Tanjung Lesung, Tempat Tepat Menikmati Indahnya Panorama Laut dan Gunung

Kliknusae.com - Jika kamu pemburu panorama alam yang indah, jangan pernah melewatkan Tanjung Lesung! 

Kawasan ini letaknya di tepi selat Sunda, tepatnya Kabupaten Pandeglang, Banten. Lokasi yang dekat dengan kota-kota besar, Tanjung Lesung akan menjadi destinasi wisata menarik untuk banyak orang, khususnya warga Jakarta.

Berbekal pesona alam yang cantik, kawasan ini memiliki potensi yang besar sebagai salah satu destinasi wisata terbaik di Indonesia.

Banyak pantai yang menawan dapat dimanfaatkan untuk berbagai aktivitas, semisal wisata panorama pantai atau wahana water sport.

Ditambah dukungan fasilitas khususnya penginapan yang memadai, pasti membuat wisatawan bakal ketagihan berkunjung ke Tanjung Lesung.

Ada Apa di Tanjung Lesung?

Selain memiliki pemandangan yang indah, Tanjung Lesung juga merupakan salah satu pintu masuk kawasan Krakatau dan Taman Nasional Ujung Kulon lo!

Jika tertarik berkunjung ke sini, sebaiknya kamu menyiapkan waktu selama beberapa hari.

Pasalnya, kawasan yang luas membuat waktu satu hari tentu tidak akan cukup untuk mengunjungi sejumlah pantai di sini!

Lalu, apa saja yang bisa kita kunjungi di Tanjung Lesung? 

Nah, sejumlah tempat di bawah ini tentu harus masuk dalam wish list liburan kamu!

Kawasan Tanjung Lesung Resort

Kamu bisa mencapai Kawasan Tanjung Lesung Resort dengan menempuh waktu perjalanan selama 30 menit dari Pantai Carita. Soal fasilitas, tenang saja, karena pengelola sudah menjadi semua fasilitas yang kamu butuhkan selama liburan.

Hal pertama yang tidak boleh dilewatkan adalah pasir putih yang lembut dengan pemandangan langit dan pantai yang indah. Untuk menikmati keindahan laut, kamu bisa menikmati fasilitas glass bottom boat.

Selain itu, banyak kegiatan olahraga air yang bisa kamu coba. Beberapa di antaranya adalah banana boat, jetski, sea kayaking, open water diving, dan snorkeling. 

Terakhir, ketika sudah sore hari, kamu bisa menangkap keindahan sunset!

Pantai Bodur

Pantai ini adalah tempat yang pas untuk kamu mengabadikan lingsirnya matahari ke peraduan. Pasir putih lembut dan warna air hijau kebiruan, menjadi daya tarik Pantai Bodur.

Pantai ini juga disebut-sebut sebagai sunset point terindah di Tanjung Lesung.

Kampung Wisata Cipanon

Tidak hanya melihat pemandangan indah, kamu juga bisa belajar melestarikan alam saat berwisata ke Tanjung Lesung. 

Di desa wisata Cipanon, kamu bisa belajar cara menjaga kealamian dan kelangsungan hidup  terumbu karang yang indah.

Pulau Liwungan

Untuk pasangan yang sedang berbulan madu, Pulau Liwungan bisa menjadi lokasi yang tepat. Pulau ini menyediakan panorama yang indah dan tenang.

Belum lagi, pesona bawah laut yang dihiasi terumbuh karang cantik menjadi daya tarik pantai ini.

Wisata Gunung Anak Krakatau

Dunia sudah kenal dengan megahnya Gunung Anak Krakatau. Pada tahun 1883, dunia digelapkan oleh asap hasil ledakan Gunung Anak Krakatau yang terbawa angin. 

Kini, Gunung Anak Krakatau menjadi tujuan wisata yang menantang dan menarik. Untuk menikmati wisata ini, siapkanlah satu hari penuh untuk menghadapi petualangan yang mengasyikan.

Kamu bakal berangkat dari Tanjung Lesung sekira pukul 08.00 WIB dengan menaiki speedboat dan kembali ke titik keberangkatan pada pukul 17.00 WIB.

Taman Nasional Ujung Kulon

Kawasan wisata yang terkenal dengan area konservasi Badak ini, tidak ada duanya di Indonesia.

Panorama alam di kawasan wisata ini masih sangat alami dan dijaga oleh pengelola Taman Nasional Ujung Kulon.

Perjalanan ke Tanjung Lesung dari Jakarta

Jika berangkat dari Jakarta, kamu membutuhkan waktu sekira tiga hingga lima jam. Kamu bisa naik kendaraan pribadi atau angkutan umum semisal bus. 

Namun, hal yang harus diperhatikan adalah lebar jalan menuju kawasan wisata Tanjung Lesung yang lumayan sempit. Maka dari itu, sangat disarankan untuk menggunakan kendaraan berukuran kecil.

Jika menggunakan kendaaan pribadi, ada dua jalur yang bisa ditempuh. Pertama, kamu bisa lewat jalur Jakarta - Tol Merak (keluar Pintu Tol Serang Timur) - Pandeglang - Labuan - Panimbang - Tanjung Lesung.

Sementara, rute yang kedua, kamu bisa melalui Pintu Tol Cilegon - Anyer - Carita - Labuan - Tanjung Lesung.

Jika menggunakan angkutan umum, kamu bisa naik bus dari Terminal Kampung Rambutan, Kalideres, dan Tanjung Priuk. 

Alternatif lainnya, kamu bisa menunggu bus di Slipi Jaya, tepatnya di seberang Rumah Sakit Harapan Kita. Ada dua pilihan bus yang bisa kamu coba jika berangkat dari sini.

Pilihan pertama adalah bus dengan tujuan Merak. Jika menaiki bus ini, turun lah di Terminal Pakupatan Serang. 

Pilihan kedua, carilah bus bernama Asli yang berwarna hijau tua dengan tujuan Labuan. Dari terminal Labuan, kamu bisa melanjutkan perjalanan dengan menaiki Elf Jurusan Labuan - Sumur Batu, lalu turun di Citeureup. Dari citeureup, kamu bisa naik ojek ke kawasan Tanjung Lesung.

Tanjung Lesung memang menjadi kawasan wisata dengan banyak potensi yang bisa dikembangkan. Pantai yang indah, desa wisata yang arif membuat Tanjung Lesung dijadikan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) oleh pemerintah. 

Tujuan penetapan kawasan wisata ini sebagai KEK adalah meningkatkan geliat ekonomi, khususnya sektor pariwisata.

Panorama darat dan laut yang cantik serta wisata edukatif adalah aset kawasan wisata yang terletak di Provinsi Banten ini.

Dengan berkunjung ke sini, kamu tidak hanya bisa menikmati liburan, tetapi juga menghidupkan perekonomian warga lokal. Yuk, liburan ke Tanjung Lesung!

Share this Post:

Berita Lainnya