3.700 Kamar Hotel Siap Jadi Ruang Isolasi Mandiri, Jabar Menyusul Pekan Depan

JAKARTA, Kliknusae.com - Ada 3.700 Kamar dari 27 hotel di Jakarta yang  menyatakan siap menjadi ruang isolasi mandiri. Mereka sudah mengajukan daftar list kesediaan property hotel untuk dijadikan tempat menginap pasien Cobid-19 dan tenaga kesehatan (nakes).

"Itu baru yang mengajukan, selanjutkan akan dilakukan verifikasi lagi oleh SATGAS COVID-19. Hotel hanya memiliki protokol dasar untuk melayani tamu regular. Sedangkan, dalam  menyiapkan menjadi tempat pasien COVID-19 pasti ada tambahan teknis skill yang akan di latih oleh SATGAS," kata Sekretaris Jenderal (Sekjen) Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Maulana Yusran ketika dihubungi Kliknusae.com, Sabtu (19/09/2020).

Menurut Alan-akrab disapa, ke-27 hotel itu baru sekedar mengajukan dan belum ditetapkan. Dan bukan hanya di Jakarta saja, beberapa daerah lain juga sedang mempersiapkan hotel yang akan ikut berpartisipasi dalam penyediaan ruang isolasi mandiri.

"Minggu ini BPD PHRI di 8 provinsi lainnya sedang koordinasi dengan anggotanya untuk mendapatkan list yang mengajukan. Insyaallah Senin atau Selasa depan sudah ada namanya," jelas Alan.

"Sebagai catatan, bahwa hotel-hotel yang mengajukan, ada kemungkinan bertambah atau berkurang list yang disampaikan ya. Jadi list tersebut sifatnya belum permanen," tambahnya.

Sementara itu Ketua PHRI Jawa Barat Herman Muchtar mengemukakan pihaknya saat ini juga sedang mendata hotel mana saja yang akan ikut dalam program isolasi mandiri yang diluncurkan pemerintah ini.

"Iya, kami juga sedang mendata hotel yang akan ikut dalam program isolasi mandiri ini. Kebetulan, Jawa Barat merupakan wilayah yang dekat dengan Jakarta dan masuk dalam 8 provinsi yang diminta ikut dalam program ini," jelasnya.

Saat ini Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) bersama Kementerian Kesehatan (Kemenkes) melalui Satgas Penanganan Covid-19 tengah berencana untuk menggelar pelatihan bagi pengelola hotel.

Pelatihan itu bertujuan untuk mengetahui prosedur penanganan terhadap pasien Covid-19.

Hal itu dilakukan kendati hotel tersebut sudah memiliki latar belakang penerapan protokol kesehatan.

"Tentu di sisi lain dari Satgas (Covid-19) akan melakukan training bagaimana pengelolaan jika ada pasien," kata dia.

Seluruh hotel yang menyatakan sudah bersedia menjadi pusat isolasi mandiri  pasien Covid-19 adalah anggota PHRI.

Untuk di Jakarta hotel-hotel yang telah mengirimkan list tersebar di beberapa wilayah yakni Jakarta Utara, Jakarta Timur, Jakarta Barat, Jakarta Selatan, dan Jakarta Pusat.

Berikut daftar 27 hotel tersebut yang dijadikan tempat isolasi mandiri:

Jakarta Timur:

  1. Max One Pemuda
  2. Ibis Cawang
  3. Hotel Teras Kita Jakarta
  4. Balairung Hotel

 Jakarta Pusat

  1. Max One Sabang
  2. Oria hotel
  3. Red Planet Jakarta
  4. Losari Hotel
  5. Nite And Day Jakarta
  6. Maxone Kramat Jakarta
  7. Yello Hotel Harmoni Jakarta
  8. Paragon Wahid Hasyim
  9. U Stay Mangga Besar
  10. Oasis Amir Hotel
  11. Triniti Hotel

 Jakarta Utara

  1. POP Hotel Kelapa Gading
  2. Zia Sanno Pluit Jakarta

 Jakarta Barat

  1. Maxone Signature Glodok Jakarta
  2. Royal Palm Cengkareng
  3. Nite And Day Jakarta
  4. Hotel Augusta
  5. Fave Hotel LTC Glodok

 Jakarta Selatan

  1. Pomelotel Jakarta
  2. Popi Hotel Tebet Jakarta
  3. Sofyan Hotel
  4. Hotel Kuretakeso Kemang
  5. GP Mega Kuningan

(adh)

Share this Post:

Berita Terkait