Heni Smith: Pariwisata Jawa Barat Harus Bangkit Lebih Cepat

BANDUNG, Kliknusae.com - Ketua DPD Perhimpunan Usaha Taman Rekreasi Indonesia (PUTRI) Jawa Barat Heni Smith menginginkan sektor pariwisata di Jawa Barat bangkit lebih cepat. Untuk itu dibutuhkan kolaborasi yang kuat dari semua stakeholder.

" Tentu saja tidak hanya dari  pemerintah daerah, tetapi kami juga memerlukan dukungan dari semua elemen, termasuk kalangan perbankan. Support ini penting supaya pemulihan ekonomi ditengah pandemi tidak semakin terpuruk," kata Heni saat membuka acara temu pengurus DPD PUTRI Jabar periode  2021-2025 di Herbal House Cafe Jalan Sumur Bandung No 7, Dago Kota Bandung, Selasa (30/3/2021).

Hadir dalam pertemuan tersebut Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jawa Barat Dedi Taufik, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Bandung Kenny Dewi Kaniasari, Ketua Gabungan Industri Pariwisata Indonesia (GIPI) Jawa Barat Herman Muchtar, Vice President International Council on Monuments and Sites Indonesia (ICOMOS), Dicky Soeria Atmadja dan seluruh jajaran pengurus PUTRI Jabar.

Acara yang berlangsung dengan tetap menerapkan protokol kesehatan ini dikemas lebih kasual dengan menghadirkan live musik dan dinner sehingga lebih mengakrabkan suasana.

Selain memperkenalkan pengurus DPD PUTRI Jabar, dalam kesempatan tersebut juga diisi dengan diskusi soal perkembangan pariwisata terkini di Jawa Barat.

Menurut Heni-yang merupakan owner The Lodge Group, tercatat hampir 300 destinasi yang tersebar di berbagai daerah. Oleh sebab itu, pihaknya dalam waktu dekat akan menginventarisir kembali objek wisata yanga ada.

"Kalau melihat pertumbuhan cukup pesat ya. Belum lagi desa-desa wisata yang saat ini mulai bermunculan. Ini tentu juga harus dipetakan agar tidak mengganggu ekosistem juga," lanjutnya.

Ia mencontohkan, jika dalam satu daerah sudah memiliki objek wisata maka dalam radius tertentu harus dilakukan penataan yang lebih baik.

" Jangan misalnya, sudah ada air terjun, tiba-tiba di depannya dibangun gedung atau property lainnya. Ini bisa menutupi objek itu sendiri sehingga menghilangkan esensi wisatanya itu sendiri," tambah Heni.

Heni juga  menekankan terkait solusi percepatan pemulihan pariwisata melalui pentingnya penerapan kesehatan di tempat wisata dan akomodasi.

" Sejalan dengan inisiatif Kementerian Pariiwsata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), kami memastikan  tempat wisata menjalani atau menerapkan protokol kesehatan, dan sebagian besar kami sudah melakukan hal itu," tandasnya.

Berikut kepengurusan DPD PUTRI Jawa Barat Periode 2021-2025:

Ketua Umum     : Heni Smith (Owner, The Lodge Group)

Ketua I                : Herie Hermanie (Owner, Sari Ater)

Ketua II               : Nana Mulyana (Owner, Kampung Karuhun)

Ketua III              : Robby Tjahjadi (Owner Sapu Lidi, Imah Seniman)

Ketua IV              : Shobirin F Hamid (Direktur, PT Jaswita)

Ketua V               : Faisal Kasim (Ketua Sekolah Tinggi Pariwisata Bandung)

Sekretaris I         : Taufik Hidayat Udjo (Owner Saung Angklung Udjo)

Sekretaris II       : Adhi S Wijaya (Sari Ater Group)

Bendaraha I       : Rubyanto Halim (Owner Sarae Hill)

Bendara II          : Junjun S Herman (The Lodge Group)

Bidang-bidang:

Organisasi                        :  Yulianto Hardjoutomo, Tania

Keanggotaan                   :  Dudi Syarief, Intania Setiati

Advokasi                          :  Deni Yustiana

Humas                             :  Sulhan Syafe'I

Seni & Budaya                :  Tata Hendayana

Pengembangan               :  Bonni Irawan

Pemasaran                      :  Opik Taufiq Maulana

Promosi              :             : Daniel Guna Nugraha

Pendidikan                       : Haryadi

Pelatihan                          : Ade Mardiah

Sertifikasi                         : Siryanto Sugito

(adh)

 

Share this Post:

Berita Terkait

Berita Lainnya