Sandiaga: Covid-19 Meningkat,Tempat Wisata Kita Tutup Sementara

MAKASSAR, KLIKNUSAE.com – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Uno menyatakan pihaknya akan merekomendasikan tempat wisata dan ekonomi kreatif ditutup sementara jika terjadi lonjakan angka Covid-19.

"Berlaku satu konsep sendbox yang kami kembangkan bersama para kepala dinas pariwisata dan kepala daerah, jika angka Covid-19 meningkat maka tempat pariwisata dan sentra ekonomi kreatif ditutup sementara," kata Sandiaga Uno, dalam kunjungan kerjanya di sejumlah daerah di Sulsel, Sabtu 19 Juni 2021.

Jika angka Covid-19 meningkat, lanjut Sandiaga Uno, dipastikan prokes ditingkatkan kepatuhan dan kedisiplinannya.

Vaksinasi diperluas dan testing serta tracingnya juga diperbesar dari jumlah dan kawasannya.

"Sudah berikan instruksi dalam bentuk sandbox, sehingga mereka (kepala daerah) yang akan mengambil keputusan sesuai dengan zonanya," tutur dia.

Sandiaga Uno menggambarkan kondisi pariwisata sangat terpuruk, bahkan wisatawan mancanegara turun 85 persen.

Sedangkan 30 persen pergerakan wisatawan nusantara mengalami penurunan.

"Oleh karena itu, saat ini adalah saat yang memprihatinkan. Kita perlu hadir untuk memberikan semangat dan harapan agar pariwisata bisa segera bangkit di masa depan," ujar dia.

Sandiaga Uno menambahkan, jika dosen dan mahasiswa Politeknik Pariwisata (Poltekpar) Makassar sudah mempersiapkan sarasehan pariwisata bagian timur.

"Poltekpar diberikan izin untuk kami kembangkan, agar SDM yang kami perlukan di era digitalisasi dan prokes ditingkatkan. Kemampuan adaptasi, inovasi, dan kolaborasi," tambah dia. ***

Sumber: Kompas

Share this Post:

Berita Terkait

Berita Lainnya