9 Rekomendasi Tempat Bermain Kayak di Indonesia. Menatang namun Pemandangannya Keren!

Kliknusae.com - Kayak adalah olahraga air yang cukup populer di Indonesia. Hal ini tak terlepas dari banyaknya tempat bermain kayak di Indonesia yang sangat populer. Jika kamu gemar bermain kayak, wajib mencoba beberapa spot favorit berikut ini.

Kayak merupakan permainan air yang dimainkan dengan menggunakan perahu khusus yang dikayuh oleh manusia.

Biasanya, perahu kecil yang digunakan memiliki bagian depan dan belakang yang tertutup.

Di Indonesia, terdapat beragam spot bermain kayak mulai dari sungai, danau, hingga pantai.

Sebagai negara maritim yang memiliki banyak wilayah perairan, Indonesia sangat beruntung karena bisa mendapatkan spot bermain kayak dengan mudah di berbagai pelosok negeri.

Jika kamu gemar bermain kayak, wajib kunjungi beberapa tempat bermain kayak terbaik di Indonesia berikut ini.

9 Tempat Bermain Kayak di Indonesia yang Sangat Populer

Sungai Opak

Sungai Opak merupakan tempat bermain kayak di Indonesia favorit pertama yang menawarkan sensasi seru dengan jalur kayak yang memiliki arus cukup ekstrem.

Selain itu, keindahan panorama alam yang menakjubkan dan kehadiran dinding batu di sepanjang tepian sungai akan menambah kenikmatan dan keseruan bermain kayak.

Jika bosan bermain kayak, kamu juga bisa melakukan kegiatan ekstrem lainnya seperti panjat tebing atau lompat dari tebing ke air.

Bahkan, di sini juga terdapat eduwisata setren opak mulai dari susur sungai, spot foto, area bermain anak, dan aneka kuliner khas Yogyakarta.

Batu Lumpang

Batu Lumpang Garden merupakan tempat bermain kayak baru di Pangandaran yang tengah populer belakangan ini.

Kamu akan dibuat takjub oleh tempat ini berkat panorama dan topografi khasnya yang eksotis dan unik khas wilayah Pantai Selatan Jawa Barat.

Di sini tersedia paket bermain kayak dan kano yang disiapkan untuk kamu yang ingin memacu adrenalin menyusuri sungai di sepanjang Batu Lumpang.

Aktivitas kayak semakin seru karena kehadiran arus deras dan arus tenang di beberapa spot sehingga bisa menambah keseruan petualangan.

Beberapa spot di Batu Lumpang pun masih alami dengan suasana alam yang sejuk dan asri tak tersentuh polusi.

Danau Toba

Danau terbesar di Indonesia ini menawarkan ragam kegiatan wisata air, salah satunya yaitu kayak.

Meskipun air danau terlihat tenang, kamu akan merasakan hembusan angin yang cukup menantang saat bermain kayak di Danau Toba. Kamu bisa bermain dengan santai ataupun beradu cepat dengan teman.

Bermain kayak di Danau Toba tidak hanya menjadi aktivitas olahraga, tetapi juga menjadi alat transportasi untuk mengunjungi destinasi lainnya di sekitar danau.

Nusa Lembongan

Nusa Lembongan juga termasuk salah satu tempat bermain kayak di Indonesia yang tak boleh terlewatkan.

Jika kamu berkunjung ke Bali, harus menyempatkan ke Nusa Lembongan yang memiliki panorama pantai yang sangat indah ini.

Selain mencoba sensasi bermain kayak di air laut yang berwarna biru, kamu juga bisa menjelajahi banyak destinasi wisata di Nusa Lembongan.

Setelah bermain kayak di Nusa Lembongan, kamu juga bisa melakukan snorkeling, menyelam, atau berselancar.

Nusa Lembongan memang tidak seramai destinasi wisata Bali lainnya, namun, di sini tersedia fasilitas yang cukup lengkap dan nyaman.

