Connecticity 2021, Event Kreatif Yang Mendorong Jabar Go International

KLIKNUSAE.com  – Connecticity 2021 atau Conference on Creative Economy 2021 mendorong industry kreatif Jawa Barat Go International.

Hal itu disampaikan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil saat membuka event yang berlangsungs ecara virtual dari Gedung Pakuan Bandung, Selasa 21 September 2021 lalu.

Konferensi yang menghadirkan narasumber kompeten dari mancanegara itu sebagai ajang pertukaran pengetahuan dan pengalaman pada sektor ekonomi kreatif, khususnya pemulihan ekonomi pasca-COVID-19.

Menurut Kang Emil, sapaan Ridwan Kamil, ekonomi kreatif berperan besar bagi perekonomian Jabar bahkan nasional. Hal ini ditunjang oleh besarnya jumlah penduduk dan fasilitas yang menunjang.

BACA JUGA: Rencana Sahrul Memaksimalkan Industri Kreatif, Apa saja?

"Jabar adalah provinsi terbesar di Indonesia termasuk industri ekonomi kreatifnya. Kami aktif mempromosikan ekonomi kreatif, resilience dan inklusivitas di masa pandemi," katanya.

Jabar Satu-satunya Provinsi yang Memiliki Komite Ekonomi Kreatif

Kang Emil menyebut, Jabar menjadi satu-satunya provinsi di Indonesia yang memiliki Komite Ekonomi Kreatif dan Inovasi (Kreasi) yang didirikan tahun lalu.

Kreasi merupakan lembaga yang dibentuk untuk mendorong kolaborasi pemangku kepentingan ekonomi kreatif dalam melahirkan kreativitas dan inovasi.

Dari sini akan  memberikan nilai tambah dan meningkatkan kualitas hidup masyarakat.

BACA JUGA: Industri Kreatif Kota Bandung Menjadi Andalan Indonesia

"Kita satu-satunya di Indonesia yang memiliki komite ekonomi kreatif dan inovasi, ini adalah kombinasi kolaborasi pentaheliks," ujarnya.

Dari sisi infrastruktur, Pemda Provinsi Jabar juga tengah membangun gedung kreatif center di 27 kabupaten/ kota.

Beberapa sudah selesai dibangun dan menjadi wadah bagi anak muda di untuk berekspresi menghasilkan industri kreatif.

"Kita membangun di 27 kabupaten/ kota yaitu gedung kreatif center yang beberapa sudah selesai dibangun. Kami berharap semua daerah punya gedung kreatif agar ekonomi berkembang," kata Kang Emil.

BACA JUGA: Sepertiga Ekspor Industri Kreatif Nasional Berasal dari Jabar

Dalam situasi COVID-19 yang semakin terkendali di Jabar, menjadi momentum kebangkitan ekonomi kreatif yang sempat terkendala.

Kang Emil mengatakan tingkat keterisian tempat tidur pasien COVID-19 di Jabar kini hanya 7 persen.

"Kita sedang menuju perubahan pandemi ke endemi dan ini menjadi kebangkitan ekonomi salah satunya ekonomi kreatif," ucapnya.

Connecticity 2021 digagas oleh Pemda Provinsi Jabar bekerja sama dengan Kreasi Jabar, Indonesia Creative City Network (ICCN) dan British Council.

Event rutin tahunan ini memetakan soal hub kreatif dan dampaknya terhadap pembangunan di daerah. ***

Share this Post:

Berita Terkait

Berita Lainnya