Kota Bandung Tutup Pada Malam Takbiran Idul Fitri 2021

BANDUNG, Kliknusae.com - Masyarakat muslim Indonesia dipastikan akan menyambut Hari Raya Idul Fitri 1442 Hijriah, pada Kamis 13 Mei 2021.

Namun, karena Hari Raya Idul Fitri  tahun ini masih dalam kondisi pandemi Covid-19 beberapa pemerintah daerah memberlakukan kebijakan larangan takbir keliling.

Salah satunya adalah pemerintah Kota Bandung, Jawa Barat yang akan melakukan penutupan ruas jalan mulai malam ini, Rabu 12 Mei 2021,  pukul 18.00 WIB hingga 05.00 WIB.

Walikota Bandung Oded M Danial mengimbau masyarakat tidak keluar rumah untuk melaksanakan takbir keliling.

Sedangkan untuk pembagian zakat, Oded mengimbau agar panitia pengelola zakat mendistribusikannya secara langsung dan lebih awal.

"Tentang pembagian zakat fitrah, biasanya bertumpuk kerumunan karena dibagikan langsung. Maka zakat fitrah sudah bisa dibagikan sebelumnya dengan harapan tidak terjadi kerumunan. Bahkan mekanismenya oleh petugas diantarkan masing-masing," katanya seperti dikutip  Kliknusae.com, dari situs resmi Humas Kota Bandung.

Guna mengantisipasi peningkatan aktivitas ziarah kubur pasca salat Ied, Oded juga sudah menugaskan para camat yang wilayahnya terdapat Tempat Pemakaman Umum (TPU) agar membuat tim khusus.

Tim ini akan bertugas pengendalian masyarakat yang beraktivitas di TPU.

Mal dan Pusat Perbelanjaan Tutup Lebih Awal

Sejumlah pusat perbelanjaan dan mal di Kota Bandung, juga  akan tutup lebih cepat, menjelang malam takbiran.

"Secara aturan sampai Pukul 21.00 WIB, tetapi anggota kami bervariasi, bahkan dari Pukul 17.00 WIB dan Pukul 18.00 WIB ada (yang tutup)," kata Kepala Bidang Hukum dan Lembaga Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) Ruli di Balai Kota Bandung, Selasa (11/5/2021).

"Kita kembalikan (kebijakan) ke anggota masing-masing," tambah Ruli.

Ruli mengungkapkan, pusat perbelanjaan atau mal yang tutup dari awal sudah jadi tradisi yang dilakukan manajemen.

"Alasan internal dan sudah menjadi tradisi, seperti Pasar Baru Pukul 17.00 WIB atau Pukul 18.00 WIB sudah tutup. Bahkan Lebaran pertama masih tutup," ungkapnya

Bahkan menurutnya, ada pusat perbelanjaan atau mal yang tutup dan buka di Hari Lebaran.

"Ada juga pusat perbelanjaan yang hari pertama Lebaran buka, kebijakan dikembalikan kepada masing-masing manajemen," jelasnya.

Kepala Dinas Perdagangan dan Industri  Kota Bandung Elly Wasliah mengatakan, dalam aturan pusat perbelanjaan atau mal buka Pukul 10.00 WIB dan tutup Pukul 21.00 WIB.

Elly menyebut, hari ini pusat perbelanjaan dan mal di Kota Bandung sudah landai.

"Kami mengevaluasi hari ini sudah landai, di Kepatihan sudah landai, kami berharap mudah-mudahan sampai hari kemarin lonjakan pengunjungnya saja. Karena hari ini, laporan di lapangan sudah landai baik di Kings atau Yogya Kepatihan," pungkasnya.

Polrestabes Bandung Berlakukan Penutupan Jalan

Sementara itu Satlantas Polrestabes Bandung akan memberlakukan penjagaan 3 ring saat malam takbiran yang jatuh pada Rabu, 12 Mei 2021.

Menurut Kepala Satuan Lalu Lintas (Kasatlantas) Polrestabes Bandung, AKBP M Rano Hadianto, penutupan ruas jalan pun akan dilakukan mulai dari wilayah ring 1 hingga ring 3 Kota Bandung.

Penutupan akan dilakukan mulai dari pukul 18.00 WIB hingga 05.00 WIB.

"Untuk malam takbiran nanti, kota akan tutup mulai dari ring tiga. Itu antisipasi kerumunan dan takbiran keliling yang dilakukan oleh masyarakat," kata Rano.

Berikut lokasinya yang diumumkan pada 30 April lalu.

Ring 1 ada di dalam kota meliputi:

  1. Jalan Asia Afrika
  2. Jalan Merdeka, Dipenogoro
  3. Jalan Purnawarman
  4. Stasiun Kereta Bandung
  5. Bandara Husein Sastranegara
  6. Terminal Leuwi Panjang
  7. Terminal Cicaheum

Ring 2 meliputi:

  1. Gerbang tol Buah Batu
  2. Gerbang tol Moh Toha
  3. Gerbang tol Kopo
  4. Gerbang tol Pasir Koja
  5. Gerbang tol Pasteur

Ring 3 meliputi:

  1. Jalan Setiabuadi
  2. Ledeng
  3. Cibeurem
  4. Bundaran Cibiru
  5. Jembatan Derwati

(adh)

Share this Post:

Berita Terkait

Berita Lainnya