Penerbangan Ke Babel Sekali Sehari,Ini Jadwalnya

Kliknusae.com - Mulai Senin besok, (30/3/2020) pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) memberlakukan pembatasan penerbangan ke Bandara Depati Amir Pangkalpinang hanya sekali dalam sehari.

Kebijakan tersebut diterapkan demi mencegah masuk dan menyebarnya wabah virus corona ( Covid-19 ) di negeri serumpun sebalai itu yang masih zona biru dari virus tersebut.

"Mulai hari Senin hanya satu pesawat saja dan diminta maskapai penerbangan mengikuti keputusan ini," kata Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Erzaldi Rosman Djohan di Pangkalpinang, Minggu (29/32020), sebagaimana dilansir Antara.

Menurut Erzaldi Rosman Djohan, jika penumpang tidak dibatasi arus datangnya dikhawatirkan akan terjadi lonjakan penumpang yang luar biasa.

Selain itu, lonjakan penumpang angkutan udara yang dalam waktu dekat diprediksi meningkat, karena adanya kegiatan Cheng Beng, momen tradisi ruwahan, dan acara adat lainnya.

Erzaldi Rosman Djohan mengatakan keputusan pembatasan penerbangan tersebut telah dirapatkan dengan semua perwakilan maskapai penerbangan.

Kebijakan tersebut juga telah dikoordinasikan dengan Kementerian Perhubungan demi memutus mata rantai penularan virus corona melalui penumpang angkutan udara.

"Saya sudah berkoordinasi dengan Kemenhub untuk menutup bandara ini (Bandara Depati Amir Pangkalpinang) dan itu tidak mungkin dilakukan, tetapi untuk mengurangi atau membatasi penerbangan bisa dilakukan untuk mencegah masuknya virus corona melalui penumpang ini," ujarnya.

Menurut dia kementerian saat ini sedang laksanakan rapat.

Erzaldi Rosman Djohan selaku gubernur Babel mengetahui bagaimana kondisi daerahnya. Terutama terkait kekuatan dan kondisi medis, jumlah dokter, alat kesehatan, dan sebagainya dalam waktu dekat ini.

Oleh karena itu, pemprov Babel berlakukan pembatasan penerbangan untuk menekan orang masuk ke Bangka Belitung.

Berikut jadwal penerbangan ke Bangka-Belitung  yang telah disepakati:

  1. Senin (30/3/2020) NAM Air
  2. Selasa (31/3/2020) Lion Air
  3. Rabu (1/4/2020) Sriwijaya Air
  4. Kamis (2/4/2020) Garuda Indonesia
  5. Jumat (3/4/2020) Citilink
  6. Sabtu (4/4/2020) NAM Air
  7. Minggu (5/4/2020) Lion Air
  8. Senin (6/4/2020) Sriwijaya Air

"Selama ini sebanyak apapun pesawat disiapkan itu tetap akan penuh. Oleh karena itu, saya memutuskan untuk satu penerbangan setiap hari," ungkap Erzaldi Rosman Djohan.

"Keputusan ini memang dilematis, di satu sisi terdapat banyak minat orang datang ke Babel, di sisi lain orang Babel merasa khawatir akan bahayanya," kata Erzaldi.

Oleh karena itu, ia  selaku Gubernur mengambil kebijakan ini dan mohon agar bersama-sama semua pihak bisa melaksanakan mulai hari Senin satu pesawat.

(adh)

Share this Post:

Berita Terkait

Berita Lainnya