Makan Terlalu Cepat, 4 Hal Ini Bisa ‘Membunuh’ Anda

KLIKNUSAE.com -  Sepele, tapi bisa berakibat fatal. Sering makan terlalu cepat setiap harinya, ternyata selain berisiko tersedak juga ada bahaya lain yang mengintai kesehatan.

Apa saja? Berikut 4 hal yang membiat Anda bisa ‘terbunuh’ karena kebiasan makan cepat.

1. Masalah pada jantung

Makan terlalu cepat ternyata bisa menimbulkan masalah pada jantung. Bukti ini ditemukan oleh Dr. Takayuki Yamaji, seorang ahli jantung dari Hiroshima University, Jepang.

Pernyataan ini dikemukakannya bukan tanpa bukti. Untuk mendapatkan simpulan ini, Yamaji telah meneliti lebih dari 1.000 peserta selama 5 tahun.

BACA JUGA: Halo Ladies, Perhatikan Makanan Ini agar Miss V Tetap Sehat

Para peserta ini dibagi menjadi 3 kelompok berdasarkan kecepatan makan. Mulai dari lambat, normal, hingga cepat. Hasilnya, kelompok yang makan dengan cepat memiliki risiko penyakit sindrom metabolik yang meningkatkan risiko penyakit jantung dan stroke.

2. Refluks asam lambung (asam lambung naik)

Makan terlalu cepat akan memicu refluks asam lambung. Ini karena makanan akan dengan cepat masuk ke lambung dalam jumlah besar. Akibatnya, asam dari lambung naik ke kerongkongan hingga menyebabkan sensasi terbakar atau perih.

Jika kebiasaan ini dibiarkan terus-terusan, kamu akan mengalami berbagai komplikasi seperti mulas, mual, sakit perut, dan sulit menelan.

Fakta Diabetes Muncul Akibat Dari Makan Cepat-cepat

3. Diabetes

Sebuah penelitian di Lithuania pada tahun 2012 menemukan fakta bahwa diabetes menjadi salah satu masalah yang bisa terjadi saat kita makan terlalu cepat.

Ketika makan dengan cepat, perut cenderung sulit merasa kenyang. Tanpa sadar, kita akan makan dengan kalap tanpa terkendali.

BACA JUGA: Tips Makan Daging Kambing yang Sehat dan Aman

Tak hanya itu, makan dengan cepat juga membuat adanya kenaikan glukosa dengan jumlah besar dalam satu waktu. Akibatnya, tubuh sangat rentan mengalami resistensi insulin.

Resistensi insulin adalah kondisi saat sel-sel di dalam tubuh tidak merespon secara efektif terhadap hormon insulin. Akibatnya, tubuh tidak mampu mengendalikan kadar gula darah di dalam tubuh.

4. Obesitas

Ketika kita menelan makanan terlalu cepat, tubuh tidak dapat mengenali perasaan kenyang seperti biasanya. Akibatnya, asupan kalori menjadi lebih tinggi dari yang dibutuhkan.

BACA JUGA: Restoran Boleh Buka, Pengunjung Dibatasi Waktu Makan 20 Menit

Sementara saat kita makan pelan-pelan, otak memiliki cukup waktu untuk menerima sinyal rasa kenyang.

Hal ini membuat kita berhenti makan begitu perut terasa penuh. Oleh karena itu, jangan makan terlalu cepat karena bisa berujung obesitas.

Mulai sekarang, jangan lagi makan terlalu cepat. Nikmati makanan Anda secara perlahan agar tubuh tidak mendapatkan dampak buruknya. ***

Sumber: Kompas

Share this Post:

Berita Lainnya