Antisipasi Mudik Lebaran, Berikut 4 Arahan Presiden Jokowi

Kliknusae.com - Menjelang Hari Raya Idul Fitri, mudik ke kampung halaman sudah menjadi tradisi masyarakat Indonesia. Mudik melibatkan mobilitas orang yang sangat banyak dan sebagai gambaran pada 2019 terjadi pergerakan kurang lebih 19,5 juta orang ke seluruh wilayah Indonesia.

Demikian disampaikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat memberikan pengantar awal pada Rapat Terbatas (ratas) mengenai Antisipasi Mudik Lebaran, Senin (30/3/20), digelar melalui konferensi video dari Istana Kepresidenan Bogor.

Seperti dilansir laman Sekretariat Kabinet (Setkab), Jokowi menyampaikan, dengan merebaknya pandemi Virus Korona (Covid-19) adanya mobilitas orang yang sebesar itu sangat berisiko memperluas penyebaran Covid-19.

"Sejak penetapan tanggap darurat di DKI Jakarta telah terjadi percepatan arus mudik terutama dari para pekerja informal di Jabodetabek menuju ke Provinsi Jawa Barat, Provinsi Jawa Tengah, dan DIY serta ke Jawa Timur," tutur Jokowi seraya menambahkan telah mendapatkan laporan dari gubernur di provinsi terkait.

Terkait hal itu, Presiden Jokowi memberikan arahan terkait antisipasi mudik lebaran, antara lain sebagai berikut:

Pertama, fokusnya adalah mencegah meluasnya Covid-19 dengan mengurangi atau membatasi pergerakan orang dari satu tempat ke tempat yang lain.

Kedua, demi keselamatan bersama, untuk dilakukan langkah-langkah yang lebih tegas mencegah terjadinya pergerakan orang ke daerah.

"Saya melihat juga ada imbauan-imbauan dari tokoh-tokoh dan gubernur pada perantau di Jabodetabek untuk tidak mudik. Dan ini saya minta untuk diteruskan dan digencarkan lagi, tapi menurut saya juga imbauan-imbauan seperti ini juga belum cukup. Perlu langkah-langkah yang lebih tegas untuk memutus rantai penyebaran Covid-19 ini," ucap Jokowi.

Ketiga, arus mudik kali ini dipercepat bukan karena faktor budaya, tetapi memang karena memang terpaksa, yang ada di lapangan banyak pekerja informal di Jabodetabek terpaksa pulang kampung karena penghasilannya menurun sangat drastis atau bahkan hilang.

"Tidak ada pendapatan sama sekali akibat diterapkannya kebijakan tanggap darurat yaitu kerja di rumah, sekolah dari rumah, dan ibadah di rumah," imbuhnya.

Karena itu, Jokowi minta percepatan program social safety net, jaring pengaman sosial yang memberikan perlindungan sosial di sektor informal dan para pekerja harian maupun program insentif ekonomi bagi usaha mikro, usaha kecil betul-betul segera dilaksanakan di lapangan.

"Sehingga para pekerja informal, buruh harian, asongan, semuanya bisa memenuhi kebutuhan dasarnya sehari-hari," lanjutnya.

Keempat, untuk warga yang sudah terlanjur mudik, Presiden Jokowi minta kepada para gubernur, bupati, dan wali kota meningkatkan pengawasannya karena pengawasan di wilayah masing-masing sangat penting sekali.

"Saya sudah menerima laporan dari Gubernur Jawa Tengah, Gubernur DIY, bahwa di provinsinya sudah menerapkan protokol kesehatan yang ketat, baik di desa maupun di kelurahan bagi para pemudik. Ini juga saya kira inisiatif yang bagus," jelasnya sambil menambahkan agar dilakukan secara terukur.

Dalam kesempatan itu, Jokowi juga mengingatkan agar jangan sampai menimbulkan langkah-langkah penyaringan atau screening yang berlebihan bagi pemudik yang terlanjur pulang kampung.

"Terapkan protokol kesehatan yang baik, sehingga memastikan bahwa kesehatan para pemudik itu betul-betul memberikan keselamatan bagi warga yang ada di desa," ujarnya.

Sebagai informasi, tambah Jokowi, selama 8 hari terakhir tercatat ada 876 armada bus antarprovinsi yang membawa kurang lebih 14.000 penumpang dari Jabodetabek ke Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, dan DIY.

"Ini belum dihitung arus mudik dini yang menggunakan transportasi masal lainnya, misalnya kereta api maupun kapal, dan angkutan udara serta menggunakan mobil pribadi," terangnya.***(IG)

Share this Post:

Berita Terkait

Berita Lainnya