Menjajaki Wisata Alam, Kuliner dan Fashion Kota Kembang dalam 1 Malam | Contoh Itinerary Bandung

Kliknusae.com - Bandung selalu jadi opsi destinasi liburan bagi banyak orang. Banyak sekali pilihan tempat wisata di kota ini. Bingung pilih yang mana? Ikuti dulu panduan membuat itinerary Bandung berikut ini.

Bandung sudah tak asing lagi dijadikan tujuan wisata. Setiap akhir pekan, jalanan Bandung hampir dipadati kendaraan dari luar kota khususnya Jakarta. Ibu Kota Jawa Barat ini pun terkenal mulai dari ragam kuliner lezat, destinasi wisata hingga fashion. Saking banyaknya, mungkin kamu bingung untuk memilih daftar tujuan wisata di kota ini.

Berikut panduan liburan di Kota Bandung, mulai dari destinasi wisata alam, tempat kuliner, dan lainnya.

Contoh Itinerary Bandung 1 Hari

Jika kamu hanya memiliki waktu satu hari berlibur di kota kembang ini, jangan khawatir liburanmu tidak berkesan. Sesampainya di Bandung di pagi hari, kamu mesti lapar dan butuh sarapan.

Ya! banyak sekali jajanan hingga makanan berat yang enak di Bandung. Kamu bisa sarapan di Roti Bakar Gempol.

Toko ini berdiri sejak tahun 1958, lokasinya di daerah Gempol yang merupakan pusat kuliner tradisional. Roti Gempol sendiri tempatnya sederhana, dengan tempat pembakaran roti di bagian depan.

Sofa panjang dengan beberapa meja bundar untuk dine in ada di sisi kiri. Kamu bisa pesan roti gandum atau roti tawar dengan berbagai rasa. Harganya mulai dari Rp10 ribu tergantung porsi dan rasa yang dipilih.

Setelah sarapan kamu langsung bisa berangkat menuju Taman Hutan Raya yang terletak di kawasan Dago Pakar, membentang hingga Maribaya. Di tempat yang merupakan taman hutan raya pertama di Indonesia kamu bisa bersantai, menikmati udara yang sejuk sambil belajar mengenal beragam jenis tanaman.

Ada sekitar 2500 jenis tanaman di sini. Selain itu di taman hutan raya terdapat air terjun dan goa sebagai daya tarik utama destinasi tersebut.

Memasuki jam makan siang, kamu bisa pergi ke The Lodge Maribaya. Tempat ini sebenarnya juga merupakan tempat wisata, jadi setelah menyantap makan siang yang lezat kamu bisa sekalian menikmati objek wisata ini.

Setelah makan dan bersantai di The Lodge Maribaya, kamu bisa berburu pakaian di Rumah Mode. Terletak di jalan Setiabudi Bandung, tempat ini tidak pernah sepi pengunjung.

Rumah mode menyediakan berbagai barang sisa ekspor dengan harga relatif murah seperti pakaian, sepatu, tas, aksesoris dan lainnya. Di Rumah mode juga ada tempat makan, kamu bisa isi perut sebelum melakukan perjalanan pulang.

Contoh Itinerary Bandung 2 Hari 1 Malam

Untuk kamu yang memiliki waktu 2 hari berlibur ke Bandung, setibanya di kota ini disarankan kamu langsung booking hotel. Berada dekat dengan jalan tol Pasteur, kamu bisa menginap di Hotel Sari Ater Kamboti, tepatnya Jl. Lemah Nendeut No. 7.

hotel sari ater kamboti

Suasana di sekitar hotel sangat sejuk, lalu ada taman Malabar untuk kamu bersantai sebelum berangkat ke destinasi wisata. Kamu juga bisa sekaligus makan siang di sini, karena tersedia juga menu makanan yang lezat.

Setelah menyantap makan siang, kamu bisa berkunjung ke Saung Angklung Udjo, Tempat wisata budaya dan edukasi ini berada di Padasuka Bandung.

Di sini kamu bisa menikmati sajian budaya tradisional sunda. Cocok untuk wisata keluarga di Bandung. Saung Angklung Udjo bisa dikatakan salah satu tujuan wisata kota Bandung yang unik, dan direkomendasikan.

Setelah itu, kamu bisa menikmati sunset sambil menunggu waktu makan malam di Bukit Moko. Berada di ketinggian 1500 mdpl kamu bisa melihat panorama keindahan alam sekitar.

Di sini juga ada Warung Daweung, kamu bisa pesan makanan sambil menikmati pemandangan. Setelah makan kamu bisa pulang ke hotel untuk istirahat.

Hari kedua, setelah sarapan kamu bisa langsung berkunjung ke Lembang Park and Zoo yang terletak di Jalan Kolonel Masturi nomor 171, Sukajaya, Lembang. Kamu bisa berkuda atau melihat beragam satwa.

Sebelum perjalanan pulang, kamu bisa makan di Paskal Food Market, tempat makan ini tak hanya memiliki cita rasa yang enak namun juga memiliki 100 pejual makanan.

Contoh Itinerary Bandung 3 Hari 2 Malam

Jika kamu punya waktu liburan selama tiga hari, sesampainya di Bandung kamu bisa pilih hotel Janevalla Bandung. Setelah beristirahat sejenak kamu bisa langsung bersiap untuk menuju ke Bandung selatan tepatnya Ciwidey.

Glamping Lakeside di Rancabali adalah salah satu tujuan utama wisata di Bandung selatan. Dengan restoran berbentuk perahu yang besar berada di pinggir situ Patenggang. Kamu bisa seharian bermain di sini, karena banyak sekali fasilitas wisata, seperti off road, atau golesat.

museum geologi bandung

Hari kedua kamu bisa mengunjungi tempat wisata yang tidak jauh dari pusat kota. Misalnya, Museum Geologi, tempat wisata edukasi ini terletak di jalan Diponegoro, sangat dekat dengan Gedung Sate dan Taman Lansia. Museum ini memiliki koleksi fosil, bebatuan, mineral dan peta (geologi, geofisika, gunung api, geomorfologi, dsb).

Setelah itu kamu bisa berkunjung ke salah satu tempat wisata terdekat dari pusat kota. Berlokasi di kawasan Dago Giri, tempat wisata keluarga di Bandung ini termasuk salah satu yang favorit dikunjungi.

Sebelum beranjak ke hotel, kamu bisa berburu kuliner di Chinatown Bandung. Selain spot jalan-jalan dan foto, di sana ada berbagai macam kuliner.

Di hari terakhir kamu bisa mampir dan nongkrong di Jalan Braga. Selain makanan dan tempat ngopi, kamu bisa jajan aneka kue di toko roti yang melegenda di Bandung sambil beli oleh-oleh.

Sebenarnya, tidak cukup satu minggu untuk menjajaki tempat wisata di kota Bandung. Mulai dari wisata alam, edukasi, dan hiburan lainnya. Jika minggu ini kamu tidak punya waktu yang cukup, bisa mampir lagi pekan depan. Baca artikel menarik lainnya di kliknusae.com.

Share this Post:

Berita Terkait

Berita Lainnya