8 Pantai di Garut yang Wajib Dikunjungi. Pesonanya Begitu Memukau!

Kliknusae.com - Pantai masih jadi destinasi favorit pilihan orang-orang. Indonesia pun memiliki banyak pantai yang indah. Pantai di Garut pun termasuk salah satunya.

Garut dijuluki sebagai Swiss Van Java yang dalam bahasa berarti Swissnya pulau Jawa. Beragam destinasi ada di sini, mulai dari wisata alam, kuliner bahkan budaya. Oh iya, kota ini punya produk cokelat unggulan yang sudah melanglangbuana, lo!

Selain Wisata pantai di Garut wajib kamu kunjungi. Bila perlu, kamu bisa sambangi satu persatu. Deburan ombak yang bikin suasana nyaman. Belum lagi, pasir pantai yang lembut menjadi salah satu daya tarik di beberapa pantai berikut. Untuk kamu yang sedang bingung mencari destinasi wisata pantai di Garut, berikut daftarnya.

Pantai Cijayana

Pantai ini dangat unik, tiap tahunnya masyarakat melakukan upasara nyalawena. Menangkap ikan di sungai menuju muara secara bersama-sama. Nantinya, ikan yang sudah ditangkap akan dijual atau disantap bersama.

Lokasi wisata ini berada di Desa Cijayana, agak jauh dari pusat kota Garut. Di sini kamu bisa menikmati pemandangan indah dan ombak pantai yang tinggi.

Pantai Gunung Geder

Di pantai ini, kamu akan disajikan dengan birunya air laut dan keindahan ombak yang menggulung. Belum lagi, semilir angin pantai di siang hari akan membuatmu tak ingin pulang!

Pantai ini memang tidak sepopuler pantai lainnya di Garut. Sebelumnya pantai ini pernah dikelola hingga akhirnya terbengkalai. Terdapat beberapa gazebo untuk pengunjung yang bersantai di pantai Gunung Geder.

Namun, akses jalan menuju pantai ini agak sulit. Berada di Cijambe, Kec. Cikelet, Kab. Garut kamu bisa lewat Trans Jabar Selatan.

Pantai Cijeruk

Pantai yang berada di Sancang, Kec. Cibalong, Kab. Garut ini cocok jadi tempat untuk menenangkan pikiran. Suasana yang nyaman membuat kamu betah berlama-lama di sini. Uniknya, pantai ini memiliki warna yang cukup beragam, yakni biru, hijau dan kecoklatan. hal ini terjadi karena warna biru berasal dari laut itu sendiri, sedangkan warna hijau berasal dari air sungai yang menuju ke laut tersebut.

Pantai Cicalobak

Dari Bandung menuju pantai ini memerlukan waktu tempuh 4 jam perjalanan. Pantai Cicalobak memiliki air yang biru, lalu dihiasi oleh bukit yang indah. Selain berfoto, kamu juga bisa menikmati pemandangan sunset di pinggir pantai.

Pantai ini belum dikelola secara resmi oleh masyarakat maupun pemerintah. Pengunjung bisa bebas mengunjungi pantai ini, dengan catatan tidak melangar aturan yang ada di sana. Suasananya cukup tenang dan sepi, cocok untuk kamu yang ingin mencoba yoga di pantai.

Pantai Karang Paranje

Terletak di Karyasari, Kec. Cibalong, Kab. Garut, pantai ini cenderung ramai pengunjung. Pantai yang terletak di Karyasari ini menawarkan keindahan pemandangan pantai.

Ditambah batu karang besar, membuat pantai Karang Paranje semakin cantik. Lalu ada gazebo yang dibangun di sekitar pantai untuk para pengunjung agar lebih mudah duduk sambil menikmati pemandangan.

jika kamu berangkat dari Jakarta, akan menempuh perjalanan selama 7 jam. Kamu tidak akan menyesal berkunjung ke pantai ini, pemandangan yang ditawarkan sesuai ekspektasi kamu.

Pantai Manalusu

Lagi-lagi, pantai ini memiliki suasana tenang dan nyaman. Terletak di Cigadog, Kec.Cikelet, Kab. Garut, Pantai Manalusu cenderung sepi karena jaraknya cukup jauh dari pusat kota. Dari kota Garut, perjalan menuju kesini menempuh waktu sekitar 4 jam. Sesuai namanya, pantai ini ditemuan oleh Karl Manasulu.

Disini kamu akan melihat pemandangan yang tak kalah indah dari pantai lain. Antara lain batu karang yang dihiasi lumut, bentangan pohon kelapa di pinggir pantai membuat suasana semakin sejuk. Selain menikmati pemandangan, kamu bisa berenang di pantai atau sekedar mencari ikan di antara batu karang.

Pantai Puncak Guha

Terletak di Sinarjaya, Kec. Bungbulang, Kab. Garut, pantai ini terkenal karena jadi salah satu latar dalam novel Dee Lestari berjudul "Perahu Kertas". Di sini kamu akan melihat pemandangan unik, terdapat tebing yang langsung menempel pad sisi pantai. Pantai ini diberi nama Puncak Gua karena kamu akan melihat sejumlah gua.

Untuk masuk ke kawasan pantai, kamu cukup membaya sekitar Rp5 ribu. Untuk sampai kesini, kamu harus menuruni bukit yang curam. Sesampainya di sini kamu bisa bermain air, menikmati sunset, berjemur dan berfoto selfie.

Pantai Santolo

Terletak di Pamalayan, Kec. Cikelet, Kab. Garut, Pantai Santolo adalah salah satu pantai yang terkenal. Fasilitas di kawasan ini cukup lengkap. Hampir setiap harinya, pantai ini ramai pengunjung. Dari pusat kota Garut, kamu akan menempuh 4 jam perjalanan.

Meski terkesan jauh, kamu tidak akan menyesal karena di pantai ini kamu bisa melakukan banyak hal. Misalnya berenang di pantai, memancing ikan, banana boat, hingga hotel dan restoran.

Bagaimana? kamu setuju bukan jika pantai di Garut memiliki keindahan yang menakjubkan. Kamu dianjurkan untuk berlibur panjang dan mengunjungi pantai tersebut satu persatu.

Beberapa pantai masih sepi dan cenderung tanpa pengelola, yang artinya kamu bisa bebas mengunjunginya. Warga sekitar juga menjadikan pantai sebagai ruang hidup. Maka dari itu, hal yang perlu kamu catat, kelestarian alam di pantai harus dijaga dengan seksama.

Baca artikel menarik lainnya di Kliknusae.com, yuk!

Share this Post:

Berita Lainnya

E-Magazine Nusae