Ridwan Kamil Blusukan Antar Langsung Paket Sembako Pakai Motor

BEKASI, KLIKNUSAE.com -  Gubernur Jawa Barat  Ridwan Kamil blusukan ke wilayah Kabupaten dan Kota Bekasi untuk memberikan langsung bantuan sosial sembako.

Paket sembako tersebut disalurkan kepada warga yang terdampak Covid-19 dengan menggunakan sepeda motor.

"Saya kira dengan menyisir mereka yang tidak termasuk dalam data formal bisa memberikan semangat. Memang selalu ada dalam situasi ini, seperti pedagang yang KTP dari luar, tidak masuk ke daftar lokal," kata Ridwan Kamil seperti dilansir KLIKNUSAE.com dari Antara, Jumat 23 Juli 2021.

Pada kesempatan blusukan tersebut, Ridwan Kamil atau akrab disapa Kang Emil secara langsung menemui warga dan menyerahkan bantuan sembako serta uang tunai.

BACA JUGA: Sari Ater Distribusikan Paket Sembako di Tiga Desa Wilayah Ciater

Wilayah yang disasar yakni Kecamatan Serang Baru, Setu, Cikarang Pusat, dan Cikarang Selatan, Kabupaten Bekasi serta Kecamatan Bantargebang dan Jatiasih, Kota Bekasi.

Kang Emil  juga menyambangi satu keluarga yang tengah menjalani isolasi mandiri di wilayah Bantargebang. Seluruh kunjungannya itu menempuh perjalanan sepanjang 50 kilometer.

Ia mengatakan sebagai pemimpin dirinya mengagendakan untuk rutin turun ke bawah memberikan bantuan langsung pada warga di masa kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) perpanjangan ini.

BACA JUGA: Gubernur Ridwan Kamil Minta Kepala Daerah Kompak Menjalankan PPKM

Alasan Ridwan Kamil Blusukan Menggunakan Sepeda Motor

Menurut dia, dengan turun langsung dirinya bisa mengetahui kesulitan warga di lapangan yang ekonominya terdampak di masa pandemi.

Alasan blusukan mengendari motor, lajutnya, supaya bisa memantau lebih dekat proses penerapan kebijakan PPKM di daerah.

"Kami ingin menyemangati dan berempati kepada masyarakat walaupun kita paham tidak kelihatan (membantu) diomongin, kelihatan (membantu) diomongin. Mending dikerjakan saja walaupun diomongin," ujarnya.

BACA JUGA: Ridwan Kamil Maju Nyapres 2024: Saya Punya Modal Elektoral

Penerima bantuan Gubernur Jabar itu, Eka (52) mengaku terkejut dengan kedatangan Gubernur secara tiba-tiba.

Warga Desa Cicau, Kecamatan Cikarang Pusat tersebut mengaku sedang bersiap memasak saat orang nomor satu di Jabar itu mendatanginya.

"Kaget kirain saya siapa soalnya pakai masker. Pas dibuka ternyata Pak Ridwan Kamil. Serasa mimpi," ujarnya pula.

BACA JUGA: Status Zona Merah Covid-19 di Jabar Menghilang, Ini Kata Ridwan Kamil

Ketua RW 01 Desa Sukasejati, Kecamatan Cikarang Selatan, Kabupaten Bekasi Anang mengaku gugup, namun tetap memberanikan diri menyapa Kang Emil saat beristirahat di sebuah warung tepi jalan.

"Saya sapa malah diberi sembako termasuk warga saya yang lagi berada di sekitar warung,” akunya.

Mayoritas warga di desa Sukajati adalag para  berdagang dan bertani.

“Senangnya ada pejabat yang peduli. Alhamdulillah kalau di daerah saya bantuan sampai dari pusat dan provinsi," ungkapnya. ****

Share this Post:

Berita Terkait

Berita Lainnya