Pantai Sanur

Selain Nusa Lembongan, kamu juga wajib memasukkan Pantai Sanur sebagai tempat bermain kayak favorit di Indonesia yang harus dikunjungi.

Pantai Sanur merupakan dermaga penyeberangan yang akan dituju jika kamu hendak menyebrang ke Pulau Nusa Lembongan.

Hal tersebut membuat kondisi air laut yang ada di Pantai Sanur cukup mirip dengan kondisi air laut di Nusa Lembongan.

Tidak hanya ombaknya yang relatif lebih tenang, Pantai Sanur juga memiliki panorama yang menakjubkan dengan hiasan pasir putih yang indah.

Kamu juga bisa bermain kayak di sini dengan mudah karena tersedia penyewaan peralatan kayak hingga kano di sepanjang Pantai Sanur.

Sungai Asahan

Sungai asahan terletak di Sumatera Utara dan mengalir sepanjang 147 km dengan muara di Selat Malaka.

Selain menjadi salah satu tempat bermain kayak terbaik di Indonesia, Sungai Asahan juga terkenal sebagai lokasi arung jeram favorit.

Hal ini dikarenakan Sungai Asahan termasuk top 3 dunia untuk olahraga arung jeram menyaingi Sungai Zambezi di Afrika Selatan dan Sungai Colorado di Amerika Serikat.

Meskipun memiliki aliran sungai yang deras, Sungai Asahan cukup ramai dikunjungi oleh para wisatawan yang ingin menantang adrenalinnya.

Bagi kamu yang baru pertama kali mencoba bermain kayak, cobalah mencari spot sungai yang tidak terlalu banyak jeram dan cukup tenang aliran sungainya.

Sungai Mahakam

Sungai Mahakam menjadi menjadi tempat bermain kayak favorit di Indonesia berikutnya untuk kamu yang ingin bermain kayak dengan suasana pedalaman yang eksotis.

Bermain kayak di Sungai Mahakam tidak hanya membuat tubuh semakin bugar, tetapi kamu juga bisa merasakan sensasi menarik saat berpetualang melintasi hutan Kalimantan.

Sayangnya, beberapa spot hutan di Kalimantan sudah berkurang keindahannya akibat tergerus oleh proyek tambang.

Meski demikian, kamu tetap bisa menikmati aktivitas kayak yang seru di sini karena aliran sungai Mahakam relatif cukup tenang.

Kepulauan Mentawai

Kepulauan Mentawai sebenarnya terkenal sebagai spot surfing terbaik. Namun, banyak juga wisatawan yang sengaja bermain kayak di sini.

Kamu akan bertemu para petualang dari berbagai negara dan bersama-sama merasakan deburan ombak besar yang menantang di pantai-pantai Mentawai.

Selain ombak yang menantang, panorama alam sekitar juga masih bersih dan alami.

Jadi, selain menantang adrenalin, kamu juga akan dipuaskan oleh panorama alam sekitar yang memanjakan mata.

Raja Ampat

Raja Ampat mungkin bisa disebut sebagai tempat bermain kayak di Indonesia yang sangat sempurna.

Bagaimana tidak, selain jadi tempat terbaik bermain kayak, Raja Ampat juga memiliki panorama alam yang sangat indah dan menakjubkan mata.

Di Raja Ampat terdapat lebih dari 1.500 pulau kecil yang bisa dieksplorasi keindahan alamnya. Kalau perlu, kamu bisa menyambangi beberapa pulau tersebut sambil bermain kayak.

Selain keindahan alam yang menawan, ombak di Raja Ampat cukup menantang. Jadi kamu harus ditemani oleh pemandu agar tetap aman ya.

Semoga ulasan di atas tadi bermanfaat untukmu ya, Sahabat Jalajah!

Share this Post:

Berita Terkait

Berita Lainnya