas hidup," kata Hans.

Turut hadir dalam kesempatan tersebut, Deputi Bidang Pengembangan Destinasi dan Infrastruktur Kemenparekraf/Baparekraf, Vinsensius Jemadu; Direktur Standardisasi dan Sertifikasi Usaha Kemenparekraf/Baparekraf, Ony Yulvian; Koordinator Promosi dan Produk Wisata Alam, Ito Parikesit; serta Founder & Chairman Markplus, Hermawan Kartajaya. ***

Share this Post:

Berita Terkait

Berita Lainnya