Kebun Raya Cibodas Kembali Buka, Ini Harga Tiket Masuk Setelah Covid-19

Kliknusae.com - Kebun Raya Cibodas  di Cimacan,Kecamatan Cipanas,Kabupaten Cianjur, Jawa Barat kembali akan dibuka untuk umum, Selasa (7/7/2020). Destinasi terfavorit yang diapit dantara Gunung Gede dan Gunung Pangrango ini sempat tutup akibat pandemi corona (Covid-19).

"Betul, mulai besok kami kembali buka untuk umum. Rencananya untuk mengawali pembukaan Kebun Raya Cibodas akan dihadiri Pak Bupati Cianjur pukul 07.00 WIB," kata Zaenal Arifin, General Manager Mitra Natura Raya-selaku pengelola Kebun Raya Cibodas kepada Kliknusae.com, Senin (6/7/2020).

Menurut Zaenal-yang juga Humas Kebun Raya Bogor ini, pihaknya tetap akan melakukan penerapan protokol kesehatan sesuai dengan ketentuan yang sudah ditetapkan pemerintah, seperti pembatasan jumlah pengunjung.

"Di masa transisi pembukaan ini kunjungan masih bersifat terbatas yakni hanya untuk pemilik kartu member Kebun Raya. Begitu pun dengan pembelian tiket dilakukan secara online melalui kebunraya.id," jelas Zaenal.

Bagaimana dengan harga tiket masuk?

"Tidak ada perubahan, tiket masuk masih mengacu pada harga lama. Pengunjung hanya dikenakan tiket Rp 16.500 per orang dengan jam buka mulai pukul 08.00-16.00 WIB," ungkapnya.

Selain menawarkan banyak layanan seperti pendidikan lingkungan dan penelitian, Kebun Raya Cibodas juga sering dijadikan destinasi wisata karena kesejukan dan keindahan pemandangannya.

Beragam aktivitas bisa dilakukan di taman rekreasi dan konservasi ini. Terutama aktivitas yang bernuansa alam dan pengenalan tanaman. Berikut beberapa diantaranya.

1.Gathering

Aktivitas kebersamaan dengan keluarga atau teman sejawat dalam lembaga adalah hal yang cocok dilakukan di Kebun Raya. Alam yang indah dan udara yang sejuk membuat acara seperti ini semakin bermakna. Kebersamaan yang dibangun tidak akan terasa capek karena kesejukan udaranya.

Banyak travel atau Event Organizer yang menyediakan paket gathering di sini. tidak perlu khawatir dengan fasilitas yang ada di Kebun Cibodas, semuanya sudah lengkap dari gedung hingga makan siang. Pengunjung tinggal memilih harga paket yang cocok dan siap berpetualang taman wisata ini.

2.Shooting Film

Di sini masih banyak area yang alami dan belum tersentuh oleh modenisasi. Karena itu, Kebun Raya ini sering juga dijadikan lokasi shooting film Layar Lebar maupun sinetron. Selain area tersebut, keindahan pemandangan dan kesejukannya menjadi alasan lain shooting di Kebun Raya ini.

Bagi wisatawan yang hobi sekali membuat film pendek atau mau shooting video Klip, Kebun Raya adalah tempat yang cocok. Shooting film dengan tema alam atau kolosal jaman dulu, bisa dilakukan di sini. Namun, untuk kelancaran pengunjung dengan aktivitas ini dikenakan biaya tambahan hingga maksimal enam juta perhari.

3.Pemotretan

Karena latar alamnya yang indah pula,  area kebun raya sering dijadikan tempat untuk pemotretan. Biasanya pemotretan ini untuk keperluan pra wedding atau komersil seperti pemotretan Produk dagang. biaya yang digunakan untuk pemotretan ini berkisar pada satu hingga dua juta Rupiah.

Selain pemotretan professional, pengunjung juga bisa berfoto selfie dengan kamera Hp. Keindahan alam dipadukan dengan pengelolaan yang baik, membuat beberapa titik cocok untuk berfoto selfie. Untuk berfoto Selfie, pengunjung tidak akan dikenakan biaya tambahan.

4.Menginap di Kebun Raya Cibodas

Bagi wisatawan yang kurang puas bermain di Kebun Ray Cibodas dalam satu hari, bisa menginap dengan menyewa penginapan. Di sekitar area kebun raya, terdapat Guest House yang siap melayani wisatawan yang ingin menginap. Terdapat 3 Guest House dengan jumlah kamar dan tempat tidur berbeda dan wisatawan tinggal menyesuaikan kebutuhannya.

5.Mengunjungi Galeri Tanaman Hias

Sebagai tempat dengan keanekaragaman hayati yang banyak, Kebun Raya Cibodas memiliki Galeri tanaman. Salah satu Galeri yang ada adalah Galeri tanaman hias dengan berbagai tanaman hias yang cantik. Wisatawan bisa mengunjunginya dari jam 08.00 hingga jam 16.00 dalam setiap harinya.

6.Mengikuti Pendidikan Lingkungan

Bagi wisatawan yang ingin tahu tentang apa, bagaimana dan manfaat menjaga Lingkungan, bisa mengikuti Program pendidikan Lingkungan. Pendidikan Lingkungan di Kebun Raya ini terbagi ke dalam dua kategori besar yaitu Wisata Flora dan Pemanduan. Wisata Flora adalah paket pendidikan Lingkungan untuk Pelajar dari mulai SD hingga SMA.

Biasanya,  wisatawan yang berkunjung akan diarahkan mengikuti Program Pemanduan. Kegiatan ini berisi tentang pengenalan lingkungan, tanaman hias dan tempat menarik. Untuk mengikuti program ini wisatawan harus melakukan reservasi tiket sebelumnya.

(adh)

Share this Post:

Berita Terkait

Berita Lainnya