Menikmati Keindahan Pantai Burung Mandi Belitung Timur

BELITUNG, Kliknusae.com - Banyak pantai di Indonesia, tetapi yang memiliki suasana natural tanpa dilebih-lebihkan, mungkin tak begitu banyak.

Salah satunya adalah Pantai Burung Mandi di Kabupaten Belitung Timur, Provinsi Kepulauan Bangka-Belitung.

Agak unik namanya, konon pemberian nama itu diambil karena sebuah kejadian. Alkisah, ada seorang ibu bersama anaknya pergi di pinggir pantai untuk mencari hasil laut.

Sang ibu kemudian meletakan anaknya ditepian pantai. Saat kembali ingin mengambil anaknya-setelah mendapatkan banyak hasil laut, ia melihat sang anak yang tertidur di kelilingi burung-burung yang tengah bermain air.

Nah, sejak itulah diambil nama pantai tersebut dengan sebutan Pantai Burung Mandi.

Di pantai ini masih terbilang ramai jika dibandingkan dengan pantai di Belitung lainnya, mengingat pantai ini sangat berdekatan dengan desa nelayan.

Kliknusae.com beberapa waktu lalu berkesempatan mengunjungi pantai dengan udara yang sangat sejuk itu.

Pantai Burung Mandi memiliki kharisma tanpa henti, menyihir dengan pesonanya, dan menghentikan langkah siapapun untuk sejenak merasakan keindahan yang dimilikinya.

Bibir Pantai Burung Mandi tersebut juga di tumbuhi dengan pohon-pohon kelapa yang rindang. Ada juga warung-warung yang letaknya dekat dengan pantai tersebut.

Berbeda dengan Pantai Tanjung Tinggi yang ada di dekatnya, pantai ini tidak ada batu- batu raksasa di bibir pantainya.

Dari bibir pantai, Anda akan melihat banyak saung-saung dan bangku seperti untuk taning yang terbuat dari semen dan diatasnya dilapisi ubin.

Jika Anda tiduran di atas bangku tersebut, maka akan terasa dingin dan tidak terkena paparan matahari langsung karena berada di antara pepohonan sekitar sisi pantai.Di bibir pantai, Anda akan melihat perahu-perahu nelayan atau yang disebut dengan Kater. Pantai ini akan ramai apabila datang pada hari weekend, jika datang pada hari bisa, pantai ini akan terasa seperti pantai pribadi.

Tak jauh dari bibir pantai, Anda akan melihat jembatan yang cukup panjang menuju ke tengah laut seperti untuk sandaran kapal.

Dari atas jembatan tersebut Anda bisa melihat air laut yang jernih hingga bebatuan dan pasir yang ada di dalamnya dapat terlihat jelas.

Berjalan sedikit ke arah barat, dapat terlihat pulau yang ditutupi pohon-pohon bakau dan beberapa karang yang menjulang indah.

Pantai ini sangat cocok untuk Anda yang ingin bersantai duduk di bangku menikmati pantai sambil meminum es kelapa muda yang dijual di warungwarung sekitar pantai.

Pantai ini juga bisa untuk bermain air, karena jika airnya sedang surut kalian dapat berjalan kaki hingga ke tengah pantai tersebut.

Waktu yang cocok untuk datang ke sini adalah siang hari hingga menjelang senja.

Jika kalian punya rencana untuk berkunjung ke Belitung Timur, lokasi ini wajib dikunjungi.

Nantai ini terletak di Desa Burung Mandi, Kecamatan Damar, Belitung Timur, lebih tepatnya sekitar 20 km dari kota Manggar atau 70 km dari kota Tanjung Pandan.

Perjalanan menuju ke pantai ini mata Anda akan dimanjakan dengan pepohonan yang rindang dan hijau yang terletak di atas bukit.

Jangan khawatir, untuk masuk ke kawasan pantai ini, kalian tidak bakal dipungut biaya. Untuk yem[at kuliner juga tersedia berbagai pilihan.

Biasanya, saat terik matahari yang paling pas adalah minum kelapa muda. Para pedagang juga cukup ramah dan senang untuk diajak berbicara terkait berbagai hal soal kawasan wisata Burung Mandi. (adh)

Share this Post:

Berita Terkait

Berita Lainnya