WHO Rekomendasikan Orang Tua Saja yang Divaksin

Kliknusae.com - Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) merekomendasikan agar orang tua saja yang diberikan vaksin. Sementara  orang muda yang sehat harus menunggu 2022 untuk bisa mendapatka vaksin corona.

Kepala ilmuwan WHO, Soumya Swaminathan mengatakan hal ini dilakukan karena imunisasi akan diprioritaskan bagi orang tua dan kelompok rentan lainnya terlebih dahulu.

Petugas kesehatan, pekerja garda terdepan, dan orang tua kemungkinan akan ditawari vaksin Corona terlebih dahulu, meskipun rincian siapa saja yang menjadi prioritas masih dirampungkan oleh WHO.

Terlebih hingga kini belum ada satupun vaksin Corona yang dianggap aman dan efektif oleh WHO, Uni Eropa atau Amerika Serikat.

"Orang cenderung berpikir bahwa pada tanggal 1 Januari atau 1 April, saya akan mendapatkan vaksin, dan kemudian semuanya akan kembali normal," jelas Swaminathan.

"Tidak akan berhasil seperti itu," tambahnya.

Swaminathan menambahkan bahwa dunia diharapkan memiliki setidaknya satu vaksin Corona yang aman dan efektif pada 2021, tetapi akan tersedia dalam jumlah yang terbatas.

Saat ini sudah ada 10 vaksin virus Corona di seluruh dunia sedang dalam uji klinis tahap akhir.

"Kebanyakan orang setuju bahwa ini dimulai dengan petugas kesehatan dan petugas garis depan, tetapi bahkan kemudian Anda perlu menentukan siapa di antara mereka yang memiliki risiko tertinggi dan kemudian orang tua dan seterusnya," jelas Swaminathan, seperti dikutip dari laman CNBC.

"Akan ada banyak panduan yang keluar, tapi saya pikir rata-rata orang, orang muda yang sehat mungkin harus menunggu hingga 2022 untuk mendapatkan vaksin," tambahnya. (dtk/adh)

Share this Post:

Berita Terkait

Berita Lainnya