Replika Pagoda Festival Cap Go Meh Singkawang 2020 Raih Rekor MURI

Kliknusae.com - Ada yang menarik dari gelaran Festival Cap Go Meh Singkawang 2020. Festival ini mencatatkan Rekor MURI melalui Replika Pagoda terbesar di Indonesia. Pagoda ini pun menjadi ikon Cap Go Meh di Singkawang yang melambangkan nasionalisme dengan Bendera Merah Putih di puncaknya.

Replika Pagoda tersebut dibuat setinggi 20,20 meter, dengan lebar sekitar 15 meter. Seperti dilansir laman Pesona Indonesia, tinggi Replika Pagoda ini mempunyai pesan khusus. Ketinggiannya yang mencapai 20,20 meter menjadi lambang tahun 2020. Untuk lebar bangunan 15 meter berarti hari ke-15 Imlek.

Festival Cap Go Meh Singkawang 2020 ini juga akan mengingatkan pentingnya persatuan dan kesatuan bangsa. Bingkainya Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Ditambah nilai 4 Pilar Kebangsaan lainnya, seperti Pancasila, UUD 1945, dan Bhinneka Tunggal Ika.

Selain itu, Replika Pagoda dibuat dalam 8 tingkat bangunan. Dua tingkat dari bawah bangunan didesain bisa dinaiki wisatawan. Para wisatawan bisa masuk dan menikmati beragam keunikannya. Karena desainnya pun instagramable, lengkap dengan spot foto terbaiknya. Untuk menikmatinya, siapkan saja uang tiket Rp20.000.

Proses pengerjaan Replika Pagoda dilakukan oleh 5 orang, menggunakan bahan baku baja, besi, dan beragam pipa. Struktur keseluruhan bangunannya menggunakan rangka baja dan dicor semen. Di sisi bawah terdapat panggung seni dan budaya. Rencananya panggung tersebut untuk pertunjukan Chiau Theu (Wayang Gantung), kecapi, dan pentas lakon Sun Go Kong.

Festival Cap Go Meh Singkawang 2020 sendiri digelar mulai dari 23 Januari lalu hingga 9 Februari 2020 mendatang. Berpusat di Stadion Kridasana, Singkawang, Kalimantan Barat (Kalbar). Ada beragam hal unik dan menarik yang telah disajikan di sana.

Adapun jadwal penyelenggaraan Festival Cap Go Meh Singkawang 2020, sebagai berikut:

23 Januari 2020-Opening Ceremony dari Expo Imlek dan Cap Go Meh Singkawang 2020.

1 Februari 2020-Pemilihan Hakka Ako dan Amoi Kota Singkawang; Stadion Kridasana.

2 Februari 2020-Lomba Atraksi Naga; Stadion Kridasana.

6 Februari 2020-Karnaval Mobil Hias Lampion; Depan Kantor Wali Kota Singkawang.

6 Februari 2020-Food Fair Cap Go Meh Singkawang 2020.

8 Februari 2020-Parade Tatung.

9 Februari 2020-Penutupan.

Nah catat tanggalnya, meskipun terlewatkan Opening Ceremony-nya. Tapi wisatawan masih bisa menyaksikan keseruan lainnya di agenda berikutnya pada Februari mendatang. Jadi, bersiaplah merasakan kemegahan dari keberagaman yang dimiliki kota Singkawang.***(IG)

Share this Post:

Berita Terkait