Soal Lelang Saung Angklung, Ini Jawaban Taufik Udjo

BANDUNG, KLIKNUSAE.com – Direktur Utama PT Saung Angklung Udjo Taufik Hidayat Udjo membenarkan perihal berita yang beredar terkait lelang Saung Angklung Udjo (SAU). Namun seperti apa detailnya, akan disampaikan dalam keterangan pers hari ini.

“Nanti sore sekitar pukul 15.00 WIB, kita akan memberikan keterangan pers. Dalam kesempatan itu kami akan menjelaskan secara detail,” kata Taufik Hidayat Udjo yang dihubungi Kliknusae.com, pagi ini Kamis 24 Juni 2021.

Sebagimana diketahui warganet dihebohkan dengan sejumlah barang dari Saung Angklung Udjo (SAU) dilelang di situs lelang.go.id. Ada 13 unit barang yang dilelang.

Informasi lelang barang SAU tersebut diunggah pengguna Twitter @speedymeter. Kemudian dilansir kembali oleh detikcom pada Rabu 23 Juni 2021.

Dalam list tersebut, ada 13 barang yang dilelang. Mulai dari harga limit paling murah Angklung Sarinade Rp 283 ribu hingga paling mahal unit orkestra Angklung senilai Rp 13 juta.

Sementara untuk harga jaminan dari kedua barang itu yakni Rp 141 ribu untuk Angklung Sarinade dan Rp 6,5 juta untuk unit orkestra Angklung.

Dalam foto tersebut juga disebutkan lelang dilakukan pada Selasa (29/6) mendatang. Lelang dilakukan di web lelang.go.id

Masih dalam foto list itu, pada kepala surat tertera penjelasan bila barang yang dilelang tersebut berkategori lelang non eksekusi atu sukarela.

"Kalian terlalu fokus pada Jerinya sehingga ngga notice saat Saung Angklung Udjo lagi suffer dan baru-baru ini sedang mengajukan lelang atas properti mereka. Sad," ujar pengunggah.

Akan tetapi dalam thread tersebut, akun Ditjen Kekayaan Negara (Ditjen KN) sempat menanggapi membalas unggahan itu.

Ditjen KN melalui akun resminya menjelaskan bila Ditjen KN sedang melakukan kerja sama dengan UMKM memasarkan produknya di lelang.go.id

"Saat ini, DJKN melalui kantor vertikalnya yaitu KPKNL, mendorong para pelaku UMKM untuk memasarkan produknya melalui lelang (pada portal lelang.go.id)," kata akun DJKN.

"Ini dilakukan agar para pelaku UMKM dapat menjangkau pasar yang lebih luas, sekaligus mendukung pemulihan ekonomi nasional," tambahnya.

Sementara itu keterangan yang berhasil dikumpulkan menyebutkan alat musik yang dilelang di situs lelang.go.id memang produk bisnis Saung Angklung Udjo yang dikerjasamakan dengan pihak pengrajin Angklung.

Produk alat musik tersebut secara rutin diambil oleh pihak ketiga untuk dijual. Tapi, hal yang membuat aneh adalah terkait kenapa ada pihak yang melakukan lelang terhadap alat musik yang diproduksi Saung Angklung Ujdo.

Berbagai persepsi publik terkait lelang alat musik yang merupakan barang produksi Saung Angklung Udjo ini yang akan dijelaskan secara detail hari ini.

Memang ada kesan Saung Angklung Udjo menjual aset karena terdampak pandemi Covid-19. ***

***

Share this Post:

Berita Terkait

Berita Lainnya