Jatim Bangkitkan Sektor Pariwisata Melaui Gerakan GPM dan BISA

BANYUWANGI, Kliknusae.com  - Jawa Timur terus berupaya membangkitkan kembali sektor pariwisata yang sempat terpuruk akibat pandemi corona. Salah satu cara yang dilakukan adalah dengan gencar mensosialisasikan protokol kesehatan.

Bersama Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Pemda Jawa Timur menggelar  Gerakan Pakai Masker (GPM) dan Gerakan Bersih, Indah, Sehat, dan Aman (BISA) di tiga destinasi wisata provinsi itu.

Deputi Bidang Kebijakan Strategis Kemenparekraf/Baparekraf R. Kurleni Ukar dalam acara Gerakan BISA dan Gerakan Pakai Masker di Pantai Pulau Santen, Banyuwangi, Sabtu (5/9/2020, kegiatan ini sebagai upaya implementasi amanat Presiden Joko Widodo untuk mengajak para pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif menjaga kebersihan dan kelestarian alam. Khususnya, di destinasi wisata untuk meningkatkan nilai kebersihan dalam Travel and Tourism Competitiveness Index (TTCI).

Acara GPM dan Gerakan BISA berlangsung secara daring dan luring di Pantai Pulau Santen di Banyuwangi, Taman Wisata Air Wendit di Kabupaten Malang, dan di Puncak Seruni yang berada di Kabupaten Probolinggo.

"Kegiatan ini untuk mengajak masyarakat, terutama pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif agar membangkitkan kembali nilai-nilai sapta pesona yaitu aman, tertib, sejuk, indah, ramah tamah, dan kenangan," kata Kurleni.

Kurleni Ukar juga menyatakan gerakan ini diharapkan dapat menciptakan rasa aman dan membangkitkan kepercayaan wisatawan untuk berkunjung ke destinasi wisata di tanah air.

Kurleni pun mengajak warga masyarakat sekitar Pantai Pulau Santen dan dua destinasi lainnya agar selalu menggunakan masker dalam menjalankan aktivitas sehari-hari.

"Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif juga berupaya menegakkan protokol ini dengan menyediakan tempat cuci tangan, hand sanitizer, dan lain-lain supaya masyarakat bisa menerapkan adaptasi kebiasaan baru dengan baik dan benar," katanya.

Kurleni menyebutkan pelaksanaan gerakan ini sebagai upaya implementasi dari Instruksi Presiden Nomor 6 Tahun 2020 tentang Peningkatan Disipilin dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan dalam Pencegahan dan Pengendalian COVID-19.

"Membangkitkan pariwisata Tanah Air perlu ada kerja sama dari berbagai pihak mulai dari pemerintah pusat hingga masyarakat setempat. Dengan gerakan pakai masker kita bisa menyelamatkan perekonomian Indonesia khususnya di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif," ucap Kurleni.

Acara ini juga dihadiri oleh Ketua Komunitas GPM, Sigit Pramono, secara daring dan perwakilan Komunitas GPM, Grace Hananta secara luring di Pantai Pulau Santen.

Dalam sambutannya, Sigit menuturkan komunitasnya adalah gerakan independen yang memberikan edukasi kepada masyarakat terkait betapa pentingnya mengenakan masker di masa adaptasi kebiasaan baru.

Sigit mengungkapkan masker adalah senjata untuk memerangi penyebaran virus COVID-19.

"Masker adalah pelindung kita semua karena COVID belum ada obatnya, selain mengenakan masker kita juga harus menerapkan protokol kesehatan lainnya seperti menjaga jarak dan mencuci tangan dengan sabun atau hand sanitizer," ungkap Sigit.

Selain itu, Sigit juga menekankan pentingnya penggunaan masker bagi wisatawan dan pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif sebagai upaya mengembalikan kepercayaan wisatawan.

"Dengan mengenakan masker dan menerapkan protokol kesehatan secara disiplin kita bisa membangkitkan kepercayaan wisatawan bahwa Indonesia adalah negara yang bersih dan aman dari COVID-19," ujarnya.

Senada dengan Sigit, Grace Hananta juga mengajak masyarakat di ketiga destinasi wisata untuk selalu mengenakan masker yang baik dan benar. Ia juga mengajarkan kiat mengenakan masker yang baik dan benar sambil bernyanyi.

"Sebelum memakai masker, kita cuci tangan dulu pakai sabun. Lalu ambil masker sambil kita cek apakah masker kita bersih atau tidak. Kalau bersih, baru kita pakai masker dengan menutup hidung, mulut, dan dagu," ujar Grace.

Acara ini juga dihadiri oleh Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jawa Timur, Sinarto; Bupati Banyuwangi, Abdullah Azwar Anas; dan Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Banyuwangi, M. Yanuarto Bramuda.

Sinarto mengungkapkan rasa terima kasihnya atas pelaksanaan Gerakan BISA dan Gerakan Pakai Masker di wilayah Jawa Timur.

"Terima kasih kepada Kemenparekraf yang sudah melaksanakan Gerakan Bisa dan Gerakan Pakai Masker di Jawa Timur.  Amanah untuk melanjutkan kegiatan ini insyaallah akan kami jalankan," ungkap Sinarto.

Sementara itu, Bupati Banyuwangi, Abdullah Azwar Anas, menekankan bagaimana pentingnya menerapkan protokol kesehatan berbasis CHSE di setiap destinasi wisata di wilayahnya.

"Dengan menerapkan protokol kesehatan dan menjaga kebersihan kita bisa menjadikan destinasi wisata menjadi tempat yang bersih. Hal ini tentu akan menarik wisatawan untuk datang ke destinasi wisata dan membangkitkan kembali perekonomian masyarakat terutama di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif," tutur Anas.

Selain peluncuran Gerakan BISA dan Gerakan Pakai Masker, acara ini juga diisi dengan suguhan tarian tradisional khas Banyuwangi dan penyerahan alat-alat kebersihan serta sarana yang dibutuhkan untuk menjalankan Gerakan BISA oleh Kemenparekraf/Baparekraf kepada Kelompok Sadar Wisata yang mengelola ketiga destinasi wisata.

Di antaranya alat pendukung kebersihan, kesehatan, dan keamanan, fasilitas kebersihan seperti wastafel dan tempat sampah, thermogun, P3K dan disinfektan. (adh)

Share this Post:

Berita Terkait

Berita Lainnya