Kemenhub Gelar Konser Musik di Terminal, Undang Artis Papan Atas

KLIKNUSAE.com – Kemenhub gelar konser musik yang dipadu dengan pertunjukan seni dan budaya. Tidak tanggung-tanggung, artis papan atas pun diundang untuk tampil di acara tersebut.

Ada penyanyi Tulus, hingga seniman Sardono W Kusumo atau dikenal dengan sebutan Mas Don.

Acara yang diselenggarakan Kementerian Perhubungan (Kemenhub) bekerjasama dengan Kompas Gramedia tersebut memilih Terminal Tipe A Tirtonadi, Surakarta, Jawa Tengah sebagai point event.

Konser bertema “Di Tirtonadi, Berbuat untuk Seni Budaya Solo” berlangsung pada Sabtu petang  8 Januari 2022 mulai pukul 19.00 WIB.

BACA JUGA: Kebijakan Kemenhub Dinilai “Dadakan”, Organda Merasa Terpukul

Pertunjukkannya sendiri juga i bisa disaksikan secara live streaming melalui akun Youtube Kompas TV.

Juru Bicara Kemenhub Adita Irawati mengatakan, melalui kegiatan tersebut, pihaknya ingin memperkenalkan konsep yang tidak biasa kepada masyarakat.

“Kami ingin menunjukkan bahwa Terminal Tirtonadi tidak hanya sekadar terminal biasa, tetapi juga berfungsi sebagai pusat kreasi, kegiatan sosial, serta ekonomi masyarakat Surakarta dan sekitar,” ujar Adita dalam siaran persnya, kemarin.

Adita menambahkan, pertunjukan tersebut akan menjadi kick-off atau awal dari kegiatan serupa yang akan dilakukan secara rutin di Terminal Tirtonadi ke depan.

BACA JUGA: Kemenhub Temukan Maskapai Langgar Aturan Batas Penumpang

Adita berharap, upaya menjadikan terminal sebagai tempat pertunjukkan seni dan budaya dapat mendongkrak minat masyarakat, mulai dari anak muda, orang tua, hingga penikmat seni, untuk datang ke terminal.

“Kami juga berharap, kegiatan ini turut meningkatkan pamor terminal dan minat masyarakat untuk menggunakan angkutan umum seperti bus,” tutur Adita.

Tidak Sekedar Terminal Biasa

Terminal Tirtodadi di Surakarta, Jawa Tengah. (foto:instagram/@officialtirtonadi)


officialtirtonadi)

Untuk diketahui, Terminal Tipe A Tirtonadi telah direvitalisasi dan dikelola oleh Direktorat Jenderal (Ditjen) Perhubungan Darat Kemenhub.

BACA JUGA: Pemerintah Bisa Terbitkan Izin Konser Musik, Ini Syaratnya

Setelah direvitalisasi, Terminal umum Tirtonadi tak hanya berfungsi sebagai simpul transportasi, tetapi juga sebagai function hall untuk pameran, resepsi pernikahan, sport center, food court, dan pusat kesenian.

Dalam pengembangan terminal, Kemenhub melibatkan pemerintah daerah dan pihak swasta untuk membangun berbagai fasilitas komersial tersebut.

Adapun revitalisasi Terminal dilakukan karena memiliki lokasi yang strategis.

BACA JUGA: Spotify Hadirkan Teknologi Digital Musik HiFi Lossless Audio

Terminal ini berada di pusat kota Surakarta serta telah terintegrasi dengan Stasiun Kereta Api Solo Balapan dan Bandar Udara (Bandara) Adi Sumarmo.

Lahan yang digunakan sendiri seluas 5 hektare. Terminal ini dapat menjadi contoh untuk pengembangan terminal lainnya di sejumlah wilayah Indonesia. ***

Share this Post:

Berita Terkait