Jakarta Kreatif Festival 2021 Berikan Dampak Besar Bagi UMKM

KLIKNUSAE.com  - Jakarta Kreatif Festival (JaKreatif Fest) 2021 memberikan dampak besar bagi pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

Setidaknya dalam mendongkrak omset para pelaku UMKM yang selama ini terpuruj akibat pandemi Covid-19.

Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Teten Masduki percaya gelaran JaKreatif Fes 2021 ini pun turut menumbuhkan jejaring komunitas.

"Saya percaya JaKreatif Fest bukan hanya menghadirkan program yang akan mengakselerasi transformasi digital, namun juga akan melibatkan seluruh jejaring komunitas kreatif terbaik Ibu Kota,” kata Teten saat memberikan sambutan dalam pembukaan acara JaKreatif 2021 yang digelar virtual, Seni 30 Agustus 2021.

BACA JUGA: Kementerian Kominfo Dorong Digitalisasi UMKM, Ada Subsidi Kuota Internet

Lebih jauh dari itu, ujar Teten, event ini akan menghadirkan dampak sangat besar bagi para pelaku UMKM lintas subsector.

Teten optimistis kegiatan yang digagas oleh Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi DKI Jakarta itu akan mempromosikan para pelaku usaha kreatif unggulan, khususnya melalui transformasi digitalisasi UMKM.

Produk UMKM Diyakini Bisa Naik Kelas dan Gi Internasional

Sementara itu, Anggota Komisi XI DPR RI Eriko Sotarduga meyakini JaKreatif Fest 2021 dapat meningkatkan nilai produk UMKM serta memperbesar akses pasar baik dalam negeri maupun luar negeri.

Dengan meluasnya akses tersebut, kata dia, akan tercipta peluang dan permintaan terhadap produk-produk UMKM unggulan Indonesia.

BACA JUGA: Bandara Sultan Thaha Jambi Beri Ruang untuk Produk UMKM

"Kita optimis UMKM Indonesia akan semakin banyak yang naik daun, naik kelas, dan go internasional," kata Eriko.

Kantor Perwakilan BI DKI Jakarta secara resmi membuka Jakarta Kreatif Festival (JaKreatif Fest) 2021 yang digelar dalam upaya mendukung Gerakan Nasional (Gernas) Bangga Buatan Indonesia (BBI) dan Bangga Wisata Indonesia (BWI).

"Jakarta Kreatif Festival diselenggarakan untuk mendukung Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia dan Bangga Wisata Indonesia," ujar Kepala Kantor Perwakilan BI Provinsi DKI Jakarta Onny Widjanarko.

Tema besar JaKreatif Fest 2021 adalah memberdayakan sumber-sumber pertumbuhan ekonomi baru yang kreatif, inovatif, dan inspiratif di era digitalisasi untuk percepatan pemulihan ekonomi nasional.

Melalui acara tersebut, BI Jakarta ingin menyajikan informasi, cerita, serta interaksi dengan para penggiat UMKM syariah, industri kreatif, industri perfilman nasional, kopi nusantara, wisata Jakarta, fashion, dan digitalisasi pembayaran.

***

Share this Post:

Berita Terkait

Berita Lainnya