Ini Dia Oleh Oleh Khas Bromo yang Enak & Tak Boleh Dilewatkan

Kliknusae.com - Berwisata ke kawasan Bromo akan sangat disayangkan jika kamu tidak bawa oleh-oleh untuk kerabat, keluarga dan lainnya. Kamu bisa membeli oleh oleh khas Bromo berupa makanan hingga hiasan. Mau tahu apa saja?

Kawasan Bromo memiliki letak yang meliputi empat kabupaten yakni Kabupaten Probolinggo, Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Lumajang, dan Kabupaten Malang. Bromo tak hanya menyajikan panorama alam yang memanjakan mata. Tapi juga kuliner dan oleh-oleh yang bisa kamu bawa pulang!

Berikut daftarnya!

Nasi Aron

Nasi Aron Ialah makanan khas warga Tengger. Bahan dasarnya yakni jagung putih yang hanya bisa dijumpai di lereng gunung Bromo.

Nasi aron disajikan dengan sayur daun ranti, tahu, campuran kentang dengan tahu, tempe, dan ikan laut. Tak ketinggalan sambal terasi yang menggugah selera.

Nasi aron memiliki rasa yang cenderung lebih gurih dan juga mengenyangkan jika dibandingkan dengan nasi biasa. Jika kamu tahu cara menyimpannya sajian ini bisa tahan hingga satu minggu.

Namun, nasi aron di kawasan wisata Gunung Bromo sudah jarang ditemukan di warung-warung terdekat dengan obyek wisata tersebut.

Minuman Pokak

Minuman khas Probolinggo ini terbuat dari aneka rempah. Dahulu, pokak sering dijadikan suguhan wajib ketika hari raya di Probolinggo. Saat ini minuman khas tersebut dapat dinikati kapan saja, tak perlu menunggu hari raya. Minuman ini sudah dikembangkan menjadi minuman instan dan jadi salah satu oleh-oleh khas dari Probolinggo yang cukup banyak peminatnya.

Ada dua macam varian bentuk dari minuman ini. Pertama, sirup pokak yang berbahan gula, jahe, pandan wangi, kayu manis, sereh, jeruk purut, dan cengkeh. Kedua, serbuk pokak yang dibuat dari gula putih, gula merah, keningar, jahe, cengkeh, kapulogo, sere, dan daun jeruk purut.

Minuman pokak ini enak disajikan secara panas atau dingin. Namun kebanyakan orag menyajikannya dengan air hangat karena cuaca di sekitar Bromo sangat dingin. Sangat pas karena minuman pokak rasanya pedas dan hangat layaknya minuman jahe namun dengan tambahan berbagai rempah.

Memiliki sensasi hangat di tubuh, minuman ini cocok untuk menghilangkan rasa kedinginan. Sirup pokak juga dipercaya dapat mengobati flu, meredakan batuk serta masuk angin. Untuk kamu yang doyan jamu, sangat disarankan untuk mencoba minuman ini.

Bawang Merah

Kabupaten Probolinggo merupakan salah satu sentra penghasil bawang merah di pulau Jawa. Hal ini terjadi karena kabupaten Probolinggo memiliki areal tanam bawang yang amat luas.

Bawang merah Probolinggo dikenal lebih pedas dan mengkilap dibandingkan bawang merah dari daerah lain. karenanya bawang merah Probolinggo jadi favorit wisatawan khususnya pecinta olahan bawang.

Ada tiga macam jenis olahan bawang merah dari Probolinggo. Yakni bawang merah mentah, bawang merah goreng, dan sambal bawang merah. Jika kamu berniat untuk membeli bawang merah mentah, bisa menemukannya di pasar bawang Probolinggo. Letaknya berada di jalur pantura, tepatnya di wilayah kecamatan Dringu, sebelah timur kota Probolinggo.

Jika kamu menginginkan oleh-oleh yang praktis, pengunjung bisa membeli bawang merah goreng dan sambal bawang merah. Keduanya telah dikemas dan siap untuk dibawa pulang sebagai oleh-oleh khas Probolinggo.

Untuk jenis bawang goreng, ada dua varian, yakni bawang merah goreng original dan dan bawang merah goreng dengan beragam rasa. Untuk bawang goreng original yakni bawang merah goreng yang biasanya digunakan untuk hiasan aneka masakan. Sedangkan kategori aneka rasa adalah bawang merah yang digoreng lalu diberi bumbu. Keduanya cocok untuk teman makan kamu, pasti lebih nikmat!

Sawut Kabut Bromo

Lezatnya rasa sawut kabut bromo sudah menyebar hingga mancanegara. Makanan ini berbahan dasar singkong yang diserawut dan dibentuk serupa gunung.

Bentuknya kerucut ataupun gumpalan-gumpalan kecil. Sawut di daerah di Bromo memiliki cita rasa yang berbeda tergantung dengan jenis ubi yang digunakan.

Sawut kabut bromo ditaburi dengan merbei hitam, mutiara merah dan juga irisan daun pandan. Hasilnya makanan ini tercium lebih sedap dan lebih cantik saat dipandang.

Untuk mendapatkan makanan ini caranya cukup mudah, kamu hanya tinggal mencarinya di toko yang menjual oleh-oleh maupun jajanan di sekitar Kabupaten Probolinggo. Makanan ini sudah menjadi makanan yang identik bagi masyarakat Suku Tengger di kawasan Gunung Bromo.

Keripik Kentang Cap Macan

Jajanan berikutnya adalah Keripik Kentang Cap Macan. Cemilan ini memiliki rasa yang berbeda dengan keripik kentang biasanya.

Bahan utamanya bukan kentang yang biasa kita jumpai, melainkan dari jenis umbi-umbian bernama gadung. Di beberapa daerah keripik ini bernama keripik gadung.

Abon Kluwih

Abon adalah olahan daging yang disuwir hingga bentuknya menyerupai serabut atau kapas. Daging yang biasa digunakan yakni sapi dan ayam. Abon Probolinggo tak hanya menyajikan bahan dasar sapi dan ayam, melainkan juga berbagai ikan laut dan kluwih.

Biasanya ikan laut yang digunakan sebagai bahan dasar abon adalah ikan tongkol dan tuna. Sedangkan abon kluwih berbahan dasar buah kluwih.

Buah kluwih tampak mirip buah sukun atau nangka. Biasanya, daging buah kluwih digunakan untuk sayur, sama seperti buah nangka muda. Karena berbahan dasar nabati, abon kluwih sangat ramah bagi vegetarian yang ingin merasakan cita rasa abon.

Bagaimana?

Jika kamu mengunjungi kawasan destinasi ini, bisa mencari oleh oleh khas Bromo yang sayang jika dilewatkan. Di sekitaran kawasan Bromo yang meliputi beberap kabupaten, kamu akan menjumpai ragam oleh-oleh khas yang lezat.

Semoga artikel ini bermanfaat ya. Baca artikel enarik lainnya di Kliknusae.com. (JV/TSS)

Share this Post:

Berita Lainnya