Rute Perjalanan Menuju Bromo dari Jakarta, Malang, dan Surabaya | Panduan Lengkap

Kliknusae.com - Bromo sudah sejak lama jadi tujuan wisatawan baik lokal maupun mancanegara. Banyak keindahan yang bisa dinikmati dari kawasan Bromo ini. Misalnya melihat sunrise ataupun sunset, hingga menikmati keseruan lava tour menggunakan jeep. Mau tahu cara ke Bromo sendiri?

Banyak pilihan rute dan cara menuju ke Bromo yang bisa kamu pilih. Berikut tips rute menuju Bromo dari Jakarta, Malang, dan Surabaya.

Bagaimana Cara ke Bromo dari Jakarta?

Menggunakan kereta api menuju Bromo mungkin lebih murah dari pada mobil pribadi. Hal ini karena kereta kelas ekonomi sudah lebih baik dan nyaman, serta harga yang terjangkau.

Dari Jakarta kamu bisa naik kereta di Pasar Senen menuju stasiun Malang Kota Baru. Dari Malang bisa juga melanjutkan perjalanan menggunakan travel langsung menuju Bromo.

Selain dari Malang, kamu juga bisa turun di Probolinggo, dengan pindah jurusan. Kemudian lanjutkan perjalanan dengan angkot.

stasiun malang

Selanjutnya jika kamu ke Bromo menggunakan pesawat akan relatif lebih mudah. Ada cukup banyak pesawat yang menuju Surabaya tepatnya, Bandara Juanda. Setelah itu, bisa melanjutkan lewat perjalanan darat menuju Bromo dengan menggunakan angkot atau travel.

Jika kamu naik angkutan umum, bisa menggunakan Damri menuju ke terminal Bungurasih. Setelah itu, kamu bisa cari bus jurusan Banyuwangi atau Jember. Perlu dicatat,  kamu harus konfirmasi ke kondektur untuk turun di Probolinggo. Jelas, keuntungan menggunakan pesawat akan membuat waktu tempuh menjadi lebih singkat, nyaman, dan fleksibel.

Cara Menuju ke Bromo dari Malang

Rute menuju Bromo dari Malang terbilang tidak terlalu populer. Padahal, rute ini memakan waktu tempuh yang cukup singkat.

Dari Malang, kamu hanya perlu menempuh perjalanan kurang lebih 1,5 jam. Namun, kondisi medan jalan dan fasilitasnya memang masih minim.

Penginapan dan hotel jarang ditemui. Selain itu, medan jalan yang menanjak dan kurang mulus, jadi tantangan tersendiri. Sangat tidak disarankan untuk menggunakan motor matic karena jalan cukup licin dan menanjak.

Balai Besar (BB) Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) menghimbau wisatawan untuk tidak mengendarai motor matic melewati jalur Coban Trisula hingga ke Jemplang, Kecamatan Poncokusumo, Kabupaten Malang hingga ke Gunung Bromo.

Imbauan dalam bentuk spanduk tersebut bisa kamu temui di sepanjang perjalanan ke Desa Ngadas, Kecamatan Poncokusumo.

Secara sederhana rute ke Bromo dari Malang yakni: Malang-Tumpang-Gubugklakah-Ngadas-Jemplang-Gunung Bromo, dengan jarak tempuh kurang lebih 53 km.

Meski jalur tanjakannya cukup terjal. Namun, perjalanan menantang tersebut dibayar lunas oleh suguhan alam yang cantik dan memukau.

Selain itu, Gubugklakah merupakan desa kecil penghasil apel. memasuki area ini, pemandangan kebun apel mengantarkan perjalanan menuju Ngadas yang berkelok, menanjak, dan mulai memasuki area hutan. Suasana sejuk dan hamparan hijau pegunungan menggantikan pemandangan perkebunan apel.

Memasuki Desa Ngadas, pemandangan  kebun dan bukit kembali terlihat. Bahkan ada air terjun Coban Pelangi yang sering disinggahi orang-orang.

Setelah itu, kamu akan bertemu dengan pertigaan Jemplang, yang menjadi penentu arah destinasi. Jika mengambil arah lurus, kamu akan menuju Desa Ranu Pani (titik awal pendakian Gunung Semeru), dan jika ke kiri menuju Bromo. Dari Ngadas menuju Pananjakan memakan waktu tempuh sekitar satu jam.

Cara Menuju Bromo dari Surabaya

Rute perjalanan ini terbilang yang paling mudah. Mengingat, Surabaya cukup dekat dengan Bromo.

Dari Surabaya, menuju bromo memakan waktu tempuh 2,5 jam berkendara via tol. Sedangkan jika tanpa melalui tol memakan waktu tempuh perjalanan sekitar 3,5 jam, jika kondisi jalan lancar.

Dari Surabaya ada 2 pintu masuk bromo yang bisa kamu lewati. Pertama, melalui pintu masuk dari desa Tosari Wonokitri Kabupaten Pasuruan. Kedua, lewat Desa Ngadisari Kabupaten Probolinggo.

Cara pergi ke Gunung Bromo yakni dengan menggunakan bus dari terminal Bungurasih tujuan Jember atau Banyuwangi.

Kamu juga perlu konfirmasi kepada kondektur untuk diturunkan di Probolinggo. Dari terminal Probolinggo, kamu harus bergegas mencari angkutan menuju Desa Cemoro Lawang, yakni desa terdekat dengan Gunung Bromo. Dari sana, kamu perlu mencari jasa penyewaan jeep atau ojek motor yang dapat membawamu melalui padang pasir hingga ke parkiran Gunung Bromo.

Bagaimana? apakah kamu sudah menentukan akan ke Bromo menggunakan rute mana? Yang perlu dicatat adalah pentingnya menjaga keselamatan perjalanan. Baik menggunakan kendaraan pribadi atau umum. Sampai bertemu di Bromo ya! Baca artikel menarik lainnya di Kliknusae.com.

Share this Post:

Berita Lainnya