Pusaka Puspa Karya Nusantara Hadirkan Ragam Batik, Aksesoris, dan Craft

Kliknusae.com - Pameran Pusaka Puspa Karya Nusantara menghadirkan ragam batik, bordir, aksesoris, dan craft unggulan dalam negeri, khususnya produk unggulan Jawa Barat. Acara berlangsung 11-15 Maret 2020 di Graha Manggala Siliwangi, Kota Bandung.

Pameran ini dibuka Wakil Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Jawa Barat (Jabar) Lina Marlina Ruzhan, Rabu (11/3/2020). Digagas oleh Badan Kerja Sama Organisasi Wanita (BKOW) Provinsi Jabar dan Sinergi Promosindo.

Lina dalam sambutannya mengatakan, acara ini memberikan kesempatan bagi para perajin lokal Jabar untuk memamerkan produk unggulannya.

"Event ini keren sekali, luar biasa. Mudah-mudahan, meskipun ini event yang pertama, ke depan akan ada event seperti ini lagi yang lebih keren dan menampilkan produk-produk dari seluruh Jabar," kata Lina, dikutip dari laman Humas Jabar.

Ia menambahkan, "Kalau sekarang baru beberapa ratus (produk), ke depan bisa ribuan agar semakin besar lagi kesempatan bagi perajin di Jabar untuk menampilkan produknya".

Selain acara Pusaka Puspa Karya Nusantara 2020 tersebut , Lina pun berharap para perajin batik, bordir, aksesoris, dan craft dari Jabar bisa menampilkan karyanya di acara lain yang serupa.

"Saya ucapkan selamat atas dilaksanakannya acara Pusaka Puspa Karya Nusantara Batik Bordir Aksesoris & Craft. Semoga lancar dan mengena di masyarakat dan mampu meningkatkan ekonomi masyarakat khususnya perajin," sambungnya.

Sekadar informasi, lanjut Lina, Jabar merupakan penyumbang Produk Domestik Bruto (PDB) terbesar ketiga nasional di bidang ekonomi kreatif dengan capaian 11,81 persen. Kegiatan Puspa Karya Nusantara 2020 ini pun sejalan dengan program Dekranasda Jabar dalam pengembangan kerajinan.

"Di antara penyumbang PDB yang besar itu adalah produk-produk kerajinan, seperti kerajinan keramik, rotan, bambu, juga batik, bordir, aksesori, dan kerajinan tangan lainnya. (PDB) ini harus kita tingkatkan," paparnya.

Dalam rangkaian Pusaka Puspa Karya Nusantara Batik Bordir Aksesoris & Craft yang baru pertama digelar ini, terdapat pula lomba desain batik. Hal ini, menurut Lina, bisa mengasah kreativitas masyarakat.

"Dengan adanya Puspa Karya Nusantara 2020 ini, saya berharap ke depan produk kerajinan khususnya produk Jabar semakin memasyarakat, menciptakan produk yang berdaya saing tinggi, bercita rasa internasional, serta mampu menyejahterakan perajin," pungkasnya.

Gelaran Pusaka Puspa Karya Nusantara Batik Bordir Aksesoris & Craft diharapkan menjadi sarana promosi yang tepat untuk memperkenalkan produk-produk kerajinan dalam negeri dalam bidang industri tekstil, khususnya ke kancah nasional dan mancanegara.*** (IG/Foto Humas Jabar)

 

Share this Post:

Berita Terkait