Selain Pulau Komodo, Nih 5 Destinasi Wisata Lainnya di Labuan Bajo

Kliknusae.com - Memang tak salah jika Pemerintah Indonesia menetapkan Labuan Bajo menjadi salah satu dari 5 Destinasi Super Prioritas atau "Bali Baru". Selain ada Pulau Komodo tempatnya hewan endemik Komodo, Labuan Bajo juga memiliki destinasi keren lainnya, mulai dari alam hingga sosial budayanya.

Nama Labuan Bajo pun sudah mendunia, populer hingga ke Eropa dan Amerika. Hingga Labuan Bajo dikenal sebagai salah satu surga wisata internasional yang ada di Nusa Tenggara Timur (NTT). Tak heran jika kunjungan wisatawan, termasuk wisatawan mancanegara (wisman) terus meningkat setiap tahunnya.

Nah bagi wisatawan yang penasaran dengan keindahan dan keajaiban yang ada di Labuan Bajo. Berikut ini ada lima (5) destinasi yang keren dan wajib dikunjungi wisatawan saat berlibur ke Labuan Bajo, selain Pulau Komodo.

Pulau Padar

Pulau ini merupakan pulau paling terkenal kedua setelah Pulau Komodo. Di sana, wisatawan tidak akan menemukan eksistensi dari hewan endemik komodo. Namun sejauh mata memandang, wisatawan akan menikmati hamparan daratan berbukit yang diapit pantai biru nan indah. Tapi untuk bisa ke Pulau Padar, wisatawan harus dampingi pemandu yang sudah berpengalaman.

Wae Rebo

Wae Rebo merupakan sebuah perkampungan masyarakat asli. Perkampungan ini juga banyak disebut sebagai replikanya Machu Picchu yang merupakan salah satu Situs Warisan Dunia UNESCO. Perkampungan Wae Rebo juga memadukan keunikan bangunan rumah dengan kearifan lokal dan pemandangan alam yang menakjubkan.

Saat tiba di Wae Rebo, wisatawan akan melihat perkampungan yang masih belum terkontaminasi perkembangan zaman. Rumah yang berbentuk kerucut dengan latar belakang barisan pegunungan menjadi daya tarik tersendiri dari desa yang berada di dataran tinggi ini.

Pulau Kanawa

Pulau berikutnya dikenal dengan nama Pulau Kanawa. Pulau yang memiliki luas kurang dari 35 hektar ini, menyimpan keindahan alam yang menakjubkan bagi siapa saja yang melihatnya. Di sana, pengunjung tidak perlu menyelam atau snorkeling untuk menikmati keindahan bawah lautnya, cukup dengan mendekat ke bibir pantai saja, sudah bisa melihat kondisi bawah lautnya.

Pulau Rinca

Pulau Rinca merupakan titik tertinggi di antara pulau yang berada di sekitarnya. Di destinasi ini wisatawan bisa melihat keindahan Flores dari ketinggian. Di Pulau Rinca juga bisa menemukan komodo, kerbau, babi hutan, hingga burung-burung yang beterbangan bebas.

Air Terjun Cunca Wulang

Destinasi keren selanjutnya yaitu Air Terjun Cunca Wulang. Panorama alam yang disajikan Air Terjun Cunca Wulang ini mirip Green Canyon. Jika sudah tiba di sana, rasanya sayang sekali jika tidak mencoba untuk lompat dari atas bebatuan yang mengelilingi air terjun tersebut. Namun, ada baiknya berkonsultasi terlebih dahulu dengan pemandu, karena debit airnya akan berkurang manakala musim kemarau, jadi berbahaya untuk dilakukan.***(IG/Sumber: Pesona Indonesia)

Share this Post:

Berita Terkait

Berita Lainnya