Camping di Lembah Pinus Bogor, Seperti ini Rasanya

KLIKNUSAE.com – Camping di Lembah Pinus Kabupaten Bogor, Jawa Barat bisa menjadi pilihan saat kalian memutuskan liburan di outdoor.

Tak banyak lokasi camping yang memiliki udara segar sekaligus view point yang cukup menarik. Di Lembah Pinus Camp & Cafe ini wisatawan tidak saja disuguhkan beberapa fasilitas seperti kolam berenang, trekking, dan memanggang daging atau barbeque party.

Kalian juga juga bisa menjumpai sejumlah air terjun atau curug yang terletak tak jauh dari lokasi Lembah Pinus. Ada pula persawahan terasering seperti di daerah Ubud, Bali. Keren kan..

Lembah Pinus Camp & Café merupakan salah satu wisata yang terletak di jalur di Pucak 2, tepatnya di  Desa Wargajaya, Kecamatan Sukamakmur.

Lembah Pinus Camp & Cafe, Bogor, Jawa Barat (Instagram.com/lembahpinus.id)

Bumi perkemahan baru berdiri pada 2020 dan menyediakan beragam fasilitas menarik bagi wisatawan. Lokasinya di ketinggian mencapai 1.030 meter di atas permukaan laut (mdpl) membuat suhu rata-rata relatif sejuk dan dingin.

"Rerata (suhu) 18 derajat celcius kalau dini hari dan subuh kadang di 14 derajat celcius," kata Manager Area Lembah Pinus Camp & Cafe Tubagus Mohamad Reza seperti dikutip Kliknusae.com dari Kompas, Sabtu 2 Oktober 2021.

"Dari Terminal Cibinong 42 kilometer (km) ke arah timur atau 18 km dari Jonggol atau 12 km dari Kota Bunga Cipanas," ujar Reza.

Akses jalan sepanjang jalur menuju ke sana juga sudah berupa aspal hingga menuju lokasi parkir.

BACA JUGA: Amazing, Spot Wisata Baru Camping Sport Family Adventure Di Ciater

"Akses darat, kelas jalan kabupaten. Campuran antara aspal hotmix dan cor, sampai dengan lokasi parkir," imbuh Reza.

Ini Fasilitas Yang Disediakan Lembah Pinus Campr

Lembah pinus menyediakan beragam fasilitas yang dapat dinikmati. Area kemah menjadi fasilitas utama yang ditawarkan pihak pengelola.

BACA JUGA: Pengunjung Terus Meningkat, Campervan Park Ciater Berlakukan Pembatasan

Menurut Reza, ada beberapa jenis blok camp ground yang bisa dinikmati oleh pengunjung.

"Area camp-nya terbagi atas blok jambore, blok mini garden, blok mini jungle, blok tepi sawah, blok tepi kolam renang, blok air terjun atau blok rasamala, dan terakhir blok pinus," ujar dia.

Reza melanjutkan bahwa blok mini jungle dan blok rasamala kini masih dalam tahap persiapan.

Lembah Pinus Camp & Cafe, Bogor, Jawa Barat (Instagram.com/lembahpinus.id)

Selain area camping ground, sejumlah fasilitas lain pun dapat dinikmati pengunjung di Lembah Pinus Camp & Cafe.

Pihak pengelola menyediakan api unggun, alat pemanggang, penyewaan tenda, dan kolam ikan koi.

Selain berkemah, wisatawan juga bisa menikmati aktivitas lain seperti berenang, trekking, dan memanggang daging atau barbeque party.

Wisatawan juga bisa menjumpai sejumlah air terjun atau curug yang terletak tak jauh dari lokasi Lembah Pinus. Ada pula persawahan terasering seperti di daerah Ubud, Bali.

Lembah Pinus Camp & Cafe, Bogor, Jawa Barat (Instagram.com/lembahpinus.id)

"Keunggulan tempat kami yaitu langsung bisa menyaksikan sunrise dan lokasi kami masih menjadi area pengembaraan Elang jawa," imbuh Reza.

Tiket masuk Lembah Pinus Camp & Cafe Bogor

Biaya sewa tenda di Lembah Pinus Camp & Cafe mulai dari Rp 50.000 per orang untuk satu malam. Wisatawan yang ingin menyewa jasa pemandu trekking bisa membayar Rp 10.000 per orang.

"Bebas tiket masuk dan parkir, hanya biaya sewa tenda siap pakai Rp 50.000 per orang, beli makan dan minum, serta biaya pemanduan trekking Rp 10.000 per orang," jelas Reza.

Pihak pengelola juga menyediakan kafe dengan beragam pilihan menu. Harga makanan dan minuman di cafe tersebut berkisar antara Rp 5.000 sampai dengan Rp 25.0000 per porsi. ***

Share this Post:

Berita Terkait

Berita Lainnya