Pemerintah Arab Saudi Sulap Bekas Anjungan Minyak Jadi Objek Wisata

KLIKNUSAE.com – Pemerintah Arab Saudi sedang mempersiapkan objek wisata sekelas Disneyland dibekas anjungan minyak.

Nantinya, taman rekreasi ini akan menjadi salah satu tujuan wisata favorit karena memiliki fasilitas cukup lengkap, berkelas dunia.

Kebijakan ini diambil, karena kekayaan minyak Arab Saudi mulai menyusut sehingga pariwisata menjadi pilihan lain untuk maraup dollar.

Ada 150.000 meter persegi lahan yang dipersiapkan untuk pembangunan “taman ekstrem” tersebut. Beberapa arsitek dunia juga didatangkan untuk mewujudkan impian, hadirnya sebuah wahan wisata yang fantastik.

BACA JUGA: Maskapai Baru Arab Saudi Segera Diluncurkan, Menambah Sumber Lain

Tak hanya itu, di sana akan dilengkapi dengan resor yang terletak di Teluk Arab. Sederhananya itu mirip dengan Disneyland tapi berada di fasilitas instalasi pemboran minyak (rig).

Didanai oleh Dana Investasi Publik (PIF) Arab Saudi, The Rig akan terdiri dari tiga hotel dan 11 restoran yang tersebar di sejumlah anjungan yang terhubung.

Di sana akan ada wahana roller coaster dan aktivitas pacu adrenalin seperti bungee jumping dan skydiving.

BACA JUGA: Menparekraf Sandiaga Jajaki Kerjasama dengan Arab Saudi, Apa Saja Yang Dibidik?

"Proyek ini merupakan atraksi wisata yang unik, diharapkan dapat menarik wisatawan dari seluruh dunia," demikian pernyataan dari PIF seperti dikutip Kliknusae.com dari detikcom, Kamis 21 Oktober 2021..

Jadwal penyelesaian proyek tersebut belum ditentukan. Namun, taman ekstrem tersebut digadang-gadang sebagai tujuan wisata pertama di dunia yang terinspirasi oleh anjungan minyak lepas pantai.

BACA JUGA: Indonesia Tidak Masuk Daftar Penerbangan Internasional Arab Saudi

Atraksi mendatang sedang dirancang sejalan dengan strategi jangka panjang Visi Saudi 2030, yang bertujuan untuk memposisikan kembali Arab Saudi sebagai tujuan wisata internasional teratas dan mendiversifikasi ekonominya.

Arab Saudi bertekad untuk memposisikan dirinya sebagai hotspot global yang memikat yang dapat bersaing dengan tetangganya, Dubai, Abu Dhabi, dan Oman.

Pemerintah Arab Saudi sendiri ingin menarik 100 juta wisatawan setiap tahun pada akhir dekade ini. ***

Share this Post:

Berita Terkait

Berita Lainnya