Dinas Pariwisata Cianjur Dorong Pencapaian Target Invenstai Sektor Wisata

CIANJUR, KLIKNUSAE.com - Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Cianjur, Jawa Barat terus mendorong pencapaian target investi di sektor pariwisata.

Terutama, rencana investasi wisata di kawasan yang berpotensi dapat meningkatkan income daerah atau Pendapatan Asli Daerah (PAD).

"Selama pandemi ada beberapa investor yang hingga saat ini masih intens berhubungan dengan dinas terkait investasi wisata yang akan ditanamkan di Cianjur," kata Sekretaris Disparpora Cianjur, Pratama Nugraha di Cianjur, Rabu 18 Agustus 2021.

Ia memastikan pihaknya akan berkoordinasi dengan lintas dinas dan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) untuk menyiapkan masuknya investasi tersebut.

Salah satunya dengan penyediaan infrastruktur kelistrikan yang belum sepenuhnya memadai di wilayah selatan.

Saat ini, koordinasi dengan PLN Regional Jabar telah dilakukan untuk meningkatkan voltase listrik sebagai penunjang utama penyediaan hotel berkelas, mengingat fasilitas hotel membutuhkan tenaga listrik yang tinggi.

"Kalau sudah memadai, termasuk infrastruktur jalan, pengembangan wisata selatan, dapat memulihkan perekonomian setelah pandemi usai," katanya.

Ia menyakini penyediaan layanan yang memadai sangat penting untuk meningkatkan kinerja pariwisata.

Karena secara tidak langsung sektor jasa ini dapat mempengaruhi tingkat perekonomian daerah.

Saat ini, tambah dia, pihaknya juga telah memberikan perhatian khusus kepada 10 desa wisata yang telah terdaftar.

Diantaranya, dengan memberikan bantuan pelatihan dan pembinaan maupun penataan kepada pelaku jasa wisata setempat.

Pratama mengharapkan desa wisata tersebut siap menerima kunjungan wisatawan dari berbagai wilayah, terutama usai pandemi COVID-19 ini berakhir.

"Kami juga berharap sama pandemi usai, kehidupan kembali normal, disertai investasi dari desa hingga ke kota dapat berjalan beriringan, sehingga perekonomian daerah dapat kembali bangkit, terutama angka kunjungan wisata," katanya. ***

Share this Post:

Berita Terkait

Berita Lainnya