Wisata Vaksin ‘Jalanin’ PUTRI Jabar Dapat Respon Tinggi dari Peserta

KLIKNUSAE.com  - Wisata vaksin ‘Jalanin’ (Jalan-jalan sambil vaksin) yang berkangsung di Saung Angklung Udjo Jalan Padasuka No.118, Kota Bandung mendapat respon tinggi dari warga.

Dari target 1.500 peserta yang sudah terdaftar, sejak dibuka pada pukul 08.00 WIB, Selasa 7 September 2021 sudah mendekati 1.000 yang mengikuti suntik vaksin jenis Astrazeneca ini.

Vaksin Jalanin tahap kedua akan dilanjutkan pada esok hari, Rabu 8 September 2021, dengan jumlah peserta sama yakni 1.500.

BACA JUGA: DPD PUTRI Jabar Usulkan Objek Wisata Sebagai Sentra Vaksinasi

Sampai berita ini diturunkan pukul 11.56 WIB, pelaksanaan vaksin Saung Angklung Udjo yang berada di Kelurahan Pasirlayung, Kecamatan Cibeunying Kidul.

Kegiatan wisata vaksin  ini sendiri diinisiasi oleh Dewan Pimpinan Daerah Perhimpunan Usaha Taman Rekreasi Indonesia (PUTRI) Jawa Barat dengan tajuk 'Jalanin' atau Jalan-Jalan Sambil Vaksin' #wisatavaksin.

Syarat bagi yang akan mengikuti vaksinasi ini adalah WNI berusia 18 tahun ke atas, belum pernah divaksin, sehat jasmani, dan telah melewati 3 bulan setelah sembuh bagi penyintas Covid-19.

BACA JUGA: Disparbud Jabar Gandeng DPD PUTRI Bangkitkan Desa Wisata

Ketua DPD PUTRI Jawa Barat Heni Smith menyatakan bahwa kegiatan ini merupakan upaya untuk mendorong pencapaian target program vaksinasi, khususnya di lingkungan industry pariwisata.

“Kenapa kita mengambil tema wisata vaksin, karena kami ingin memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk bisa mengikuti vaksin dengan suasana yang berbeda. Peserta, mendapatkan vaksin, sekaligus bisa mengirup udara segar di lingkungan  terbuka (outdoor),” kata Heni.

GIPI Jabar Apresiasi Pelaksanaan Vaksin Wisata

Panitia sendiri sudah men-design tempat pelaksanaan vaksin sesuai dengan standar protokol kesehatan.

Berbagai instansi yang terlibat dalam vaksinasi wisata ini diantaranya, Dinas Kesehatan Kota Bogor, Pemerintah Kecamatan Cibeunying Kidul, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Bandung, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jawa Barat.

BACA JUGA: Arab Saudi Akan Membuka Kembali Akses Jemaah Umrah Yang Divaksinasi

Sementara itu, Ketua Gabungan Industri Pariwisata Indonesia (GIPI) Jawa Barat Herman Muchtar saat meninjau pelaksanaan vaksinasi Jalanin menyampaikan apresiasi.

"Pelaksanaan vaksinasi di lokasi wisata seperti ini sangat baik. Peserta juga bisa menikmati seni budaya atau taman rekreasi yang ada. Mudah-mudahan bisa mempercepat pencapaian target vaksinasi," katanya.

Menurut Herman Muchtar, GIPI terus mendorong agar vaksinasi di Jawa Barat sesuai dengan yang diharapkan. Dengan pencapaian vaksin yang tinggi maka diharapkan bisa segera membantu pemulihan sektor pariwisata.

BACA JUGA: Menteri Kesehatan Targetkan 200 Ribu Vaksinasi di Jawa Barat Dalam Sehari

Namun demikian, masyarakat diminta untuk tetap memperhatikan prokes meski sudah menjalani vaksin.

"Prokes harus tetap dijaga. Jangan kemudian euforia meski sudah divaksi," Herman mengingatkan.

Sementara itu Direktur Saung Angklung Udjo Taufik Hidayat menyampaikan terima kasih karena sudah dipercaya sebagai lokasi untuk pelaksanaan vaksinasi.

"Kami dari sektor pariwisata sangat berharap bisa segera pulih kembali. Oleh sebab itu, pelaksanaan vaksinasi ini menjadi bagian kita untuk membantu pemerintah memperluas jangkauan peserta vaksin," kata Taufik.

Selain keluarga besar pelaku industri pariwisata, peserta vaksin juga berasal dari RT RW terdekat hingga warga umum Keluraha Pasirlayung.

***

Share this Post:

Berita Terkait

Berita Lainnya