Rencana Sahrul Memaksimalkan Industri Kreatif, Apa saja?

Kliknusae.com - Wakil Bupati Bandung, Sahrul Gunawan berniat untuk mengakomodir kegiatan anak muda di Kabupaten Bandung. Salah satunya  berencana membangun ruang kreatif.

"Untuk industri kreatif, saat ini memang saya juga sedang mengkaji dan mencoba untuk membuat format yang lebih tepat. Salah satunya adalah membuat ruang-ruang publik, pembangunan pusat kreatif, kita ingin memberikan ruang-ruang kreatif bagi anak-anak muda," kata Sahrul, dilansir Kliknusae.com dari Jabarekspres, belum lama ini.

Menurutnya, UMKM memiliki pengaruh yang cukup besar dalam pergerakan ekonomi sehingga perlu adanya peningkatan peran.

Untuk membangun sentra UMKM, lanjutnya, ia berencana membuat konsep jangka panjang yakni mewujudkan wisata fashion di Kabupaten Bandung.

"Sebanyak 50 persen dari para pedagang yang ada di Pasar Tanah Abang yang berjualan di Senin-Kamis itu berasal dari Soreang dan Majalaya, kenapa tidak kita datangkan orang-orang ke Kabupaten Bandung sehingga harganya lebih murah, kita fasilitasi," ujarnya.

Orang-orang bisa datang ke Kabupaten Bandung, kemudian dengan fasilitas pariwisata yang ada nantinya bisa dikembangkan.

"Insyaallah bisa mensejahterahkan para pelaku usaha yang ada di Kabupaten Bandung dan juga meningkatkan pariwisata," papar Sahrul.

Ia melanjutkan bahwa pemerintah setempat telah melakukan tahap quality control untuk 18 produk UMKM yang dipasarkan di sejumlah minimarket Kabupaten Bandung.

Pihaknya juga melakukan kerjasama dengan mensinergikan antara pelaku ekonomi, UMKM dan juga pemerintah.

"Semoga kedepannya lebih baik lagi," ujarnya.

Selain itu, pihaknya pun akan melakukan studi banding dengan beberapa daerah sekitar Kabupaten Bandung seperti Kota Bandung yang memiliki Bandung Creative Hub.

Nantinya, ia juga akan memaksimalkan peran gedung kesenian misalnya Sabilulungan di Kabupaten Bandung.

"Seperti misalnya Sabilulungan, saya juga pengen ada tempat untuk exhibition di Gedung Munara lantai 1, sudah disiapkan lalu bagaimana forum-forum itu nanti diciptakan dengan kepala dinas terkait. Semoga terwujud semoga bisa ada investornya," papar Sahrul. (JAV)

Share this Post:

Berita Terkait

Berita Lainnya