Trump Kalah, Bagaimana Nasib Proyek Destinasi "Lido Park" Bogor

Kliknusae.com - Kekalahan Donald Trump dalam pemilihan presiden (Pilpres) Amerika Serikat tahun 2020 akankah mempengaruhi mega proyek di Lido, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Pertanyaan ini sempat muncul, meski sejauh ini Trump Residences Indonesia belum memberikan tanda-tanda lempar "handuk putih".

Yang jelas proyek kolaborasi dengan MNC Land di bawah naungan Hary Tanoesoedibjo ini terus berjalan untuk mewujudkan  theme park terbesar di Asia Tenggara.

Nama Trump sebelum masuk Gedung Putih sudah tersohor sebagai miliarder sekaligus pengusaha di bidang real estate, olahraga, dan hiburan. Dia adalah pemilik utama dari Trump Organization yang bermarkas di Kota New York.

Dalam perjalananya, di Asia tenggara bisnis Trump  juga tiba  ke Indonesia. Ia memiliki bisnis properti mewah bernama Trump Residences di dua kawasan dan menggandeng perusahaan MNC Land.

Trump Residences merupakan resor dan hunian ultra mewah yang terintegrasi pertama di Indonesia. Proyek unggulan ini dihadirkan di dua lokasi, yakni Lido, Jawa Barat dan Bali.

Trump Residences Lido dikembangkan di area seluas 350 hektar. Resor elit itu berlokasi dekat dengan Jakarta dan dapat diakses langsung melalui Tol Bocimi (Bogor-Ciawi-Sukabumi) hanya dalam waktu satu jam.

Di daerah ini, terdapat Trump Golf Club elite yang dibangun dalam skala besar, sekitar 30 ribu meter persegi. Club house ini memiliki toko golf, suite VIP, suite pendiri, ruang loker, dan masih banyak lagi.

Selain lapangan golf, properti ini juga dilengkapi dengan restoran, bar, lounge dan bar khusus anggota, serta ruang makan pribadi yang mewah.

Dari sisi ketersediaan lahan, Lido Bogor memang masih memungkinkan untuk membangun proyek berkapasitas besar.

Akses jalan yang mudah memang penting guna mendukung kawasan yang tengah dikembangkan.

Tahun ini  MNC Land secara berkelanjutan melakukan pengembangan infrastruktur menuju Lido Bogor untuk meningkatkan daya tarik Lido City.

Akses jalan yang mudah memang penting guna mendukung kawasan yang tengah dikembangkan.

Pada tahap awal ini MNC Land akan melakukan pembangunan Trump International Resort, Golf Club, dan Residence Lido mulai dari tiang pancang, presales penjualan golf membership, dan presales vila. Pada tahun ini pula proses desain dan pemilihan ide untuk MNC Park ditetapkan.

Theme park internasional pertama di Indonesia yang digadang-gadang sekelas dengan Disney Land dan bahkan melampaui Universal Studio, rencananya akan beroperasi pada 2023.

Direktur MNC Land Erwin Richard Andersen mengatakan, pihaknya memiliki lahan seluas 3.000 ha untuk mengembangkan  Lido City dengan proyeksi dana pengembangan senilai US$2 miliar atau setara Rp24 triliun.

Lido Bogor ini akan mengusung konsep kota pintar sekaligus kota liburan. Untuk tahap pertama, luas area yang dibangun akan mencapai 700 ha yang terdiri dari resort mewah, lapangan golf & club standar internasional, residensial dan theme park kelas dunia pertama.

MNC Land sendiri juga telah merenovasi hotel di Lido Lake Resort yang berada di atas lahan seluas 3,3 ha dengan total 101 kamar. Lido Lake Resort didirikan pada zaman kolonial Belanja pada 1939.

Sebelum pandemic terjadi,  okupansi hotel di Lido Lake Resort rata-rata mencapai 50%. Sampai saat ini, lahan yang sudah dikembangkan di Lido mencapai 400 ha, terdiri dari lapangan golf 90 ha, main road 4 km, jalan lingkungan 6 km, lahan yang sudah dibangun 150 ha termasuk dengan theme park.  Proyek tersebut saat ini hampir mendekati 500 ha yang sudah dibangun. (*/adh)

Share this Post:

Berita Terkait

Berita Lainnya