Ketua Umum Kadin Mendatang Harus Mampu Bersinergi, Hari Ini Pendaftaran

BANDUNG, Kliknusae.com - Suksesi kepemimpinan Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia tahun ini memiliki arti tersendiri. Terlebih, ditengah bangsa yang sedang menghadapi masalah cukup berat yakni pemulihan ekonomi akibat pandemi Covid-19.

Untuk itu, siapa pun yang terpilih menjadi Ketua Kadin periode 2021-2026 mendatang harus benar-benar sosok yang mampu seiring sejalan dengan pemerintah dalam upaya menata kembali perekonomian.

"Tentu, satu hal penting untuk dilakukan Ketua Umum Kadin mendatang adalah, ia benar-benar bisa mewakili suara dan kepentingan dunia usaha," demikian disampaikan Tim Hukum Kadin Jawa Barat, Iman Nurhaeman kepada Kliknusae.com, Senin 24 Mei 2021.

Menurut Iman-yang juga Wakil Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Jawa Barat, dalam kondisi  perekonomian terdampak oleh pandemi covid 19, Kadin kedepan bisa terlibat dalam kebijakan perekonomian pemerintah, sehingga pada saat implementasinya selalu bersama sama dengan dunia usaha.

Baca Juga: Ramai Calon Ketum Kadin, NTT Belum Tentukan Sikap Pilih Siapa

"Tantangan Ketua Umum Kadin sekarang semakin berat karena kondisi pertumbuhan ekonomi yang masih minus. Oleh karena itu sinergistas atau kolaborasi  pelaku usaha dengan pemerintah sangat menentukan nasib perekonomian Indonesia ke depan," tambah Iman.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) pertumbuhan ekonomi Indonesia masih negatif pada kuartal I-2021. Perekonomian di tiga bulan pertama tahun ini minus 0,74% yoy.

Produk Domestik Bruto (PDB) Indonesia atas dasar harga berlaku (ADHB) tercatat Rp 3.969,1 triliun. Kemudian, bila dilihat atas dasar harga konstan (ADHK) tercatat Rp 2.683,1 triliun.

Dengan kondisi itu, maka ekonomi Indonesia pada kuartal I-2021 masih mengalami kontraksi 0,74% yoy, dan secara kuartalan turun 0,96% qtq.

Pendaftaran Calon Ketuam Kadin Mulai Dibuka

Sementara itu, hari ini dua calon Ketum Kadin akan melakukan pendaftaran langsung ke Menara Kadin, Kuningan, Jakarta Selatan.

Baca Juga: Vaksinasi Gotong Royong Kolaborasi Kadin Mulai Berlangsung di Jabar

Dua sosok yang akan berkompetisi itu, yakni Direktur Utama PT Indika Energy Tbk, Arsjad Rasjid dan Presiden Direktur PT Bakrie & Brothers Tbk, Anindya Bakrie.

erdasarkan informasi yang diperoleh dari tim Hubungan Masyarakatnya Arsjad Rasjid, Wahyu mengatakan Arsjad Rasjid akan tiba di Gedung Menara Kadin pukul 9.30 WIB untuk melakukan pendaftaran dan dilanjutkan mengadakan konferensi pers di sana.

"Di tunggu ya, 09.30 WIB Arsjad sampai Kadin. Nanti akan dilakukan pendaftaran dan konpers," kata Wahyu hari ini, sebagaimana dikutip Kliknusae.com dari Liputan6.

Nantinya, kata Wahyu, dalam konferensi pers Arsjad Rasjid akan membahas visi misinya mengenai apa saja yang akan dilakukan untuk mendongkrak suara menjelang pemilihan pada Juni nanti.

Selain itu ia juga akan menyebutkan berapa banyak Kadin daerah dan asosiasi yang menyatakan mendukungnya.

Baca Juga: Ini Permintaan Kadin Bali Saat Berdialog Dengan Menparekraf Sandiaga Uno

Disamping itu, nanti Arsjad Rasjid juga akan menanggapi tentang revisi Morgan Stanley terkait proyeksi pertumbuhan ekonomi Indonesia pada tahun 2021 menjadi 4,5 persen year on year (yoy). Tak lupa, perihal pembangunan baterai juga akan jadi pembahasan.

"Sudah berapa banyak kadin daerah dan asosiasi yang menyatakan dukungan, menjelang pemilihan apa yang akan dilakukan untuk mendongkrak suara, soal pertumbuhan ekonomi dan soal Baterai serta soal mobil listrik, apakah kira kira infrastruktur di Indonesia sudah siap mengakomodir mobil listrik," ujar Wahyu.

Baca Juga: Kadin Daerah Harus Naik Kelas, Ini Pesan Luhut Panjaitan

Dalam kesempatan yang sama, Presiden Direktur PT Bakrie & Brothers Tbk, Anindya N Bakrie, juga akan mendaftarkan diri sebagai calon ketua umum Kadin, pukul 10.30 WIB.

"Info saja bahwa besok Pak Anin juga akan mendaftarkan diri sebagai calon Ketua Umum Kadin pada pukul 10.30 Wib di Kantor Kadin, Menara Kadin, Kuningan (Jl. HR Rasuna Said Kav. 2-3), Jakarta Selatan," kata Juru Bicara Anindya Bakrie, Lalu Mara, saat dihubungi liputan6.com.

Sama halnya seperti Arsjad Rasjid, Anindya Bakrie juga akan mengadakan konferensi pers langsung di Menara Kadin setelah melakukan pendaftaran. "Ya abis itu menjelaskan ke media," tutup lalu Lalu Mara.  (*/adh)

Share this Post:

Berita Terkait

Berita Lainnya