Asoka Awards 2021, Cikal Bakal ‘Ledakan’ Pariwisata Karawang

KLIKNUSAE.com – Asoka Awards 2021 sebagai ajang penyerapan Sapta Pesona dalam penyelenggaraan kepariwisataan di Kabupaten Karawang, Jawa Barat mendapat respon cukup besar.

Terutama, oleh pelaku industrial yang menilai event ini bisa menjadi cikal bakal kebangkitan sektor pariwisata.

“Saat ini tercatat ada 1.500 industri di Kabupaten Karawang. Kami berharap, kedepan industri ini bisa menjadi salah satu destinasi menarik bagi wisatawan,” kata Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Karawang, Yudi Yudiawan dalam perbicangan dengan Kliknusae.com, usai acara penyerahan tropi kepada para pemenang lomba Sapta Pesona Asoka Awards 2021, Senin 20 Desember 2021 di Resinda Hotel.

BACA JUGA: Pemkab Karawang Akan Kembangkan Objek Wisata Gunung Sanggabuana

Sebagaimana diketahui, daerah yang dikenal dengan kesenian Goyang Karawang ini, memasuki separuh dekade semakin berkembang sebagai kawasan industri yang terus bertumbuh.

Padahal, dulu Karawang lebih dikenal sebagai daerah pertanian atau lumbung padi nasional.

Dan, hingga hari ini daerah pertanian sekaligus lumbung padi masih menjadi salah satu kekuatan ekonomi kabupaten yang memiliki upah minimum tertinggi di Indonesia.

Hal ini bisa, terlihat dari hamparan padi yang masih terpelihara dengan baik. Bahkan, menjadi salah satu spot wisatawan ketika menelusuri jalan menuju objek-objek wisata.

Potensi Wisata Industri Karawang

Saat ini, kawasan industri Karawang mulai banyak diisi oleh perusahaan mapan, baik dari dalam negeri maupun multinasional.

Termasuk, hadirnya Karawang International Industrial City (KIIC) mendorong minat banyak orang untuk bisa berkunjung langsung, melihat aktivitas industry, seperti otomotif dan lainnya.

Dewan Juri Asoka Awards 2021 dari kiri-kanan; Adhi M Sasono (Pemimpin Redaksi Majalah Pariwisata Nusantara Eksplorer-NUSAE), Indrata Kusuma Prijadi (General Manager Grand Cordela Hotel), Dede Pramiadi Asmara (Kepala Bidang Destinasi Pariwisata Disparbud Karawang) dan Galih Kusumah (Dosen Pariwisata Pascasarjana Universitas Pendidikan-UPI Bandung). Foto: Kliknusae.com

Asoka Awards yang baru pertama kali diselenggarakan ini merupakan ajang pencarian potensi pariwisata yang diinisiasi Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Karawang.

Ajang ini diselenggarakan dengan tujuan agar para pelaku usaha wisata di Kabupaten Karawang  berbenah diri dan berkompetisi.

Utamanya, dalam upaya meningkatkan kualitas pelayanan lebih baik lagi  bagi para wisatawan.

Dari ratusan pengelola objek wisata, akomodasi (hotel), restoran dan kafe yang mendaftar, panitia berhasil menjaring puluhan nominasi.

BACA JUGA: Bupati Cellica Janjikan Wajah Baru Karawang Sebagai Kota Destinasi

Terhadap para nominasi tersebut dewan juri dalam memberikan score  penilaian cukup ketat mengingat masing-masing destinasi memiliki keunggulan tersendiri.

Penilaian Dewan Juri untuk Destinasi Unggulan

Empat dewan juri yang memberikan penilaian yakni Galih Kusumah (Dosen Pariwisata Pascasarjana Universitas Pendidikan-UPI Bandung), Indrata Kusuma Prijadi (General Manager Grand Cordela Hotel Bandung), Adhi M Sasono (Pemimpin Redaksi Majalah Pariwisata Nusantara Eksplorer-NUSAE) dan Dede Pramiadi Asmara (Kepala Bidang Destinasi Pariwisata Disparbud Karawang).

“Kabupaten Karawang memiliki potensi pariwisata yang cukup besar. Tinggal, bagaimana pemerintah daerah mengemasnya menjadi sebuah atraksi yang menarik. Termasuk, untuk wisata industri, ini bisa menjadi modal besar sebagai destinasi unggulan ke depan,” kata Galih.

BACA JUGA: Resinda Hotel Karawang Tawarkan Konsep Terbaik Menyambut Natal dan Tahun Baru

Sementara itu dalam penilaian masing-masing kategori, dewan juri memiliki beberapa pertimbangan.

Misalnya, untuk kategori hotel terbaik dewan juri mempertimbangkan bahwa hotel tersebut telah menerapkan unsur Sapta Pesona.

Mengimplementasikannya melalui keunikan desain, totalitas pada kebersihan, serta aspek personal touch yang mampu menciptakan memorable experience para tamu hotel.

Begitu pun untuk Kategori Atraksi Wisata Alam Terbaik, dewan juri melihat dari adanya keunggulan kompetitif atraksi yang mampu menawarkan elemen kesejukan.

Tak terkecuali, kemampuan bersinergi antar stakeholder juga menjadi pertimbangan strategis dalam penilaian untuk kategori ini.

BACA JUGA: Industri Pariwisata Karawang Bakal Bertumbuh Dengan Kehadiran Kereta Api Cepat

Sedangkan di Kategori Restoran Terbaik, seluruh nominée memiliki ke-khas-an tersendiri yang disajikan kepada tamu restoran.

Dalam penilaian pada kategori ini, diberikan nilai tambah bagi peserta yang dapat menyajikan cita rasa “Ngamumule Budaya Sunda” yang dapat dirasakan oleh tamu restoran.

Bupati Ingin Mendorong Investasi di Sektor Pariwisata

Bupati Karawang, Cellica Nurrachadiana menyampaikan apresiasi kepada para dewan juri yang telah memberikan penilaian secara objektif.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada para dewan juri yang telah memberikan penilaian dalam ajang Asoka Awards ini secara komprehensif. Ini akan menjadi modal dasar kami untuk bisa menghadirkan destinasi wisata yang lebih baik ke depan,” katanya saat memberikan sambutan dalam acara pengumuman pemenang Asoka Awards 2021.

BACA JUGA: Karawang Miliki Destinasi Wisata Pengelolaan Limbah Yang Unik

Bupati berharap dengan adanya potensi wisata yang dikembangkan akan menarik para investor masuk ke Kabupaten Karawang.

Sehingga, nantinya akan lahir pelaku-pelaku usaha di sektor ini yang pada gilirannya mampu menyerap lapangan kerja baru.

“Tujuan akhirnya yakni bertujuan untuk mensejahterakan masyarakat kabupaten Karawang,” tandasnya.

Berikut pemenang lomba Sapta Pesona Asoka Awards 2021.

  1. Kategori Hotel Terbaik: Resinda Hotel
  2. Kategori Cafe Terbaik: Best Friend Café
  3. Restoran Terbaik: Sindangreret
  4. Tempat Rekreasi Terbaik: Wonderland Water Adventure
  5. Kategori Detinasi Wisata Buatan Terbaik: Jatidipala
  6. Destinasi Wisata Alam Terbaik: Green Canyon
  7. Wisata Favorit: Karnival (Karawang Night Festival)

****

https://www.youtube.com/watch?v=SQRleU3vAuM

Share this Post:

Berita Terkait

Berita Lainnya