Kampung Adat Kasepuhan Sirnaresmi Masuk Nominasi API 2021

SUKABUMI, KLIKNUSAE.com - Kampung Adat Kasepuhan Sirnaresmi di Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat masuk nominator dalam ajang Anugerah Pesona Indonesia (API) 2021.

Kasepuhan Sirnaresmi menjadi kampung adat terpopuler yang bersaing dengan sembilan kampung adat lainnya dari berbagai daerah di Indonesia.

"Sebelumnya kami telah mengusulkan agar Kampung Adat Sirnaresmi yang berada di Desa Sirnaresmi, Kecamatan Cisolok masuk dalam nominasi Anugerah Pesona Indonesia 2021 kepada panitia," kata Kepala Bidang Promosi Pariwisata Dinas Pariwisata (Dispar) Kabupaten Sukabumi Rose Neverterry, di Sukabumi, Senin 6 Juli 2021.

Usulan itu kemudian diterima sehingga Sirnaresmi masuk dalam deretan yang akan menerima nomisasi API 2021.

BACA JUGA: Rekor Penari Jipeng Terpecahkan Di Festival Geopark Ciletuh

Menurutnya, dalam nominasi tersebut ada 10 kampung adat yang bersaing untuk dinobatkan sebagai terpopuler dari Anugerah Pesona Indonesia 2021.

Tentunya, perlu dukungan agar kawasan budaya yang berada di kawasan Unesco Global Geopark Ciletuh Palabuhanratu tersebut bisa menjadi pemenang, bukan sebatas nominator saja.

Kampung Adat Sirnaresmi Harus Dirawat

Adapun bentuk dukungan tersebut dengan mengirim SMS sebanyak-banyaknya dengan cara ketik API 11H kirim ke 99386.

Bisa juga dengan sertakan like (sukai) video Youtube Kasepuhan Sirnaresmi di channel @apiaward. Atau melakukan vote like di Instagram @ayojalanjalanindonesia cari kategori Kampung Adat kode 11H.

Dukungan ini sangat berarti agar keberadaan aset kebudayaan Sukabumi ini semakin dikenal warga di seluruh daerah pelosok Indonesia bahkan sampai mancanegara.

Apalagi Kasepuhan Sirnaresmi ini berada di kawasan UGG Ciletuh Palabuhanratu, sehingga akan menambah pesona dunia pariwisata di Sukabumi.

"Kami berharap seluruh warga khususnya dari Sukabumi bisa memberikan dukungannya, karena Kampung Adat Sirnaresmi merupakan kebanggaan kita semua," katanya pula.

Humas Kampung Adat Kasepuhan Sirnaresmi Saragosa Gia mengatakan pihaknya tidak menyangka bisa masuk sebagai nominator di Anugerah Pesona Indonesia 2021 bersama sembilan kampung adat lainnya.

BACA JUGA: Riau Juara Umum Anugerah Pesona Indonesia 2017

Selain menjadi kebanggaan, melalui ajang tersebut tentunya keberadaan kasepuhan bisa semakin dikenal luas. Banyak wisatawan asing yang terkait untuk melihat original adat masyarakat setempat.

Beberapa kali ada event kebudayaan pengunjung yang hadir selalu membludak. Mereka berdatangan dari berbagai daerah. Tak jarang, tamu-tamu pun ingin merasakan menginap di kampung dengan pemandangan alam yang asri tersebut.

Kampung Adat Sirnaresmi harus dirawat, dijaga dan dilestarikan adat istiadatnya khususnya kebudayaan Sunda yang merupakan warisan leluhur.

"Disini terdapat sejumlah destinasi wisata baik wisata budaya maupun karuhun," katanya pula.

Informasi yang dihimpun, selain Sirnaresmi ada sembilan nominator lainnya yakni Kampung Adat Bawomataluo di Kabupaten Nias Selatan, Desa Adat Hukaea di Kabupaten Bombana.

Termasuk, Kampung adat Desa Sentajo di Kabupaten Kuantan Singingi, Kampung Adat Gumantar di Kabupaten Lombok Utara.

Kemudian, ada Kampung Adat Bena Baru di Kabupaten Berau, Kampung Adat Tana Toa di Kabupaten Bulukumba, Kampung Adat Balai Kaliki di Kota Payakumbuh.

Ditambah lagi, Kasepuhan Citorek di Kabupaten Lebak, serta Kasepuhan Lewokluok di Kabupaten Flores Timur. ***

Sumber: Antara

Share this Post:

Berita Terkait

Berita Lainnya