7 Destinasi Terbaik Afganistan, Mulai Masjid Suci dan Patung Buddha

KLIKNUSAE.com - 7 destinasi terbaik Afganistan ini layak untuk dikunjungi. Dikelilingi daratan yang luas, Afganistan menyimpan eksotika alam yang indah.

Siapapun yang bertandang ke kawasan ini akan berdecak kagum. Bukan kesan peperangan yang terbayang, tapi ukiran alam nan mempesona.

Padang pasir, keunikan budaya masyarakat setempat dan cerita peperangan beberapa dekade dengan negara adidaya Amerika menjadi salah satu daya tarik.

Afganistan telah diukir dan diubah oleh banyak orang. Pada zaman dahulu, suku Neolitik tiba di sini dari Lembah Indus. Kemudian datang  Alexander Agung. Memasuki, pegunungan Hindu Kush hingga berakhir pada dinasti Persia kuno.

BACA JUGA: Cara Baru Menikmati Wisata dari Rumah di Tengah Pandemi Covid-19

Kemudian ada orang-orang Arab Muslim di Timur Tengah, yang bertemu dengan kekuatan Jenghis Khan yang tak terbendung. Dan kemudian ada Mughal, Soviet, imperialis Inggris – daftarnya terus berlanjut, dan seterusnya.

Hari ini, Afganistas telah memperoleh kemerdekaan dengan hengkangnya Amerika Serikat yang telah melakukan pendudukan selama 20 tahun lamanya.

Ada destinasi apa saja di Afganistan. Berikut tempat-tempat yang layak untuk dikunjungi, ketika negeri itu kembali damai:

1. Kandahar

Kota yang kaya akan sejarah. Ada  Masjid Jubah Suci yang terletak di persimpangan jalan di mana Afghanistan selatan bertemu dengan pegunungan di jantung negara itu.

Kursi tradisional Pashtun yang digunakan Ahmad Shah Durrani sebagai raja yang sempat berkuasa. Di wilayah ini ada banyak tempat yang bisa dikunjungi, seperti masjid, kuil, dan makam hingga tokoh-tokoh nasional Afganistan di masa lalu. Banyak orang-orang datang untuk melihat prasasti aneh penyerbu Mughal Babur dengan Pemandangan Chilzina, yang terletak tepat di tepi kota.

2. Mazar-e Sharif

Kubah Masjid Biru yang agung berjalan di atas cakrawala Mazar-e Sharif, bersinar putih di bawah terik matahari Balkh.

Terkenal sebagai situs pemakaman Ali bin Thalib, sepupu Nabi Muhammad sendiri. Ini adalah rangkaian arsitektur arab dan Asia selatan yang indah, lengkap dengan kubah biru kehijauan dan menara berlapis emas.

BACA JUGA: Sempat Jadi Destinasi Wisata Mistis, Ini Kondisi Bandung Medical Centre

Namun, sejarah Muslim hanyalah salah satu aspek dari Mazar-e Sharif, karena kota ini juga merupakan rumah bagi peninggalan Yunani yang tak terhitung jumlahnya; orang-orang yang menemukan jalan mereka di sini dengan kedatangan tentara Alexander di abad ke-3 SM!

3. Jalalabad

Didirikan – seperti banyak kota lain di bagian ini – oleh kaisar Akbar, Jalalabad adalah tempat di mana perjalanan zaman kuno hampir dapat diraba.

Anda bisa  melihat puncak bersalju dari Pegunungan Safid dan membayangkan bagaimana perasaan tentara Mughal saat mereka merenungkannya di tahun 1500-an.

BACA JUGA: Menikmati Keindahan Pantai Burung Mandi Belitung Timur

Lebih dekat ke kota dan iklim memungkinkan untuk kebun jeruk dan taman hijau - sesuatu yang cukup dikenal di Jalalabad.

Anda juga dapat melihat makam Raja Amanullah Khan, bergabung dengan penduduk setempat untuk pertandingan kriket yang seru, atau sekadar menikmati taman dan kebun yang terawat.

4. Balkh

Dipuji sebagai pusat Kekaisaran Baktria kuno, kota tua Balkh memiliki sejarah hampir 4.000 tahun yang lalu. Sebenarnya, di sini, jauh di celah punggungan utara Hindu Kush, Zoroastrianisme dan Buddhisme pertama kali berkembang di wilayah ini.

Pada saat petualang Venesia Marco Polo tiba di tahun 1300-an, kota itu akan dihancurkan (bahkan oleh Jenghis Khan sendiri) dan dibangun kembali berkali-kali, tetapi kenangan akan tembok benteng dan lembaga pembelajarannya yang besar masih akan tetap matang.

BACA JUGA: Ada 416 Desa di Bogor Berpotensi Jadi Destinasi Wisata

Saat ini, kota ini bukanlah ibu kota yang mulia seperti dulu, tetapi ada sejarah  tertentu yang dapat ditemukan di tengah-tengah bazaar yang ramai dan Masjid Hijau berwarna zamrud. Masuk sebagai salah satu 7 destinasi terbaik di Afganistan.

5. Herat

Sangat mudah untuk melihat mengapa Herat – kota terbesar ketiga di Afghanistan – memiliki cita rasa Persia: kota ini terletak hanya sepelemparan batu dari perbatasan Iran. Pernah menjadi rumah dinasti Timurid (garis keturunan yang menyatu unsur budaya Turki, Persia, dan Mongol pada masanya).

Struktur elegan menara berujung pirus dan ubin berkilauan cukup memuka. Usinya  diperkirakan lebih dari delapan abad. Ada juga Benteng Herat untuk dilihat, dan makam penyair Sufi yang dihormati.

6. Samangan

Kota Samangan adalah perhentian karavan kuno di rute pinggiran Jalur Sutra lama, klaim ketenaran sebenarnya bukanlah daya tarik utama.

Tetapi kehormatan yang diberikan kepada kompleks gua misterius Takht i Rostam yang mengukir jalan mereka melalui pegunungan berdebu.

BACA JUGA: Sahid Garap Hotel di Bukhara,Ini 10 Wisata Klasik Nan Indah Di Uzbekistan

Bangunan ini diperkirakan telah berdiri pada abad ke-4 dan ke-5 M, dan dihiasi dengan hiasan daun teratai Buddha yang indah, semuanya berfokus pada stupa bata lumpur bagian dalam.

Mereka menawarkan pandangan mendalam tentang masa lalu pra-Muslim yang hampir terlupakan.

7. Bamiyan

Pada zaman kuno, tempat itu dikenal sebagai pusat pemujaan Hindu-Budha, dan berkembang pesat dengan pengrajin, biara dan – terutama – pematung di zaman sebelum kedatangan Muslim.

Faktanya, dua patung Buddha raksasa yang berdiri di sini dianggap sebagai ukiran abad ke-4 dan ke-5 yang paling elegan di seluruh Asia.

Namun, pada bulan Maret 2001, patung-patung besar ini dihancurkan oleh Taliban, menyebabkan kemarahan internasional, dan bahkan mendorong UNESCO untuk mencegah kehancuran lebih lanjut. ***

Share this Post:

Berita Lainnya