6 Gunung di Jawa Barat Untuk Pemula

Kliknusae.com - Penggalan lirik lagu "Mendaki gunung lewati lembah.." dalam pembuka serial kartun Ninja Hatori mungkin jadi salah satu motivasi kamu untuk naik gunung.

Banyak yang berpikir mendaki gunung adalah aktifitas berat. Namun janga khawatir, terdapat juga gunung yang cukup mudah untuk didaki.

Di Jawa Barat, terdapat beberapa gunung dengan tingkat kesulitan jalur yang cukup mudah.

Tak seperti trek pendakian gunung yang tinggi, rata-rata gunung ini memiliki ketinggian kurang dari 3000 mdpl.

Penasaran gunung apa saja? Berikut daftar gunung dengan jalur pendakian yang ramah untuk pemula.

Gunung Putri, Lembang (1587 mdpl)

Gunung Putri terletak di Lembang Kabupaten Bandung Barat dengan ketinggian 1587 Mdpl. Gunung ini memiliki jalur pendakian yang sangat mudah, hanya 30 menit kamu sudah sampai ke puncaknya.

Biasanya, para pendaki menyempatkan untuk menikmati sunrise. Terdapat tugu, dan instalasi bintang yang menyala di malam hari.

Ada dua jalur untuk bisa sampai ke puncak. Pertama, dari Pasar Lembang kamu bisa ambil arah ke Tangkuban Perahu, kemudian melewati Masjid Agung Lembang, tidak jauh dari sana terdapat gang dimana plang arah menuju Gunung Putri akan terlihat. Dari gang tersebut, kamu tinggal mengikuti jalan kurang lebih 15 - 20 menit sampai akhirnya bertemu dengan gerbang kawasan Gunung Putri.

Gunung Salak, Bogor (2.211 mdpl)

Gunung ini juga sering dijadikan tujuan mendaki, khususnya pemula. Selain tak terlalu tinggi, trek Gunung Salak ini cukup mudah dan tidak terlalu ekstrim. Meski cukup landai, pemandangannya tak kalah mempesona. Gunung ini berlokasi di kawasan Kabupaten Sukabumi dan juga Kabupaten Bogor.

Gunung Salak memiliki dua puncak. Tujuan puncak yang sering dituju pendaki ialah Puncak Salak II dan Salak I. Untuk menuju puncak II, kau bisa mengambil jalur Curugnangka yakni sisi timur Gunung Salak

Sedangkan Puncak Salak I biasanya didaki dari arah timur. Jalur yang digunakan ialah Cimelati, dekat Cicurug, Sukabumi.

Puncak Salak I dapat juga dituju via Puncak Salak II, yakni melalui jalur Sukamantri, Ciapus. Namun, Jalur ini cukup sulit.

Terdapat juga jalur lain yakni via Cidahu, Sukabumi, atau dari Kawah Ratu, dekat Gunung Bunder.

Puncak Mega, Pangalengan (2223 mdpl)

Untuk ke Puncak Mega kamu harus melalui gunung Puntang di Bandung bagian selatan, tepatnya Pangalengan. Sejak lama, kawasan gunung ini telah dijadikan destinasi wisata. Gunung Puntang yang memiliki ketinggian hingga 2.223 mdpl, kamu harus mendaki gungung puntang terlebih dahulu, sesampainya di puncak, terdapat terusan trek seakan menyeberangi puncak yang lain.

Udara di kawasan Gunung Puntang juga sejuk dan segar. Spot wisatanya terdiri dari bumi perkemahan, kolam cinta, taman bougenville, dan Curug Siliwangi.

Di kawasan ini juga terdapat rumah yang dijadikan lokasi syuting film "Pengabdi Setan" karya Joko Anwar.

Gunung Malabar, Pangalengan (2341 mdpl)

Gunung Malabar memiliki ketinggian sekitar 2.341 mdpl dengan jalur pendakian yang cukup bersahabat. Di puncaknya, kamu akan disuguhi pemandangan yang menakjubkan. Puncak gunung ini jadi yang tertinggi diantara gunung lainnya di daerah pangalengan. Jadi, jika cuaca cerah, kamu bisa memandang Kota Bandung, Gunung Burangrang, Tangkuban Parahu, dan Bukit Tunggul dari puncak Gunung Malabar.

Gunung Papandayan, Garut (2.665 mdpl)

Gunung ini terletak di Garut, sering dijadikan tujuan mendaki untuk pemula. Pasalnya, Gunung Papandayan memiliki ketinggian sekitar 2.665 mdpl. Selain itu, di sini terdapat fasilitas yang cukup lengkap untuk menunjang pendakian. Kamu akan dengan mudah menemukan toilet atau warung.

Meski terhitung landai dan mudah, jangan anggap remeh pemandangan yang bisa dinikmati di Gunung ini. Spot menarik yang ada di sini ialah hutan mati, himpunan pohon mati yang masih berdiri membuat pemandangannya seperti di film.

Gunung Gede, Sukabumi (2.958 mdpl)

Gunung vulkanik ini memiliki ketinggian sekitar 2.958 mdpl. Gunung Gede terletak di perbatasan wilayah Kabupaten Bogor, Cianjur, dan Sukabumi. Untuk sampai ke puncaknya, kau bisa melewati 3 jalur pendakian yaitu jalur Gunung Putri, jalur Cibodas, dan jalur Selabintana.

Untuk pemula, disarankan menggunakan jalur Cibodas karena cukup landai dengan mode trek bebatuan. Di sini terdapat banyak mata air, jadi kamu tak perlu takut kekurangan air. Selain itu, tersedia toilet dan warung di pos Kandang Badak atau di puncak Gunung Gede.

Menuju puncak dan menikmati gemilang cahaya bintang saat malam harinya menjadi pengalaman yang 'mahal' di puncak gunung tersebut.

Karena kamu harus melalui jalur pendakian meski tak se ekstrim gunung lainnya. Sayangnya, Gunung di Jawa Barat saat ini hampir dipenuhi oleh sampah yang dibawa pendaki.

Jika kamu berkesempatan untuk melakukan pendakian, jangan lupa untuk menjaga kebersihan ya! Baca artikel menarik lainnya di Kliknusae.com. (JAV/adh)

Share this Post:

Berita Terkait

Berita Lainnya