Begini Kondisi Kebun Binatang di Bandung dan Lembang

KLIKNUSAE.Com – Taman wisata kebun binatang di Bandung dan Lembang tutup selama PPKM. Stok pakan satwa dikabarkan mengalami kekurangan.

Salah satunya Bandung Zoological Garden yang berada di  daerah Tamansari, ketersediaan pakan satwa karnivora terancam kurang. Humas Bandung Zoological Garden, Sulhan Syafei mengungkapkan skenariio terburuk dari kondisi tersebut.

"Itu skenario terburuknya. Karena kan kalau ditutup terus kayak gini, pakan satwa kan tetap harus ada. Sebulan itu kita minimal menyiapkan Rp 350 jutaan," ungkap Sulhan, dikutip Kliknusae dari detiktravel, Jumat, 30 Juli 2021.

Ia melanjutkan bahwa jika PPKM terus diperpanjang hingga bulan depan, maka krisis keuangan akan mengancam kebun binatang tersebut.

"Kalau ini PPKM level empat atau level berapa pun diperpanjang sampai sebulan ke depan maka kita akan krisis keuangan di September," katanya.

"Ini, tentu akan berpengaruh terhadap penyediaan makanan satawa. Dan udah gak mungkin lagi karena kan sekarang yang dulu karnivora makanan utamanya daging sapi udah dimodifikasi sama daging ayam yang lebih banyak, itu kan juga ikut memperpanjang usia," lanjutnya.

Pihaknya akan berkoordinasi terlebih dahulu dengan Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Jawa Barat untuk pemotongan satwa yang akan dijadikan pakan macan tutul maupun harimau Sumatra.

"Jadi kalau sampai sebulan ke depan atau sebulanan-lah September itu kita koordinasi dengan BKSDA, ini gimana kita mau potong satwa ini untuk karnivora khas Indonesia macan tutul Jawa kemudian harimau Sumatera, itu yang harus diselamatkan paling utama," kata dia.

BACA JUGA: Karyawan Hotel Digaji Harian, PHRI Ingatkan Pemda Soal Keterpurukan

Stok Pakan Satwa di Lembang Park and Zoo Aman

Sementara, Humas Lembang Park and Zoo, Hanif Ahmad Firdaus mengungkapkan bahwa kondisi ketersediaan pakan satwa di tempatnya masih relatif aman.

“Sampai saat ini stok pakan satwa di Lembang Park and Zoo masih aman,” kata Hanif kepada Kliknusae.com, Jumat, 30 Juli 2021.

Dirinya melajutkan bahwa selama masa pembatasan berlangsung, Lembang Park and Zoo sempat menerima donasi dalam bentuk pakan satwa.

Donasi tersebut datang dari berbagai pihak seperti organisasi yang bergerak dalam bidang satwa ataupun petani sekitar yang memberikan sebagian hasil panennya.

“Selama PSBB kami sempat menerima donasi dalam bentuk pakan satwa dari berbagi pihak,” lanjut Hanif.

***

Share this Post:

Berita Terkait

Berita Lainnya