Pertengahan 2022, Kereta Cepat Jakarta-Bandung Sudah Angkut Penumpang

BANDUNG, Kliknusae.com - Pertengahan tahun 2022 Kereta Cepat Jakarta Bandung (KCJB) sudah bisa mengangkut penumpang.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengatakan, saat ini progres (KCJB) telah rampung 73 persen.

Ia berharap pada semester kedua 2022 rel sudah terpasang dan bisa mengangkut penumpang pertama.

"Progres sudah 73 persen. Diharapkan awal tahun depan rel sudah dipasang, dan diharapkan semester dua tahun depan (2022) penumpang pertama sudah bisa diangkut. Presiden Jokowi sangat gembira melihat progresnya," ujar Ridwan Kamil di Hotel Aryaduta, Kota Bandung, Kamis, 20 Mei 2021.

Sehari sebelumnya, Ridwan Kamil mendampingi Jokowi saat melihat progres pembangunan Kereta Cepat Jakarta Bandung (KCJB) di KM 4 Tol Jakarta-Cikampek pada, Rabu.

Keduanya meninjau salah satu terowongan dari 13 terowongan yang dibangun dengan teknologi, yang lebih canggih dibandingkan MRT dan bahkan se-ASEAN.

"Bahkan ada terowongan terpanjang di Indonesia 4,2 KM. Mudah-mudahan, mohon doanya infrastruktur yang besar dan mahal ini bisa selesai, sehingga kita bisa bangga dan naiklah pertumbuhan ekonomi di Jabar," ujar sosok yang akrab disapa Kang Emil itu.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberi sinyal proyek kereta cepat sampai Surabaya. Hal itu tersebut ia sampaikan saat meninjau proyek Kereta Cepat Jakarta Bandung.

Jokowi berharap, proyek Kereta Cepat Jakarta Bandung dapat memberikan transfer teknologi. Kemudian, SDM Indonesia mampu menangkap dan mengambil ilmu dari pembangunan kereta cepat ini.

Jokowi selanjutnya menyinggung soal kereta cepat sampai Surabaya. "Dan kita harapkan nanti apabila sudah diputuskan akan diperpanjang sampai ke Surabaya, kesiapan SDM-SDM kita sudah memiliki pengalaman yang Jakarta-Bandung," kata Jokowi seperti dikutip dari Youtube Sekretariat Presiden, Selasa (18/3/2021). (DTK/adh)

Share this Post:

Berita Terkait

Berita Lainnya