Hasil Survei Agoda, Tahun 2021 Wisatawan Pilih Ke Alam

Kliknusae.com  - Memasuki tahun 2021, perilaku wisatawan ikut berubah. Sebuah survei yang dilakukan oleh Agoda terhadap 16.064 responden secara daring menunjukkan, masyarakat ingin bepergian tanpa hambatan.

Adapun, survei dilakukan dengan mengambil responden dari sejumlah negara yang dilakukan pada periode 10-16 Desember 2020.

"Riset kami menunjukkan bahwa ada keinginan masyarakat dunia untuk melakukan perjalanan, berhubungan, menemukan makna, dan menghabiskan waktu dengan teman dan keluarga," kata Vice President Corporate Development Agoda, Tim Hughes, seperti dilansir Kompas.com terima, Senin (11/1/2021).

Berikut perilaku wisatawan pada 2021:

1.Ingin bepergian tanpa hambatan

Hughes mengatakan, masyarakat pada akhirnya akan kembali melakukan perjalanan karena keinginan manusia untuk bepergian tidak dapat dihentikan.

"Riset kami mendukung hal ini dan mengonfirmasi bahwa melakukan perjalanan adalah salah satu hal yang paling dinantikan di tahun 2021," sambungnya.

Dalam keinginan melakukan perjalanan tanpa hambatan, 24 persen responden yang menyatakan hal tersebut berasal dari Singapura, Korea Selatan, dan Jepang.

Persentase tersebut berasal dari responden berusia 55 tahun ke atas. Dari Indonesia sendiri, sebanyak 13 persen responden juga ingin bepergian tanpa hambatan.

2. Liburan bersama teman dan keluarga

Selanjutnya, para responden juga menantikan untuk menghabiskan lebih banyak waktu berkualitas bersama orang terdekat mereka.

Adapun, mereka yang memilih pilihan tersebut berada pada rentan usia 25-54 tahun. Mereka ingin memiliki lebih banyak waktu berkualitas bersama keluarga dan teman-teman.

Seluruh responden yang ingin menghabiskan waktu yang berkualitas berasal dari Inggris, Thailand, Ameriksa Serikat, Filipina, Malaysia, dan China.

Dari 40 persen responden asal Indonesia, mereka menyatakan bahwa mereka ingin lebih sering berwisata dengan teman atau keluarga.

3. Semakin dekat dengan alam

Selain ingin bepergian tanpa hambatan dan menghabiskan waktu bersama teman dan keluarga, ada juga responden yang paling menantikan melakukan kegiatan luar ruangan.

Keinginan untuk semakin dekat dengan alam dan melakukan kegiatan luar ruangan adalah yang paling dinantikan kedua bagi responden Thailand, dan ketiga bagi responden dari Jepang.

4. Melakukan perjalanan spontan

Responden dari Inggris dan Taiwan dinyatakan lebih ingin berpetualang dan berkomitmen untuk melakukan lebih banyak perjalanan spontan.

Perjalanan wisata yang lebih spontan merupakan pilihan populer ketiga di semua kelompok umur. Namun, mereka yang berusia 18-24 tahun menempatinya di nomor dua dan kelompok usia 45-54 tahun menempatkannya di nomor empat.

5.Liburan dengan lebih santai

Responden dari Jepang ingin berwisata dengan lebih santai. Sama halnya dengan mereka yang berasal dari Negeri Sakura, pilihan ini merupakan komitmen perjalanan yang paling populer kedua bagi responden dan Singapura dan Malaysia.

Berwisata dengan lebih santai merupakan prioritas kedua bagi reponden berusia 55 tahun ke atas.

6.Liburan sambil perhatikan lingkungan

Bagi responden dari Vietnam, Korea Selatan, Filipina, Thailand, dan Indonesia, mereka lebih memilih untuk melakukan perjalanan dengan lebih memperhatikan lingkungan.

"Komitmen untuk membuat pilihan perjalanan yang lebih ramah lingkungan adalah prioritas kedua di negara-negara tersebut," seperti yang tertera dalam data yang diberikan oleh Agoda.

Responden yang berada dalam kelompok usia 25-34, 35-44, 45-54 tahun lebih ingin melakukan perjalanan yang ramah lingkungan.

Dari Indonesia sendiri, sebanyak 22 persen responden menyatakan bahwa mereka memilih perjalanan yang lebih ramah lingkungan.

7. Lebih mendukung destinasi wisata anti-mainstream

Sebanyak 16 persen responden dari Indonesia, 14 persen responden dariThailand, dan 13 persen responden dari Jepang berkomitmen untuk dengan sadar mendukung destinasi wisata anti-mainstream atau tidak terlalu touristy.

Dari 16 persen responden asal Indonesia, mereka dengan sadar juga ingin mendukung destinasi anti-mainstream.

8. Hadir dalam acara berskala besar

Sebanyak 8 persen responden dari Amerika Serikat, 8 persen responden dari Inggris, dan 7 persen responden dari Jepang sangat menantikan untuk hadir dalam acara berskala besar.

Tidak hanya menonton pertandingan, namun mereka juga menantikan untuk hadir dalam acara besar lainnya secara langsung.

Namun menonton pertandingan atau hadir dalam acara besar lainnya secara langsung merupakan poin yang tidak populer bagi responden lain kecuali responden dari tiga negara yang disebutkan sebelumnya. (*)

Sumber: Kompas

Share this Post:

Berita Terkait

Berita Lainnya