7 Kuliner Khas NTT, Ada Olahan Jagung Yang Enak!

Kliknusae.com - Nusa Tenggara Timur terkenal dengan wisata yang menyuguhkan panorama alam khususnya antai yang indah. Namun, selain itu terdapat juga beragam cita rasa kuliner khas yang menggoda bagi siapa saja yang menjumpainya.

Makanan khas Nusa Tenggara Timur hampir didominasi oleh bahan dasar ikan dan jagung. Namun tak semua makanan mengandung bahan tersebut. Langsung saja, inilah dia daftar makanan khas Nusa Tenggara Timur yang enak dan menggoyang lidah!

Catemak Jagung

Makanan yang biasa disajikan diakhir perjamuan ini memiliki bahan yang alami, Namanya Catemak Jagung. Meski jadi makanan penutup, catemak jagung memiliki rasa cenderung gurih dan asin.

Makanan ini terbuat dari bahan jagung, kacang tanah, kacang hijau dan kadang juga ditambah dengan labu ataupun sayur lainnya. Bahan tersebut direbus dengan air yang telah dibumbui dengan garam dan bumbu penyedap.

Cara dan pengolahan catemak hampir mirip dengan kolak. Setelah matang, kuahnya berwarna kecoklatan, namun memiliki rasa yang gurih.

Jagung Bose

Nusa Tenggara Timur ialah daerah penghasil jagung. Tak heran, makanan yang disajikan di NTT didominasi oleh bahan jagung. Makanan selanjutnya ialah Jagung Bose.

Jagung Bose umumnya berbahan dasar jagung dan kacang-kacangan yang direbus menggunakan kuah santan. Biasanya, jagung bose menjadi pengganti nasi. Masyarakat melakukan variasi masing-masing dalam penyajian jagung bose ini.

Cara memasaknya pertama, rebus air dalam panci hingga mendidih, Lalu masukan bahan kacang-kacangan (biasanya kacang merah dan kacang tanah). Setelah kacang empuk masukan jagung kedalam panci. Kamu juga bisa menambahkan bahan lain seperti labu dan sayur - sayuran untuk menambah cita rasa.

Setelah bahan campuran tersebut matang, tambahkan santan, sedikit garam dan penyedap rasa. Lalu setelah benar-benar empuk, angkat dan tirisan sebentar hingga kuahnya sedikit meresap ke bahan tersebut.

Jagung bose biasanya disajikan dengan daging. Kamu bisa mencampurkannya saat memasak ataupun menjadikan daging tersebut sebagai taburan.

Ikan Kuah Belimbing

Ikan kuah belimbing merupakan sajian yang segar dan menggugah selera. Biasanya makanan ini menggunakan bahan ikan tongkol yang dimasak seperti sup namun dengan campuran bumbu tersendiri, dilambah irisan belimbing agar menambah kesegaran.

Bumbu dapur yang digunakan untuk memasak ikan kuah belimbing ini terdiri dari kunyit, merica, garam, gula pasir, jahe, bawang merah, bawang putih, cabe keriting, belimbing wuluh, daun bawang, daun jeruk purut dan juga serai.

Ikan kuah belimbing ini cenderung segar asam dengan paduan gurih yang mantap. Biasanya masyarakat menambahkan juga campuran sayur sesuai selera.

Lawar Ikan

Lawar ikan ialah hidangan mirip salad. Ikan kecil yang tak dimasak, namun direndam di air cuka agar bakterinya mati. Ikan segar tersebut dicampur dengan potongan sayur layaknya salad, namun dengan bumbu tertentu.

Biasanya ikan akan dibersihkan dan dipotong-potong sebelum direndam di air cuka dan jeruk nipis hinggaa warnanya menjadi putih susu.

Sambal Teri

Sambal teri ini sebenarnya ialah sambal khas NTT. Namun, karena rasanya yang mantap, kamu bisa menemukannya di tempat lain di Indonesia. Karena sudah banyak daerah yang mengadopsi pembuatan sambal teri ini.

Cara pembuatannya pun cukup mudah, pertama, campur cabai rawit dan cabe merah, tumbuk bersama dengan potongan tomat dan bawang putih serta bawang merah. Selanjutnya, tumis campuran itu bersama dengan ikan teri. Setelah teri matang angkat dan tiriskan. Sebelum disajikan, peras jeruk nipis diatasnya agar memberi sensasi asam dan segar.

Kolo

Kolo ialah hidangan nasi bakar di Nusa Tenggara Timur. Biasanya nasi beserta bahan campuran lainnya dimasukan ke bambu dan ditaruh di bara hingga matang.

Untuk prosesnya, beras dimasukan kedalam bambu muda dengan panjang sekitar 30 cm. Di dalam bambu, beras dicampur dengan air dan bumbu pilihan. Kemudian bambu tersebut ditaruh berdiri di bara api untuk dibakar. Tutup lubang tempat memasukan beras pada bambu dengan daun pisang agar kematangannya sempurna.

Proses membakar bambu diatas bara api ini memakan waktu sekitar setengah jam. Setelah matang, kolo disajikan dengan gulungan daun. Kolo disajikan pada acara adat. Makanan ini sangat cocok disantap dengan lauk apapun.

Se'i Daging

Se'i Daging ini biasanya terbuat dari daging sapi atau babi, tergantung selera. Makanan ini cukup digemari dan dikenal karena rasanya yang nikmat dan dagingnya yang empuk. Hampir semua rumah makan di Nusa Tenggara Timur enyajikan hidangan ini bersama sambal lu'at. Kamu tak perlu khawatir untuk kesulitan menemukan sajian nikmat ini.

Dalam bahasa Pulau Rote, kata se'i sendiri berarti daging tipis yang memanjang. Sesuai namanya, bentuk se'i sapi ini dipotong memanjang dan tipis, sebelum dilakukan proses pengasapan. Se'i sapi sangat mirip dengan smoked beef yang dijual di kota lainnya. Pengasapan menggunakan tanaman kosambi, agar memberikan aroma dan sensasi berbeda jika dibandingkan daging sapi asap biasa.

Nah, Jika kamu berkunjung ke Nusa Tenggara Timur, jangan lupa untuk mencicipi satu-persatu makanan tersebut. Seperti yang sudah dibahas, makanan di atas hampir didominasi oleh olahan bahan ikan dan jagung. Namun NTT juga memiliki olahan daging yang lezat dan khas. Tunggu apalagi, mari coba semuanya. Baca artikel menarik lainnya di Kliknusae.com.

Share this Post:

Berita Terkait

Berita Lainnya