Pengamat: Desa Wisata Bisa Jadi Andalan Pariwisata Tanah Air

KLIKNUSAE.Com – Pengamat memaparkan tentang pentingnya pengembangan desa wisata. Pemerintah dinilai harus memperkuat berbagai bidang, mulai dari kelembagaan hingga atraksi.

Pengamat pariwisata dari Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Chusmeru mengatakan bahwa desa wisata bisa menjadi sektor andalan dalam pariwisata tanah air.

"Bahkan desa wisata dapat menjadi lokomotif kebangkitan ekonomi nasional, seperti yang pernah disampaikan Menparekraf Sandiaga Uno," kata Chusmeru, dilansir Kliknusae dari Antara, Rabu, 21 Juli 2021.

Ia memaparkan bahwa di tengah pengembangan pariwisata, desa wisata jadi subsektor yang  memiliki perkembangan yang luar biasa. Saat pandemi, desa bisa menjadi alternatif tujuan untuk berwisata.

Maka dari itu, pemerintah harus melakukan penguatan terhadap berbagai bidang tersebut, agar bisa menjadi lokomotif kebangkitan pariwisata.

"Penguatan itu berupa penguatan kelembagaan, sumber daya manusia, objek dan daya tarik wisata, sarana dan prasarana, serta penguatan dukungan pemerintah," katanya.

Ia juga mengatakan bahwa perlunya penguatan kelembagaan seperti BUMDes, organisasi Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK), maupun kelompok sadar wisata (Pokdarwis) yang ada di desa.

Baca Juga: DPRD Dukung Aksi PHRI Garut Kibarkan Bendera Putih ‘Menangis’

"Melalui penguatan BUMDes maka masyarakat setempat dapat turut berinvestasi dalam pengembangan desa wisata. Secara ekonomis juga pada akhirnya dapat menyejahterakan masyarakat yang ada di sekitar," katanya.

Peran organisasi PKK juga dinilai penting untuk menjadi penyalur aspirasi dari perempuan. Sementara, Pokdarwis sangat perlu diperkuat agar dapat menjalankan program Sapta Pesona dengan efektif.

Berbagai program tersebut dinilai penting untuk peningkatan kualitas sumber daya manusia. Penguatan sumber daya manusia bertujuan untuk meningkatkan kualitas pelayanan kepada wisatawan yang datang, serta upaya promosi secara digital.

"Wisatawan milenial kini sudah ramai yang berkunjung, sehingga diperlukan sumber daya manusia yang mengelola dengan strategi kekinian," katanya.

Lalu, dirinya menambahkan bahwa inovasi dalam pengelolaan juga penting. Selain untuk menikmati keindahan alam, wisatawan juga mencari atraksi yang menarik dari sebuah objek wisata.

"Selain itu, atraksi seni budaya di desa juga menjadi bagian tak terpisahkan," katanya.

Share this Post:

Berita Terkait

Berita Lainnya